Brilio.net - Lemak menjadi perbincangan hangat di kalangan orang yang ingin memiliki tubuh ideal. Mayoritas orang menganggap lemak merupakan sesuatu yang buruk bagi kesehatan. Anggapan seputar lemak ini pun menyebar serta banyak dipercaya oleh banyak orang.

Namun demikian, pemahaman tentang lemak ini ternyata salah, lho. Sebenarnya ada fakta mencengangkan di balik kesalahpahaman tentang lemak. Berikut 4 mitos seputar lemak yang banyak dipercaya orang padahal salah dihimpun dari Menshealth, Senin (9/10).

1. Konsumsi lemak dalam jumlah banyak bikin berat badan mudah naik.

fakta lemak © 2017 brilio.net

foto: istimewa

Loading...

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa mengonsumsi makanan dengan lemak tinggi akan memengaruhi berat badan. Namun demikian jika memerhatikan asupan lemak yang dimiliki seseorang, hal tersebut tak berpengaruh apapun terhadap kesehatan.

Dikutip dari Menshealth disebutkan bahwa lemak memiliki 9 kalori per gram jika dibandingkan dengan protein yang punya 4 kalori per gram. Untuk mencegah kenaikan berat badan, pastikan kalori yang biasa kamu konsumsi harian. Tubuh kita juga membutuhkan asupan lemak, lho.

"Secara umum, para ahli mengatakan bahwa Anda harus menargetkan sekitar 20 persen kalori per hari dari lemak sehat," kata R.D. Jessica, seorang konsultan gizi.

2. Lemak tak memiliki manfaat apapun.

fakta lemak © 2017 brilio.net

foto: Istimewa

Banyak orang menganggap bahwa lemak merupakan salah satu komponen yang tak memiliki manfaat apapun untuk tubuh. Ungkapan tersebut adalah mitos yang banyak dipercaya orang. Padahal, lemak banyak dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung fungsi otak. Tak hanya itu, lemak juga membantu untuk memproduksi hormon, membantu jalannya keseimbangan suhu tubuh dan menjaga kesehatan rambut dan kulit.

3. Lemak memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

fakta lemak © 2017 brilio.net

foto: Istimewa

Sama halnya dengan karbohidrat, lemak juga memiliki beragam kualitas seperti kualitas tinggi dan rendah. Namun demikian, tak semua lemak memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Lemak juga memiliki kandungan baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Menurut buku The USDA's Dietary Guidelines for Americans disebutkan bahwa makanan dengan lemak baik meliputi salmon dan kenari. Kandungan omega-6 dan omega-3 dalam makanan tersebut mampu melawan gangguan kesehatan. Sementara lemak berkualitas rendah mudah diperoleh lewat minyak goreng atau mentega.

4. Hanya ada satu jenis lemak.

fakta lemak © 2017 brilio.net

foto: Istimewa

Pada dasarnya, lemak memiliki beragam jenis di antaranya lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated), lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated), dan lemak trans. Lemak tak jenuh ganda meliputi omega-3 dan omega-6. Lemak ini juga dikenal sebagai lemak esensial di mana tubuh kita tak bisa memproduksinya. Oleh sebab itu tubuh membutuhkan asupan lemak dari makanan. Sementara itu, lemak tak jenuh tunggal meliputi minyak zaitun, kacang-kacangan, dan alpukat.

Lemak yang bisa mengendap pada tubuh manusia adalah lemak trans. Lemak ini kerap disebut lemak jahat yang punya dampak buruk bagi kesehatan. Lemak trans ini biasanya muncul di makanan olahan dan lemak hewani seperti margarin dan minyak goreng.

Nah sekarang sudah tahu fakta-fakta seputar lemak. Ternyata lemak nggak selalu buruk untuk kesehatan lho!