×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
12 Pembersih wajah alami untuk cuci muka pengganti sabun muka

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

12 Pembersih wajah alami untuk cuci muka pengganti sabun muka

Karena cantik nggak harus selalu mahal, ya kan?

31 / 01 / 2019 23:08

Brilio.net - Memiliki wajah bersih tentu menjadi dambaan setiap orang, terutama wanita. Sebab kulit kotor, kusam, dan berjerawat dapat mengganggu penampilan dan kepedean seseorang.

Menjaga kulit biasanya juga tergantung cara pembersihan wajah. Jenis pembersih wajah pun saat ini sangat bervariatif dan mudah ditemukan di minimarket dan toko-toko khusus kecantikan, misalnya.

Namun tahukah kamu, jika membersihkan wajah sebenarnya tak harus menggunakan sabun cuci muka yang banyak dipasarkan produk kecantikan? Ya, pembersih wajah buatan sendiri ternyata saat ini juga sudah kerap digunakan kaum hawa.

Pembersih wajah buatan ini adalah pembersih wajah alami yang bekerja sangat baik, murah, dan mudah untuk dibuat sendiri. Kamu juga bisa menyesuaikan dengan jenis kulit spesifik milikmu. Mungkin selama ini kamu menggunakan produk pembersih wajah komersial tanpa melihat bahan-bahannya terlebih dahulu. Ya kan?

Kamu mungkin tertarik menggunakan kosmetik karena terpikat dengan wajah cantik dan mulus tanpa cela seperti seorang remaja. Kosmetik pastinya memberikan berbagai efek samping, termasuk juga sabun cuci muka. Maka dari itu ada baiknya jika kamu mulai mencoba menggunakan cuci muka alami. Penasaran kan?

Loading...

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (31/1), berikut deretan pembersih wajah alami yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan wajahmu setiap saat.

1. Jus Pepaya.

cuci muka alami liputan6

foto: Instagram/@iin_ndanyarakha

Jus pepaya dipercaya memberikan nutrisi kepada kulit karena mengandung vitamin B, vitamin C, enzim, betakaroten, dan mineral. Cara membuatnya mudah. Haluskan pepaya kemudian oleskan pada wajah sambil lakukan pijatan. Kamu juga bisa menambahkan madu. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

2. Jus Mangga.

cuci muka alami liputan6

foto: Instagram/@wallam_hendro11

Jus mangga dipercaya memberikan nutrisi juga kepada kulit. Sama seperti sebelumnya, haluskan mangga lalu oleskan pada wajah sambil dipijat secara pelan-pelan. Kamu juga bisa menambahkannya dengan madu. Diamkan sebentar, lalu bilas dengan air bersih. Kamu bisa merasakan kesegaran lebih dari sekedar cuci muka biasa.

3. Madu murni.

cuci muka alami liputan6

foto: Instagram/@sarangmadu_murni

Jika kamu ingin memiliki wajah yang manis, cuci mukalah dengan sesuatu yang manis seperti madu murni. Madu murni memiliki banyak khasiat. Namun sebelum mencuci muka dengan madu, kamu harus membersihkan wajahmu terlebih dahulu dari segala macam makeup. Kemudian ambil madu secukupnya, seperti saat kamu ambil pencuci muka. Kemudian basuh ke wajah dan pijat secara perlahan ke wajah.

4. Jus Mentimun.

cuci muka alami liputan6

foto: Instagram/@suarni_huang

Jus timun dipercaya mampu membuat wajah menjadi mulus dan lebih segar kembali. Mentimun sudah sering dikenal sebagai masker wajah, namun mentimun juga bisa dijadikan sabun cuci muka alami. Agar lebih maksimal hasilnya, kamu bisa menambahkan susu murni dan mentimun lebih baik dijus, bukan dicacah.

