Brilio.net - Kamu pasti pernah melihat bagaimana kucing atau bayi yang sedang terlelap tidur di siang hari. Rasanya jika melihat itu, kamu langsung ingin memutar waktu ketika masih kecil dan masih berkesempatan istirahat di siang hari. Apalagi bagi yang sudah bekerja, pasti udah susah ya untuk meluangkan waktu istirahat sejenak di sela-sela kerja.

Padahal ini penting lho, sobat brilio. Dilansir dari Brightside, nyatanya tidur siang itu sangat baik untuk kesehatan dan juga untuk efektifitas bekerja. Paling tidak ada 5 alasan betapa pentingnya tidur di siang hari yang nggak kamu duga. Yuk simak di sini, sobat brilio, Minggu (25/9):

1. Bisa bikin otak kamu berpikir lebih tajam dan akurat.

tido siang © 2016 brilio.net

Kamu tahu kalau kurang tidur pada malam hari, esoknya pasti lemas. Sebab, tidur juga bisa menentukan bagus atau tidaknya menerima informasi. Kika bermasalah, kamu harus ngambil waktu tidur paling nggak 60-90 menit demi mengembalikan performamu 24 jam ke depan.

Loading...

2. Bikin jantungmu lebih sehat.

tido siang © 2016 brilio.net

Ilmuwan Harvard University meneliti orang-orang yang beristirahat siang lebih sedikit berisiko penyakit jantung. Bobok siang juga bisa membantu untuk mengurangi kecapekan yang berlebih. Paling nggak, dalam seminggu dianjurkan untuk tidur siang selama tiga kali atau 30 menit dengan merangkul bantal atau guling dalam pelukanmu.

3. Mengurangi stres dan bermacam-macam ketakutan yang lain.

tido siang © 2016 brilio.net

Kecapekan seringkali dihubungkan dengan stres. Stres akan menyebabkan kelelahan baik fisik maupun otak serta jiwa. Tidur di siang hari bisa mengurangi hal itu. Menurut studi ditemukan hormon-hormon stres bisa bertambah dengan drastis di dalam diri orang-orang yang tidak tidur di siang hari.

4. Terhindar dari makan makanan junk food.

tido siang © 2016 brilio.net

Insting manusia jika sedang lelah ditambah dengan pekerjaan yang menumpuk membuatnya lebih senang makan makanan cepat saji atau makan makanan yang mengandung gula. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa mengakalinya dengan tidur siang, yang jelas lebih sehat, bahkan dengan 10-15 menit tidur sejenak saja.

5. Kamu akan merasakan energimu lebih terjaga.

tido siang © 2016 brilio.net

Dalam sebuah studi menunjukkan atlet yang break dan memanfaatkan waktu istirahatnya dengan tidur siang terbukti lebih bisa meraih hasil baik daripada atlet yang tidak tidur siang. Mulai dari kekuatan, reaksi, dan kecepatan, semuanya didapatkan setelah tidur siang.

Jadi gimana sih caranya agar bisa tidur siang yang efektif?

tido siang © 2016 brilio.net

Waktu yang tepat untuk tidur siang adalah awal perpindahan dari pagi ke siang hari atau sekitar jam 12.00 hingga 13.00. Cari tempat yang sejuk dan ruangan yang sunyi dengan cahaya sedikit. Tidak usah lama-lama, ambil waktu kira-kira 5-45 menit.

Yang perlu diingat adalah, istirahat siang ini bukan berarti kamu bermalas-malasan. Karena setelah tidur siang kamu akan merasakan energi tambahan sehingga nggak ada alasan untuk nggak produktif!