×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
9 Makanan yang harus dihindari wanita saat haid

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

9 Makanan yang harus dihindari wanita saat haid

foto: id.pinterest.com

Tampak sepele tapi sangat memengaruhi kesehatanmu di masa mendatang.

21 / 02 / 2019 15:28

Brilio.net - Siklus menstruasi adalah tamu bulanan bagi setiap wanita. Ketika menstruasi datang, terkadang wanita kerap mengalami perubahan baik fisik maupun mental yang tentunya mempengaruhi emosinya. Hal ini dianggap normal yang terjadi pada wanita. Justru jika wanita yang tidak mengalami siklus haid patut diwaspadai, karena dianggap ada masalah pada dirinya yang nantinya akan berdampak pada kesehatan fisik.

Ketika wanita sedang mengalami menstruasi, mereka harus menjaga kebersihan secara menyeluruh, terutama bagian miss V. Namun sayangnya tak semua wanita menyadari akan pentingnya menjaga kebersihan saat dalam masa menstruasi.

Ketika wanita mengalami menstruasi, maka yang dihasilkan adalah darah kotor. Jika dibiarkan atau tidak dibersihkan sesering mungkin, ini akan sangat berbahaya untuk kesehatan, karena risiko terkena kuman dan juga bakteri sangat besar. Kuman itu bisa menyebabkan berbagai penyakit termasuk salah satunya adalah kanker.

Tak hanya itu saja, terkadang wanita tetap saja kerap melakukan hal-hal yang tak boleh dilakukan saat sedang datang bulan. Misalnya saja mengonsumsi makanan apa saja yang diinginkannya. Padahal seharusnya saat mengalami menstruasi, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi.

Pasalnya, makanan-makanan itu justru sering membuat kamu kembung, mengalami perubahan suasana hati, mudah kelelahan, hingga mengalami masalah pencernaan. Mungkin terkesan sepele, namun perlu kamu ketahui dengan menahan diri untuk tidak memakan makanan yang mungkin salah satunya merupakan makanan favoritmu. Tujuannya tak lain dan tak bukan untuk menjaga kesehatan.

Loading...

Lalu makanan apa saja yang harus kamu hindari saat menstruasi? Berikut ulasannya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (21/2).

1.  Makanan pedas.

Makanan saat haid istimewa

foto: id.pinterest.com

Makanan pedas merupakan makanan yang tak bisa dijauhkan dari masyarakat Indonesia. Rasanya ada saja yang kurang jika tidak memasak atau memakan masakan pedas. Namun jika kamu dalam masa menstruasi, ada baiknya untuk sementara waktu untuk tidak memakan makanan tersebut.

Makanan pedas sangat tidak baik untuk kesehatan. Mulai dari mudah sariawan, memperlambat fase menstruasi, hingga menyebabkan munculnya jerawat. Tak hanya itu, jika kamu nekat untuk tetap memakannya, maka kamu akan merasakan sakit yang cukup hebat, karena pencernaanmu akan terganggu.

2. Minuman kafein.

Makanan saat haid istimewa

foto: id.pinterest.com

Kamu pecinta kopi? Sebenarnya tak ada masalah dengan minuman favoritmu itu. Namun akan sedikit bermasalah jika kamu tetap mengonsumsi kopi saat kamu sedang menstruasi.

Kopi mengandung kafein cukup tinggi. Zat tersebut dapat meningkatkan tekanan darah, dehidrasi, hingga menyebabkan gelisah yang akhirnya memperburuk pola tidurmu. Jika setiap pagi biasanya kamu mengonsumsi kopi, untuk sementara waktu gantilah dengan teh herbal.

3. Makanan asin.

Makanan saat haid istimewa

foto: id.pinterest.com

Makanan asin memang menjadi salah satu yang begitu disukai. Salah satunya adalah kentang goreng yang merupakan camilan hampir semua kalangan. Ketika kamu sedang menstruasi, lebih baik untuk tidak memakannya dulu. Hal ini dikarenakan makanan asin dapat menyebabkan hormon yang memicu dehidrasi, kembung dan kram pada perut.

4. Produk olahan susu.

Makanan saat haid istimewa

foto: id.pinterest.com

Sebenarnya, susu merupakan produk yang sangat memengaruhi terjadinya kembung pada perempuan, terutama di masa menstruasi. Tak hanya itu, mengonsumsi produk olahan susu juga dapat memperburuk kram pada perut. Sebaiknya hindari untuk sementara waktu agar masa haid tidak membuatmu berhenti melakukan banyak kegiatan.

5. Makanan manis.

Makanan saat haid istimewa

foto: id.pinterest.com

Makanan manis dapat menyebabkan peredaran darah menjadi tidak stabil. Saat kamu mengonsumsi makanan manis ketika sedang menstruasi, maka kamu akan mengalami mood swings dan tegang. Hal ini jelas sangat memperburuk keadaan. Kamu tidak akan bisa menjalani aktivitas dengan baik jika mengalami hal tersebut.

6.  Daging merah.

Makanan saat haid istimewa

foto: id.pinterest.com

Kenapa tidak boleh? Padahal ini makanan paling lezat dan daging selalu menjadi favorit banyak orang. Namun mengonsumsi saat datang bulan bukan pilihan yang tepat. Daging merah kaya akan lemak jenuh dan zat yang terkandung di dalamnya dapat memicu terjadinya kram, kembung serta menyebabkan munculnya jerawat. Tidak ingin bukan, hal itu terjadi?

7. Alkohol.

Makanan saat haid istimewa

foto: id.pinterest.com

Selama masa haid, hindari untuk mengonsumsi alkohol. Sebab untuk sekelas anggur saja bisa membuat wanita kembung. Bahkan dengan mengonsumsi alkohol saat menstruasi dapat mempengaruhi kualitas tidur kamu. Lebih baik perbanyak minuman air putih untuk membantu memperlancar metabolisme.

8. Makanan cepat saji.

Makanan saat haid istimewa

foto: id.pinterest.com

Makanan cepat saji memang menjadi salah makanan yang sangat disukai. Nah, tapi jika kamu mengonsumsinya saat sedang datang bulan, makanan ini bisa membuat perut kembung dan begah. Baiknya untuk menghindari makanan dengan kandungan minyak dan gula yang tinggi selama masa menstruasi.

9. Nasi putih dan tepung.

Makanan saat haid istimewa

foto: id.pinterest.com

Nasi dan tepung mengandung gula, sehingga jika kamu mengonsumsinya saat datang bulan ini akan menyebabkan lonjakan darah yang drastis hingga menyebabkan peradangan di sekitar perut. Hal ini memang sulit dihindari, pasalnya makanan pokok masyarakat Indonesia adalah nasi. Mungkin untuk sementara waktu selama menstruasi mengonsumsi yang lainnya. Kamu bisa menggantinya dengan menambah porsi buah dan sayuran supaya tubuhmu selalu segar.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    13%

  • Wow!

    27%

  • Sedih

    40%

  • Marah

    13%

  • Love

    7%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more