Brilio.net - Selama empat bulan lamanya sebagian besar masyarakat harus berdiam di rumah. Namun kini beberapa orang sudah diperbolehkan beraktivitas kembali di luar, seperti bekerja dan sekolah. Meski ada sejumlah aturan, termasuk masuk secara bergantian, beberapa orang sudah harus beradaptasi untuk berkegiatan kembali di tengah pandemi Covid-19.

Saat kembali bertemu dengan banyak orang, hal yang perlu kita persiapkan adalah menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserah penyakit. Oleh sebab itu, sangat penting agar kita menjaga asupan dari makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Sejak munculnya pandemi Covid-19, minuman herbal yang terbuat dari rempah-rempah Indonesia memang banyak dikonsumsi masyarakat. Pasalnya minuman herbal dipercaya dapat meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh.

Misalnya saja seperti Habbatussauda atau jinten hitam yang merupakan salah satu bahan herbal. Jinten hitam memang sudah terkenal memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat dari habbatussauda adalah untuk menjaga daya tahan tubuh. Di tengah pandemi covid-19 seperti sekarang, menjaga daya tahan tubuh sangatlah diperlukan.

"Daya tahan tubuh yang prima sangat penting untuk perlindungan tubuh dari serangan penyakit infeksi. Semakin baik daya tahan tubuh seseorang, maka semakin kuat tubuhnya dalam melawan berbagai penyakit," ujar Sports Nutritionist & Disease Prevention, Emilia Achmadi Emilia Achmadi dalam siaran pers Komija yang brilio.net terima, Selasa (16/6).

Loading...

Menurut Emilia, seseorang dengan sistem pertahanan tubuh yang prima akan memiliki respons imun yang baik, di mana tubuhnya dapat segera memproduksi antibodi ketika antigen terdeteksi.

"Oleh karenanya, masyarakat diimbau untuk mengonsumsi nutrisi yang sehat dan seimbang, serta menjalani pola hidup sehat agar imunitas tetap terjaga, terlebih lagi saat ini di mana ancaman paparan Covid-19 masih tinggi," tuturnya.

Kurma mengandung sumber nutrisi penting seperti Vitamin C, B1, B2, A, Niasin, Kalsium, Magnesium dan Zinc," jelasnya. Selain itu, menurut National Institute of Healthy (NCBI) kurma juga memiliki antioksidan yang tinggi.

"Habbatussauda (jinten hitam) dikenal dengan julukannya sebagai penyembuh segala penyakit. Habbatussauda termasuk dalam kelompok immunostimulafitogenik yang membantu membentuk dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Habbatussauda juga berfungsi sebagai anti-bakteri, anit-inflamasi atau anti-infeksi dan antioksidan," ujar Emilia.

Menurutnya, kombinasi kurma, habbatussauda (jinten hitam) dan madu ini bekerja secara alami dalam tubuh efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menambah nutrisi secara alami.