Brilio.net - Kram otot bisa dialami siapa dan di mana saja. Bagi yang pernah mengalaminya pasti tahu bagaimana sakitnya saat kram otot tiba-tiba menyerang, terutama di bagian betis. Biasanya kram di bagian kaki seperti betis terjadi pada malam hari ketika seseorang baru saja tertidur atau baru bangun.

Kram otot yang terjadi pada area kaki merupakan kontraksi atau menegangnya otot dengan kuat secara tiba-tiba. Biasanya kram otot berlangsung selama beberapa detik hingga sampai menit.

Lazimnya, kram otot dialami oleh ibu hamil tapi juga bisa menyerang siapa saja saat otot mengalami keletihan akibat aktivitas yang berlebihan. Penyebab lainnya bisa karena anggota tubuh mengalami cedera atau terpapar suhu dingin, kekurangan mineral, dehidrasi, suplai darah yang tidak memadai ke bagian kaki hingga efek samping dari obat-obatan.

Untuk mencegah terserang kram kaki, kamu bisa melakukan cara ini dikutip dari siakapkely, Senin (16/10):

1. Minum air putih dalam jumlah banyak dan mengonsumsi makanan kaya magnesium seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

2. Memperbanyak makanan berpotasium tinggi seperti pisang dan minum susu.

3. Melakukan aktivitas peregangan otot kaki sebelum tidur dan ganjal ujung kaki dengan bantal saat tidur untuk mencegah kram.

kram otot © 2017 siakapkeli.my

Tapi, kalau cara di atas sudah kamu lakukan dan tiba-tiba kram otot menyerang, kamu bisa mencoba cara mudah berikut ini:

1. Cari tempat duduk dan bersandar.

2. Sekiranya memakai sepatu, buka dan lepas sepatu yang digunakan.

3. Pijat bagian otot yang menegang.