Brilio.net - Singkong atau dikenal sebagai Manihot esculenta, adalah tanaman umbi-umbian yang berasal dari benua Amerika tepatnya dari negara Brazil. Tanaman singkong telah dibudidayakan oleh suku Maya di Yucatan, Meksiko. Tanaman singkong telah menyebar ke seluruh dunia, termasuk ke Indonesia, Afrika, Madagaskar, India, dan Tiongkok.

Tanaman singkong memiliki beberapa bagian yang dapat dimakan, termasuk umbi atau akarnya yang kaya karbohidrat namun sedikit protein serta daunnya yang mengandung asam amino metionin dan dapat digunakan sebagai sayuran. Umbi singkong dapat diolah menjadi berbagai hidangan seperti camilan, cake, puding, roti, dan lain-lain.

Namun tahukah kamu bahwa singkong memiliki manfaat lainnya loh. Singkong juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan kandungan nutrisi yang beragam, singkong dapat menjadi tambahan yang berharga dalam mendorong kesehatan.

Singkong merupakan umbi yang kaya akan serat. Singkong juga dapat membantu mengatur kadar gula dan kolesterol dalam darah. Selain itu, singkong mengandung pati resisten, sejenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna dan bertindak mirip dengan serat di dalam tubuh. Oleh karena itu dapat memberi makan bakteri menguntungkan di usus dan meningkatkan pencernaan.

Dilansir brilio.net dari tuasaude.com, berikut 10 manfaat singkong untuk kesehatan, superfood yang dapat melawan kanker lambung.

1. Meningkatkan energi dan mood

9 Manfaat singkong untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Singkong mengandung sejumlah nutrisi penting yang dapat mendukung kesehatan otak dan mood, seperti vitamin B6, magnesium, dan folat. Selain itu, singkong juga mengandung karbohidrat kompleks yang dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Fluktuasi gula darah yang ekstrim dapat memengaruhi suasana hati seseorang, jadi menjaga stabilitas gula darah dapat membantu menjaga mood tetap stabil.

Singkong bisa menjadi tambahan makanan yang bagus untuk orang yang sering berolahraga atau bekerja dengan aktivitas tinggi, seperti pekerja konstruksi, pengantar surat, petani, dan lainnya.