Brilio.net - Di Indonesia saat ini ada ribuan orang mempunyai hobi menerbangkan drone. Drone merupakan teknologi yang sedang berkembang pesat dalam beberapa tahun ini karena keberadaannya dapat membantu perkerjan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Namun dengan semakin maju teknologi drone, kini drone juga dimanfaatkan sebagai sarana untuk berkompetisi adu cepat dan kepandaian dalam mengendalikan drone, dan menjadikannya sebagai salah satu bentuk olahraga, hiburan yang dapat dinikmati dan menarik perhatian banyak orang.

Keahlian para pilot drone ini akan bisa teruji jika mampu menjadi jawara dalam ajang drone tingkat dunia. Para drone racer Indonesia berkesempatan untuk tampil di World Drone Racing Championships (WDRC) Drone Worlds yang akan diadakan di KualoaRanch, Hawaii pada tanggal 17 - 22 Oktober 2016. Mereka bisa mendapatkan tiket ke sana jika mampu menang dalam kualifikasi yang diadakan di Wisma Aldiron Jakarta pada 28 Agustus.

drone Istimewa

Dalam ajang kualifikasi ini, setiap peserta diharuskan menyelesaikan track dengan beberapa rintangan yang sudah dirancang oleh penyelenggara dan dituntut untuk menyelesaikan putaran track dengan waktu tercepatnya.

Loading...

Model pertandingan yang dipergunakan adalah turnamen dan terdiri dari dua kelas, yaitu kelas profesional (prorace) dan kelas pemula (funrace). Jika menang di ajang kualifikasi tersebut, jagoan Indonesia akan bertanding dengan drone racer dari 30 negara lainnya untuk memberebutkan hadiah utama sebesar USD 100.000.

Babak kualifikasi ini akan sangat menarik mengingat diadakan di lapangan luas yang ada di Wisma Aldiron. Lapangan milik TNI Angkatan Udara memang sering dipakai untuk menerbangkan pesawat mini tersebut. Para racer akan berlomba mengikuti jalur atau track yang sudah ditentukan oleh panitia.