Brilio.net - Lebaran Idul Fitri biasanya menjadi momen untuk bisa saling bersilaturahmi dengan keluarga. Bercengkerama sambil menikmati hidangan ketupat, opor ayam, dan aneka masakan khas Indonesia tentu sangat dinantikan. Momen berkumpul bersama keluarga seperti itu tentu tak bisa didapatkan saat berada di negeri rantau. Tapi Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Greater Glasgow, Skotlandia punya cara untuk mengobati mengobati rasa kangen momen lebaran di negeri rantau.

Bersama Keluarga Islam Britania Raya (Kibar) Glasgow, PPI Greater Glasgow mengadakan acara Halal bi Halal di kediaman salah satu pelajar Indonesia, di Cambuslang, Glasgow. Acara Halal bi Halal Idul Fitri ini tentu menjadi momen yang sangat menyenangkan bagi mereka untuk melepas rindu terhadap Tanah Air.

Pada Rabu (6/7) sebagian WNI di Glasgow melaksanakan Salat Id di Glasgow Central Mosque. Namun, tidak semua WNI bertemu dan bersilaturahim. Apalagi, sebagian WNI tersebar di luar area Glasgow seperti di St. Andrews, Stirling, dan Dundee. Karena itu, PPI berinisiatif menghadirkan lagi suasana Idul Fitri dengan mengadakan Halal bi Halal untuk mengumpulkan seluruh diaspora Indonesia di wilayah Greater Glasgow. Tak kurang sekitar 90 orang WNI mengikuti acara ini, mulai dari pelajar hingga para WNI yang bekerja di Glasgow.

Suasana Idul Fitri ala Indonesia pun dihadirkan di sana. Hidangan khas seperti sate ayam, lontong, opor ayam, rendang, sambal goreng ati, dan sop iga tersaji dalam acara itu. Tak lupa toples berisi kue kering layaknya lebaran di Indonesia juga ada dalam acara itu.

Penanggung jawab konsumsi acara ini, Tiffany Imron, sengaja memesan beberapa bumbu langsung dari Indonesia. "Tantangannya itu, karena tidak semua bumbu untuk masakan Indonesia tersedia di Glasgow. Jadi untuk bumbu seperti lengkuas, bumbu pecel, dan cabe rawit, saya titip ke teman yang field research di Surabaya," ujar mahasiswa doktoral University of Strathclyde ini kepada brilio.net, Sabtu (9/7).

Usai makan bersama, acara Halal bi Halal dilanjutkan dengan permainan seru seperti permainan menirukan Monas, lampu merah, dan becak, lomba pasang sarung, hingga lomba makan kerupuk.



Mau tahu seperti apa keseruan acara Halal bi Halal WNI di Glasgow? Yuk, langsung lihat foto-fotonya di halaman selanjutnya.. KLIK NEXT


1. Mahasiswa dan WNI di Glasgow berfoto bersama usai Halal bi Halal.

Lebaran di Glasgow © 2016 brilio.net



 
2. Momen Halal bi Halal seperti ini tentu sangat mengobati rasa kangen mereka di negeri rantau.

Lebaran di Glasgow © 2016 brilio.net




3. Yeeee... Ayo cepat-cepatan habisin kerupuknya.

Lebaran di Glasgow © 2016 brilio.net




4. Kalau di negeri rantau, semua serasa jadi saudara.

Lebaran di Glasgow © 2016 brilio.net




5. Gimana, bikin kamu pengen merasakan lebaran di negeri rantau kan?

Lebaran di Glasgow © 2016 brilio.net