Brilio.net - Kasus virus corona di Indonesia masih menunjukkan peningkatan. Kendati demikian, masyarakat harus tetap waspada meskipun mulai masuk dalam tahapan new normal. Bagi masyarakat, smartphone atau handphone jadi barang canggih yang mampu mendatangkan akses informasi. Penggunaan handphone sendiri pun terbilang masif di era sekarang.

Namun tahukah kamu bahwa virus corona bisa menempel dan bertahan cukup lama di handphone? Dilaporkan Antara, Rabu (17/6), Dokter Spesialis Penyakit Dalam Edward Faisal mengatakan virus corona penyebab penyakit Covid-19 bisa menempel di telepon genggam (handphone) dan mampu bertahan hingga lima hari.

"Itu bisa meningkatkan risiko sebenarnya, HP itu bahan material plastik atau metal, saat virus nempel di gawai kita itu bisa bertahan sampai 5 hari," kata Edward dalam gelar wicara virtual yang diadakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencanan (BNPB), Jakarta, Rabu.

Edward menambahkan berbicara langsung melalui handphone di ruang publik seperti di stasiun kereta dan dalam kereta bisa meningkatkan potensi terpapar virus corona.

Oleh karena itu, Edward mengimbau untuk tidak berbicara langsung melalui telepon genggam saat berada di dalam kereta rel listrik (KRL). Tidak hanya membahayakan diri sendiri, risiko dari terpaparnya virus corona melalui handphone ini bisa membahayakan keluarga di rumah.

Loading...

"Kalau kita sayang sama orang di rumah di sekitar sebaiknya jangan keluarkan HP (di dalam kereta), itu yang terbaik sebetulnya," jelas Edward.