Brilio.net - Penderita asam urat harus sangat berhati-hati dalam memilih makanan, karena beberapa jenis makanan dapat memperburuk kesehatan dan meningkatkan risiko komplikasi penyakit lain. Salah satu zat dalam makanan yang perlu diperhatikan secara serius adalah purin. Purin adalah senyawa yang ketika diuraikan oleh tubuh akan menjadi asam urat.

Makanan yang tinggi purin, seperti daging merah, makanan laut, jeroan, serta minuman beralkohol dan berkafein dapat menyebabkan penumpukan asam urat dalam darah. Penumpukan ini tidak hanya memicu serangan gout yang menyakitkan, tetapi juga menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius, seperti batu ginjal, hipertensi, dan penyakit jantung koroner.

Pantangan makanan bagi penderita asam urat juga berkaitan dengan penyebab risiko meningkatnya komplikasi penyakit lain, seperti lemak jenuh, kandungan garam dan gula tinggi, serta lain sebagainya. Menghindari makanan ini dapat mencegah gejala yang lebih serius, dan membantu penderita asam urat terhindar dari masalah kesehatan lainnya.

Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut 10 pantangan makanan bagi penderita asam urat, dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (23/5).

1. Daging merah.

10 Pantangan makanan bagi penderita asam urat © 2024 freepik.com

foto: freepik.com

Daging merah, seperti daging sapi dan domba mengandung tinggi purin. Penderita asam urat memiliki masalah dalam mengeluarkan asam urat secara efisien dari tubuh. Ketika asam urat terakumulasi dalam darah, dapat menyebabkan kristal asam urat menempel di persendian, sehingga menyebabkan peradangan dan nyeri yang khas dari kondisi tersebut. Selain tinggi purin, daging merah juga kaya akan protein hewani.

Konsumsi protein hewani yang berlebihan dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Perlu diketahui juga, beberapa jenis daging merah, terutama yang berlemak tinggi juga mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh yang terlalu menumpuk, dapat memengaruhi metabolisme purin dalam tubuh, meningkatkan komplikasi dengan penyakit hipertensi serta jantung koroner.