Brilio.net - Beauty is pain! Untuk terlihat cantik katanya sih mesti perlu pengorbanan. Dan salah satu pengobanan yang sering dilakukan cewek supaya terlihat cantik adalah menggunakan sepatu hak tinggi. Sudah tahu bisa bikin kaki kram, penggunaan jenis sepatu ini bukannya berkurang, malah semakin tinggi lho. Waduh!

Penelitian terbaru seperti yang dilaporkan dalam simposium audit Royal College of Surgeon's of Edinburg di Inggris, sepatu hak tinggi nggak cuma bikin kaki kram, jika terlalu sering digunakan bisa-bisa menyebabkan gangguan pada saraf bahkan yang berpotensi merusakkannya.

Dikutip brilio.net dari Daily Mail, Selasa (23/6), sebanyak 2.532 perempuan di Inggris terpaksa harus mengalami perawatan rumah sakit karena Nuroma Morton pada tahun 2014 lalu. Neuroma Morton sendiri adalah penyakit saraf terjepit salah satunya dikarenakan penggunaan sepatu berhak tinggi lebh dari dua inci dengan bentuk ujungnya meruncing atau menyempit. Bahkan untuk mengurangi rasa sakit akibat penyakit ini sebagian besar pasien memerlukan pembedahan lebih lanjut, salah satunya dengan melakukan pemotongan pada area di antara jari, dan pengangkatan saraf sehingga pasien seperti merasa mati rasa pada area tersebut. Hiii!

Lalu kenapa bisa terjadi kondisi seperti ini? Nah, ketika kondisi saraf terjepit, tubuh akan membuat suatu perlawanan dengan menciptakan lapisan antara saraf sehingga menyebabkan penderita merasakan kesakitan seperti sedang berjalan di atas kacang polong yang keras.

Jika digunakan dalam waktu yang terlalu lama, bahkan bisa menyebabkan rasa tajam seperti tertusuk pada telapak kaki. Akibatnya nggak bakal terlalu terasa sih, tapi dalam jangka waktu beberapa bulan bisa berubah menjadi rasa geli dan mati rasa pada jari-jari kaki. Nah, jika mengalami kondisi seperti ini, siap-siap saja kakimu sampai ujung jari-jarinya akan lebih sering merasa kram. Hiii, serem ya? Masih mau pakai sepatu hak tinggi, girls?

BACA JUGA:

Biar nggak dehidrasi, kamu mesti pilih 4 makanan ini saat pancaroba

Ini 11 bahaya dehidrasi yang bisa ganggu kesehatan kamu, fatal lho!

Cara mudah dan alami memutihkan lutut hitam, silakan dicoba!

Zaman dulu adu kecantikan wanita diuji saat mengendarai vespa

9 Manfaat baking soda untuk kecantikan

Sabun kecantikan ini terbuat dari lumpur kawah Dieng, mau coba?

VIDEO: Kecantikan bukan dari fisik saja

Tak bisa melihat sejak lahir, wanita ini maknai kecantikannya, bikin haru!

Susu kedelai simpan khasiat untuk kecantikan kulit

8 Standar unik kecantikan wanita di dunia

Rahasia kecantikan 7 bintang top Hollywood yang bikin kamu heran