Brilio.net - Pada bulan puasa Ramadhan, umat Islam di seluruh dunia semuanya diwajibkan menjalankan ibadah puasa. Muslim harus menahan lapar dan dahaga dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Meskipun berpuasa, aktivitas sehari-hari, seperti kegiatan bekerja pun tetap berlangsung layaknya hari biasa.

Nah saat puasa, siapa sih yang kerap terasa ngantuk dan lemas? Ya hal ini sering terjadi pada siapa saja yang melaksanakan puasa. Akibatnya, saat menjalankan aktivitas, kita menjadi tidak fokus dan tak maksimal. Mengantuk ini juga bisa diakibatkan karena perubahan rutinitas biasa ke rutinitas di selama bulan puasa. Misalnya, bangun untuk sahur sehingga durasi tidur berkurang. Bisa juga lantaran mereka tidak makan dan juga minum selama seharian.

Perubahan siklus ini tentu akan berdampak pada stamina tubuh. Jika tidak diantisipasi, maka akan menghambat aktivitas sehari-hari. Namun hal ini sebenarnya bisa dicegah dengan cara mengonsumsi makanan yang bergizi dan juga banyak nutrisi saat sahur. Atau kamu juga bisa melakukan beberapa hal yang bisa membuat tubuhmu menjadi lebih segar lagi dan tidak mengantuk.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut brilio.net lansir dari berbagai sumber, Minggu (10/5), deretan cara mengatasi ngantuk dan lemas saat puasa.

1. Jangan terlalu banyak diam.

ngantuk dan lemas saat puasa © 2020 freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Jika kamu sedang berada di kantor, usahakan untuk tidak terlalu sering berdiam diri. Cobalah untuk sesekali berbincang, berdiskusi atau bercerita kepada rekan kantormu. Karena dengan kamu tidak melakukan apa-apa di kantor, akan membuatmu lebih mudah merasa mengantuk.

2. Pastikan kamu tidur cukup setiap malam.

ngantuk dan lemas saat puasa © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Usahakan setiap malam hari kamu mendapatkan tidur yang cukup. Idealnya, orang dewasa membutuhkan 7-8 jam setiap malam supaya tubuhnya tetap fit selama puasa Ramadhan.

Jika tidak ada kebutuhan mendesak, sebisa mungkin hindari kebiasaan begadang dan tidurlah lebih cepat dari biasanya. Pastikan kamu memiliki kualitas tidur yang baik sehingga tubuh tetap segar saat bangun di pagi. Yang tak kalah penting, kamu jadi tidak mudah ngantuk saat puasa di siang hari.

3. Lakukan peregangan singkat.

ngantuk dan lemas saat puasa © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Kebanyakan orang biasanya jadi lebih mudah mengantuk jika mereka hanya duduk diam dalam waktu yang lama. Jika tidur siang terasa tidak memungkinkan, kamu bisa mengatasi ngantuk saat puasa dengan melakukan peregangan (stretching) sederhana.

Tekuk leher kamu ke arah pundak kanan dan kiri secara bergantian, lalu putar kepala kamu beberapa kali. Setelah itu, putar badanmu ke kanan dan kiri untuk membantu melemaskan otot-otot yang kaku.

Supaya tidak jenuh, keluarlah dari ruangan dan berjalan-jalan di sekitar kantor selama beberapa menit. Semua cara ini bisa membantu melancarkan aliran darah dan meningkatkan aliran oksigen ke otak. Lambat laun, rasa kantuk akan berkurang dan kamu dapat lebih fokus kembali bekerja.

4. Kebutuhan cairan dalam tubuh tercukupi.

ngantuk dan lemas saat puasa © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Minumlah air 2 gelas saat berbuka, 4 gelas sepanjang malam, dan 2 gelas pada saat sahur. Kekurangan air minum menjadi salah satu penyebab badan lemas saat berpuasa. Dengan menggunakan jurus 2-4-2, kamu bisa memenuhi kebutuhan cairan agar bisa tetap segar ketika siang hari.

5. Cari sinar matahari.

ngantuk dan lemas saat puasa © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Rasa kantuk juga bisa muncul mengikuti pencahayaan yang diterima mata kamu. Bila cahaya meredup, mata menangkapnya sebagai sinyal untuk beristirahat sehingga kamu jadi mengantuk. Nah untuk itu, nyalakan lampu ruangan atau carilah sinar matahari langsung. Misalnya di luar ruangan atau cari kaca yang terpapar langsung cahaya sang surya.

6. Memperhatikan asupan gizi dan vitamin saat sahur.

ngantuk dan lemas saat puasa © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Lemas dan mengantuk saat puasa juga bisa disebabkan berkurangnya kadar gula darah dan zat besi. Oleh karena itu penting untuk memerhatikan makanan yang kamu santap ketika sahur agar stamina terjaga selama berpuasa seharian.

Untuk menjaga stamina dan mencegah rasa lemas dan mengantuk saat siang hari, kamu dianjurkan menyantap makanan yang tepat saat sahur, yakni dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, B1 dan C. misalnya saja oatmeal, beras merah, ikan, buah dan sayur dan banyak lagi.

7. Tidur siang sebentar.

ngantuk dan lemas saat puasa © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Bukan cuma bayi saja yang butuh tidur siang, orang dewasa pun juga memerlukannya. Jika di kantormu ada waktu istirahat, maka gunakanlah untuk tidur siang. Tidur siang selama 5 hingga 20 menit bisa efektif menghilangkan rasa kantuk. Tidur siang ini juga bagus untuk kesehatan. Dijamin, kamu akan terbangun dengan pikiran segar dan lebih produktif tanpa terganggu dengan rasa kantuk seperti sebelumnya. Namun jangan sampai kebablasan ya.

8. Meditasi sejenak.

ngantuk dan lemas saat puasa © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Melakukan meditasi saat bulan puasa juga bisa membuat tubuh kamu lebih rileks dan segar loh. Ketika kamu didera rasa kantuk saat berpuasa, bisa lakukan meditasi sederhana dengan beberapa latihan pernapasan. Pastinya efek yang akan kamu dapatkan yakni tubuhmu akan terasa lebih segar. Kemudian mendengarkan musik-musik dengan ritme yang membuatmu lebih termotivasi.