Brilio.net - Seperti yang kita ketahui, tumbuhan pisang memiliki banyak manfaat. Mulai dari pohon, batang, daun, dan juga buahnya. Namun siapa sangka, kulit pisang juga kaya akan manfaat loh. Bahkan untuk kesehatan tubuh.

Seperti dilansir brilio.net dari TimesofIndia, (6/2) berikut lima manfaat kulit pisang untuk kesehatan.

1. Meningkatkan mood.

Kulit pisang mengandung serotonin di dalamnya, bahan kimia yang bisa membantu meningkatkan mood kamu. Jika dikonsumsi,akan membuat seseorang terasa nyaman. Menurut sebuah studi di University of Taiwan, jika mengonsumsi dua kulit pisang selama tiga hari terus menerus, tingkat serotonin akan meningkat sebesar 15 persen.

2. Baik untuk kesehatan mata.

Loading...

Selain wortel, makan kulit pisang juga baik untuk kesehatan mata. Kulit pisang mengandung lutein yang penting untuk penglihatan malam hari. Makanan ini juga mencegah degenerasi otot dan mencegah katarak.

3. Tidur lebih nyenyak.

Kulit pisang juga penuh dengan triptofan, bahan kimia yang dikenal untuk merangsang tidur lebih santai. Kamu harus mengonsumsinya di malam hari.

4. Kaya probiotik.

Kandungan serat yang tinggi dari kulit pisang menyediakan ruang bagi bakteri baik untuk tumbuh di usus besar. Dengan demikian, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu.

5. Pelindung untuk sel darah merah.

Kulit pisang membantu melindungi sel darah merah di tubuh kamu agar tidak pecah. Ditemukan bahwa kulit pisang hijau lebih efektif menjaga kesehatannya.

Nah, sekarang sudah tahu kan manfaat buah pisang? Jadi kalau setelah makan buah pisang, kulitnya bisa diolah kembali.