Brilio.net - Kamu pasti sering banget mengonsumsi telur ya? Telur menjadi salah satu makanan tinggi gizi yang sering dikonsumsi masyarakat di dunia. Tapi terkadang ada juga orang yang nggak suka dengan telur dan hanya mau kuning telur atau putih telurnya saja. Selain itu, ada pula yang menghindari telur karena tinggi kolesterol.

Dari banyak kandungan gizi yang ada, ternyata telur punya khasiat besar untuk ibu hamil lho. The European Food Safety Authority baru-baru ini menyatakan jika kolin menjadi nutrisi penting untuk wanita hamil. Dilansir brilio.net dri Daily Mail, Rabu (5/10), kolin yang ada pada telur penting untuk pengembangan sistem saraf bayi dalam kandungan. Tak cuma itu, kolin juga akan berpengaruh pada otak, saraf tulang belakang, dan kemampuan kognisi si jabang bayi.

telur ibu hamil © 2016 brilio.net

Mengonsumsi banyak telur pada tiga bulan kedua kehamilan ternyata berpengaruh terhadap keterampilan visual anak yang akan terlihat saat si kecil berusia tujuh tahun.

Kolin awalnya dikelompokkan dengan vitamin B karena dianggap memiliki fungsi serupa. Dulu, banyak diasumsikan kalau kolin cukup digantikan dengan vitamin B yang didapatkan dari makanan dikonsumsi sehari-hari. Tapi nyatanya, penelitian lebih lanjut menyebut jika kolin sendiri sangat dibutuhkan tubuh.

The European Food Safety Authority menyebut jika Adequate Intake (AI) alias asupan memadai untuk kolin yang direkomendasikan adalah 400 mg per hari. Dengan rata-rata per butir telur mengandung 144 mg kolin, maka mengonsumsi dua telur baru bisa memenuhi dua per tiga asupan kolin yang dibutuhkan untuk orang dewasa.

Diketahui, satu butir telur disebut memenuhi 90% kebutuhan kolin untuk bayi berusia hingga 11 bulan. Sebaliknya, satu butir telur bisa untuk memenuhi kebutuhan kolin anak-anak balita.