Brilio.net - Mimisan adalah kejadian di mana hidung tiba-tiba mengeluarkan darah. Mimisan bisa terjadi kepada siapa saja. Momen ini mungkin menakutkan bagi sebagian orang yang pertama kali mengalaminya. Bahkan bisa membuat orang di sekitarnya jadi panik.

Mimisan sering terjadi pada orang dewasa dan anak-anak antara usia 3 dan 10 tahun. Dikutip dari healthline, pada umumnya mimisan itu sebenarnya termasuk hal lumrah. Dengan kata lain jarang menunjukkan atau berdampak pada masalah medis serius.

Hidung mengandung banyak pembuluh darah yang rapuh dan mudah berdarah. Pembuluh darah itu terletak dekat dengan permukaan di bagian depan dan belakang hidung. Ada dua macam mimisan, yaitu anterior yang terjadi ketika pembuluh darah di bagian depan hidung pecah dan berdarah.

Selanjutnya ada mimisan posterior terjadi di bagian belakang atau bagian terdalam hidung. Dalam kasus ini, darah mengalir ke bagian belakang tenggorokan. Mimisan jenis ini bisa berbahaya jika tidak segera ditangani.

Hindari panik dan atasi mimisan dengan obat herbal alami yang berasal dari tanaman. Berikut beberapa pengobatan tradisional dari alam yang bisa kamu pakai, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (17/3).

Loading...

1. Cabai rawit.

tanaman obat mimisan ©freepik.com

foto: freepik.com

Cabai rawit bekerja sebagai stimulan sel dan mengatur tekanan aliran darah, yang artinya membantu menghilangkan tekanan berat dari area pendarahan. Cabai rawit pun bisa membantu mengatasi darah yang mengalir dari hidung.

Cara memakai cabai rawit untuk mengobati mimisan, ambil satu sendok teh bubuk cabai. Kemudian campur dengan air hangat lalu minum segera setelah pendarahan mulai terlihat.

2. Tanaman buah vitamin C.

tanaman obat mimisan ©freepik.com

foto: freepik.com

Mengonsumsi makanan kaya vitamin C dan K yang cukup setiap hari dapat membantu memperkuat pembuluh darah. Sehingga pembuluh darah pada hidung tidak terlalu rentan pecah yang kemudian menyebabkan mimisan.

Buah vitamin C seperti jeruk, limau, kiwi, stroberi, bayam, sayur loka, leci, dan lainnya ini pereda mimisan dalam jangka panjang. Jadi tidak bisa menyembuhkan mimisan dengan segera setelah pembuluh darah pecah.

3. Daun sirih.

tanaman obat mimisan ©freepik.com

foto: freepik.com

Daun sirih terkenal bisa mengatasi mimisan secara cepat. Dilansir dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui kemkes.go.id, ramuan daun sirih untuk mimisan sebaiknya digunakan saat penderita dalam posisi berbaring.

Cara membuat ramuan daun sirih untuk mimisan, ambil beberapa lembar daun sirih secukupnya. Kemudian tumbuk kasar, peras dengan sepotong kasa. Sumbat hidung yang mimisan dengan kain kasa yang telah dibasahi dengan air perasan daun sirih.

4. Kemangi.

tanaman obat mimisan ©freepik.com

foto: freepik.com

Tanaman obat selanjutnya untuk mengatasi masalah mimisan adalah kemangi. Tanaman daun yang biasa dipakai buat lalapan ini bisa dikonsumsi langsung atau dimasukkan ke lubang hidung.

Caranya, ambil beberapa lembar daun kemangi segar, kunyah beberapa waktu. Atau buat ekstrak jus dari beberapa daun kemangi, kemudian teteskan di setiap lubang hidung. Pendarahan akan berhenti dalam beberapa menit.

5. Kayu manis.

tanaman obat mimisan ©freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari timesofindia, kayu manis dapat membantu mengatasi mimisan dengan cepat dan mudah. Caranya, rendam semalaman kulit kayu manis dalam segelas air panas. Di tempat lain, rendam sepotong kapas dalam larutan ini. Kemudian letakkan di lubang hidung untuk bantuan cepat.

6. Daun jelatang.

tanaman obat mimisan ©freepik.com

foto: freepik.com

Obat herbal ini bekerja baik untuk mimisan karena daun jelatang adalah obat alami yang memiliki zat hemostatik atau menghentikan pendarahan. Kamu bisa menyeduh satu sendok teh daun jelatang, kemudian celupkan kapas ke dalam seduhan dan masukkan ke lubang hidung. Diamkan hingga 10 menit hingga pendarahan berhenti.

7. Daun ketumbar.

tanaman obat mimisan ©freepik.com

foto: freepik.com

Daun ketumbar memiliki sifat mendinginkan dan menenangkan peradangan. Kamu bisa menghaluskan daun ketumbar dengan sedikit air, kemudian saring dan ambil airnya. Airnya bisa langsung kamu teteskan pada hidung, untuk menghentikan pendarahan.

8. Bawang merah.

tanaman obat mimisan ©freepik.com

foto: freepik.com

Aroma pedas pada bawang merah dapat membantu menghentikan pendarahan. Kamu cukup mengiris bawang merah dan meneteskan airnya ke dalam lubang hidung yang mengalami pendarahan.

-

Penyebab mimisan.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan mimisan terjadi. Udara kering adalah penyebab paling umum mimisan. Hidup di iklim kering dan menggunakan sistem pemanas sentral dapat mengeringkan selaput hidung, yang merupakan jaringan di dalam hidung.

Kekeringan ini menyebabkan pengerasan kulit di dalam hidung. Pengerasan kulit dapat menyebabkan gatal atau iritasi. Jika hidung tergores atau terkelupas, bisa berdarah.

Mengonsumsi obat pereda flu atau alergi juga dapat mengeringkan selaput hidung dan menyebabkan mimisan. Kemudian sering buang air kecil juga bisa jadi salah satu penyebab lain mimisan.

Tiba-tiba mimisan atau jarang mimisan, biasanya tidak mengakibatkan masalah serius. Tapi jika mimisan sering terjadi, maka kamu perlu waspada. Bisa jadi itu tanda atau gejala penyakit yang lebih serius lainnya. Segera periksa ke dokter jika kamu kerap mengalami masalah mimisan.