Brilio.net - Yang terbayang saat mudik adalah membawa pakaian secukupnya, serta oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman. Padahal ada banyak benda penting yang wajib dibawa dan tak boleh kamu abaikan begitu saja. Karena bila ada sesuatu yang tak diinginkan terjadi, kamu tak akan kerepotan, sebab barang-barang yang kamu butuhkan sudah ada dan kamu bawa. Tak kebingungan lagi, kan?

Lalu benda penting apa sih yang tak kamu sangka ternyata dibutuhkan saat mudik nanti? Ini dia 10 daftar benda penting tersebut yang telah brilio.net rangkum khusus untuk kamu.

1. Air minum.

benda lebaran © 2016 brilio.netfoto: pureithemat.wordpress.com

Saat mudik di kampung halaman, air minum sangat penting, selain untuk keluarga sendiri juga untuk para tamu yang datang bersilaturahmi. Sialnya, banyak toko dan warung yang tutup saat Lebaran, sehingga pasokan galon air minum pun cukup susah didapat. Apalagi sampai seperti yang ada di video ini nih, sampai bawa-bawa banyak galon, duh...

Nah, untuk yang satu ini kamu nggak perlu kesusahan lagi karena ada Pureit. Kamu bisa gunakan Pureit untuk air minum, atau saat kamu ingin membuat teh atau sirup untuk disajikan ke para tamu, gampang kan?

2. Aplikasi maps di smartphone.

benda lebaran © 2016 brilio.netfoto: forbes.com

Punya smartphone saja tak cukup. Sebab kalau kamu mudik dengan menyetir kendaraan sendiri, kamu membutuhkan aplikasi maps di smartphone agar kamu bisa mendapat petunjuk untuk menghindari jalan macet. Lebih cepat sampai tujuan, deh!

3. Gembok koper.

benda lebaran © 2016 brilio.netfoto: bakanekokyon.wordpress.com

Gembok koper sangat penting untuk menjaga keamanan saat kamu mudik menggunakan kendaraan umum. Mengapa? Karena saat mudik menggunakan kendaraan umum, koper dan tas pakaian kamu akan diletakkan di bagasi kendaraan umum tersebut. Jadi lebih aman, kan?

4. Kipas angin portable.

benda lebaran © 2016 brilio.netfoto: katalog.or.id

Ini nih ya sering diabaikan tapi sebenarnya dibutuhkan. Mudik menggunakan kereta api, atau bus pastinya akan ada yang namanya menunggu jadwal keberangkatan. Biasanya di terminal dan stasiun akan sangat penuh dengan pemudik dan suasana akan sangat panas. Nah, penting untuk membawa kipas angin kecil portable untuk bisa sedikit memberikan rasa nyaman di tengah suasana tersebut.

5. Uang receh.

benda lebaran © 2016 brilio.netfoto: id.priceaz.com

Mudik dengan menyetir mobil keluarga sendiri pasti melewati banyak persimpangan yang pastinya ramai. Di saat seperti itu, biasanya ada orang-orang yang mencari rezeki dengan membantu mengatur jalan karena tidak semua persimpangan ada polisi. Nah, ada baiknya kamu sedia uang recehan untuk dikasihkan sebagai imbalan ke orang-orang yang telah membantu tadi.

6. Makanan kecil.

benda lebaran © 2016 brilio.netfoto: cosmomom.net

Macet adalah hal biasa saat musim mudik Lebaran tiba. Kamu harus sedia perbekalan seperti makanan kecil untuk mengatasi kelaparan saat terjebak macet dan untuk mengusir kebosanan saat macet. Kamu juga bisa membawa buku untuk dibaca saat terjebak macet. Pokoknya, buat dirimu senyaman mungkin.

7. Dongkrak dan alat mekanik mobil.

benda lebaran © 2016 brilio.netfoto: mobilku.org

Bisa dipastikan bengkel akan banyak yang tutup saat di mudik Lebaran nanti. Ada baiknya kamu menyiapkan dongkrak dan satu set alat mekanik mobil di mobilmu untuk berjaga-jaga bila mobilmu ada masalah saat perjalanan.

8. Popok sekali pakai.

benda lebaran © 2016 brilio.netfoto: kembarshop.com

Buat kamu yang punya saudara masih kecil atau punya bayi, kamu juga harus sedia popok sekali pakai. Bayi kemungkinan akan rewel bila merasa tidak nyaman akan popok yang dipakainya dan akan sering-sering ganti popok. Nah, popok sekali pakai ini bisa menjadi penyelamatmu.

9. P3K.

benda lebaran © 2016 brilio.netfoto: tips.autobild.co.id

Tak harus menunggu mampir ke apotek, kamu bisa menyiapkan P3K untuk dibawa dan diletakkan di dalam mobil saat mudik nanti. Yang paling penting di kotak P3K mu nanti tentu obat-obat seperti antimuntah, obat masuk angin, minyak angin, obat maag, dan juga obat merah.
 
10. Tisu basah.

benda lebaran © 2016 brilio.netfoto: beritadunia.net

Terjebak macet hingga berjam-jam dan kamu butuh air untuk membasuh badanmu yang mulai kegerahan dan lengket? Tenang, kamu bisa sedia tisu basah di dalam mobil dan menggunakan tisu tersebut sebagai pengganti air dan untuk membasuh badanmu.