5. Lidah Buaya.

cuci muka alami liputan6

foto: Instagram/@aloevera.kita

Lidah buaya tidak hanya bagus untuk kesuburan rambut, melainkan juga untuk kesehatan wajah. Lidah buaya dipercaya mampu menyembuhkan iritasi kulit. Lidah buaya mampu membuat wajahmu menjadi tampak lebih segar setiap saat.

Lidah buaya juga berfungsi sebagai antiinflamasi pada kulit. Agar bekerja lebih efektif dan mudah diserap wajah, teteskan minyak esensial pada gel lidah buaya yang akan kamu gunakan untuk membersihkan wajah.

6. Air bunga lavender dan mawar.

cuci muka alami liputan6

foto: Instagram/@misswanie_

Mencuci muka dengan bahan alami bisa kamu lakukan dengan menggunakan air bunga, seperti lavender maupun mawar. Air dari bunga-bunga organik sangat baik untuk membantu regenerasi kulit khususnya pada wajah. Kandungan asam yang di miliki oleh air bunga mencapai pH 5-6, yakni cocok untuk kulit normal.

7. Air beras dan gliserin.

cuci muka alami liputan6

foto: Instagram/@americanpillo

Air sisa cuci beras bisa kamu gunakan untuk mencuci wajah secara alami. Ambil 2 sendok teh air beras kemudian campur dengan setengah sendok teh gliserin. Gliserin adalah cairan kental yang tidak berwarna dan populer di dunia produk kecantikan. Usapkan pada seluruh wajah dan pijat secara perlahan. Biarkan selama 2 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

8. Jus lemon dan tomat.

cuci muka alami liputan6

foto: Instagram/@zhuagustina

Siapkan segelas jus tomat dan lemon. Campurkan 1 sendok teh jus tomat dan setengah jus lemon. Sebelumnya kamu harus membasahi sedikit wajahmu terlebih dahulu. Kemudian oleskan campuran tersebut ke wajahmu, pijat selama kurang lebih 1 menit. Kemudian bilas wajah dengan air hangat.

9. Yoghurt dan lemon.

cuci muka alami liputan6

foto: dailymail.co.uk

Yoghurt dipercaya memiliki protein, selain itu juga kaya akan asam laktat dan lemak yang membentuk mendetoksifikasi kulit. Pilih yoghurt yang murni atau tawar, jangan yang berasa.

Agar mendapatkan hasil maksimal, caranya campurkan 1 sendok makan yoghurt dengan 1 sendok teh jus lemon. Usapkan pada wajah, diamkan kurang lebih selama 2 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

10. Yoghurt dan minyak kelapa.

cuci muka alami liputan6

foto: ww2.kqed.org

Kamu juga bisa membuat pembersih wajah alami menggunakan campuran yoghurt dan minyak kelapa. Caranya campur 2 sendok teh yoghurt dengan setengah sendok teh minyak kelapa. Bersihkan terlebih dahulu wajahmu dengan air secukupnya. Kemudian gosok lembut campuran yoghurt dan minyak kelapa pada wajah yang masih sedikit basah.

11. Jus apel.

cuci muka alami liputan6

foto: Instagram/@dapur_resep

Pembersih wajah berbahan dasar apel dipercaya memiliki manfaat untuk kulit kering. Untuk kulit yang berjerawat kamu bisa menambahkan larutan cuka apel ke dalam jus apel tersebut. Kemudian oleskan jus pada wajah, diamkan selama 10 hingga 20 detik, kemudian bilas dan keringkan.

12. Madu dan lemon.

cuci muka alami liputan6

foto: Instagram/@buah_lemon_

Madu berfungsi untuk kelembapan kulit. Sedangkan lemon mengandung asam mampu membersihkan kulit mati dan merangsang pertumbuhan kulit baru. Perpaduan dua bahan alami ini mampu membersihkan wajahmu dengan baik.

Caranya campurkan dua sendok makan madu dan lemon. Oleskan pada wajah, pijat menggunakan gerakan melingkar. Tunggu hingga kering, lalu bilas dengan air hangat.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    71%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    29%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more