Brilio.net - Memiliki badan ideal menjadi idaman bagi seriap orang. Tak hanya para wanita saja yang sangat peduli terhadap penampilan mereka, namun pria juga demikian. Berbagai cara dilakukan agar mereka terlihat menarik.

Jika berbicara mengenai penampilan, maka salah satu yang sering menganggu adalah berat badan dan perut buncit. Mungkin sekarang ini kamu sedang mengalami perut buncit dan sangat sulit untuk mengecilkannya.

Setiap orang kerap mengalami perut buncit lantaran perut merupakan komponen tubuh yang paling elastis dan gampang berlemak. Ada beberapa faktor pula yang menyebabkan seseorang akhirnya memiliki perut buncit. Kurangnya olahraga, suka makan di malam hari, mengonsumsi minuman beralkohol, kurangnya jam istirahat dan lainnya.

Pola hidup sehat memang sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Baik dari segi makanan dan aktivitas olahraga mereka yang harus tetap dijaga jika ingin memiliki tubuh yang ideal.

Nah selama bulan Ramadhan, kamu bisa melakukan beberapa hal yang nantinya memberikan dampak untuk tubuh ideal. Momen puasa seperti sekarang ini tidak hanya diniatkan untuk beribadah, namun kamu juga bisa memanfaatkannya untuk menurunkan berat badan dan mengatasi perut buncit.

Berikut ini ada beberapa cara dan tips untuk mengatasi perut buncit selama bulan Ramadhan, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, selasa (12/5).

1. Hindari makanan manis

Tips dan cara mengecilkan perut buncit saat puasa Istimewa

foto: health.harvard.edu

Selama menjalani puasa, tentunya banyak sekali keinginan seseorang terhadap makanan. Rasanya semua ingin dibeli dan dimakan. Jika kamu ingin mengecilkan perut, pasti untuk tidak mengonsumsi makanan manis terlalu banyak, jika diperlu dihindari. Begitu juga dengan produk makanan kemasan.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber kesehatan, makanan manis yang identik saat bulan Ramadhan dan jika terus-terusan dikonsumsi dapat menambah ukuran lingkaran perut, sehingga perut menjadi buncit.

2. Perbanyak konsumsi air putih.

Tips dan cara mengecilkan perut buncit saat puasa Istimewa

foto: drweil.com

Mengonsumsi air putih memang sangat dibutuhkan tubuh, terlebih setelah menjalani ibadah puasa, tubuh kekurangan banyak cairan. Oleh karenanya kamu harus menghilangkan dahaga ketika berbuka dengan air putih.

Tak hanya ketika berbuka puasa saja, saat sahur juga dianjurkan untuk memperbanyak minuman air putih. Selain bermanfaat untuk mengecilkan perut, air putih juga memberikan manfaat untuk menjaga tubuhmu selama menjalani ibadah puasa.

3. Lakukan olahraga secara rutin.

Tips dan cara mengecilkan perut buncit saat puasa Istimewa

foto: crowdbaron.com

Puasa kali ini sangat membantu kamu untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut. Pasalnya selama pandemi Covid-19 hampir semua orang menjalani aktivitas di rumah. Masa seperti ini kamu bisa memanfaatkannya dengan baik.

Menjelang berbuka puasa, cobalah lakukan gerakan ringan. Dengan aktif bergerak, tubuh akan menjadi lebih sehat. Kamu juga bisa melakukan gerakan yang membantu mengecilkan perut.

4. Cukup tidur.

Tips dan cara mengecilkan perut buncit saat puasa Istimewa

foto: pathway.com

Atur pola tidurmu dengan baik, pasalnya salah satu penyebab perut buncit adalah pola tidur yang buruk. Ketika bulan Ramadhan seperti sekarang ini, usahakan untuk tidur lebih awal karena kamu harus terjaga dini hari untuk sahur.

Setelah menunaikan salat subuh, kamu bisa kembali tidur setidaknya dua jam sebelum kembali bekerja. Ketika di waktu siang kamu merasa sangat ngantuk, usahakan untuk tidur selam 20 menit.

5. Minum kopi pahit.

Tips dan cara mengecilkan perut buncit saat puasa Istimewa

foto: healthifyme.com

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah minum kopi pahit. Dilansir dari berbagai sumber, kafein dapat meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan laju metabolisme sekitar 50 persen. Pastikan untuk tidak menambahkan gula pada kopi yang akan kamu minum.

6. Kurangi porsi makan.

Tips dan cara mengecilkan perut buncit saat puasa Istimewa

foto: forksoverknives.com

Ketika berbuka puasa, makanlah secukupnya. Pilih makanan sehat agar tidak proses dietmu saat puasa. Ketika kamu lapar lagi setelah menjalani ibadah shalat tarawih, kamu bisa makan beberapa makanan sehat, seperti sayur dan buah.

Ketika sahur, pilih pula makana sehat, yang bisa memberikan dampak positif untuk tubuh ketika tidak makan dan minum seharian.

(brl/guf)

(brl/guf)