Brilio.net - Ada yang unik dari cara memasak sebagian orang di Kamboja. Sebab, mereka memasukkan ikan buatan dari besi dalam proses memasak makanan. Ikan itu adalah Lucky Iron Fish.

Enam tahun lalu, seorang Doktor Kanada Christopher Charles menemukan fakta orang dewasa di Kamboja banyak yang mengalami sakit kepala hingga melemahkan kemampuan kerja. Sementara, anak-anak lemas dan sakit-sakitan karena kurang zat besi pada makanan mereka.

Lucky Iron Fish © 2016 brilio.net

Ia lalu menciptakan Lucky Iron Fish, alat sederhana namun efektif yang dapat menyediakan 75 % dari kebutuhan zat besi orang dewasa setiap harinya. Tentu itu yang mengubah kehidupan orang yang menderita anemia di seluruh dunia.

Dilansir brilio.net dari Pulptastic, Kamis (6/10), tercatat dua miliar orang di seluruh dunia dianggap menderita kekurangan zat besi yang dalam kasus ekstrem menyebabkan kematian. Beberapa suplemen gizi dianggap kurang menjangkau mereka yang berpendapatan rendah. Makanya, Lucky Iron Fish menjadi salah satu cara mengatasi hal itu.

Lucky Iron Fish © 2016 brilio.net

Penggunaan Lucky Iron Fish ini cukup mudah, yakni hanya dengan memasukkannya pada air mendidih atau sup pada setiap masakan setidaknya sekitar 10 menit. Cara itu bisa meningkatkan kandungan zat besi pada makanan.

Lucky Iron Fish © 2016 brilio.net

Setelah dilakukan riset, setengah dari warga Kamboja yang menggunakan Lucky Iron Fish selama 12 bulan saat memasak tidak lagi terkena anemia. Lucky Iron Fish ini dianggap cukup sukses mengatasi penyakit anemia di Kamboja.

Kini, Charles berencana mengembangkan Lucky Iron Fish untuk negara-negara lain demi mengatasi masalah anemia yang cukup besar.