Brilio.net - Kegiatan olahraga begitu dibutuhkan manusia untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Ya, dengan olahraga tubuh akan menjadi lebih bugar dan segala organ dapat berfungsi secara maksimal.

Sebab olahraga teratur dan rutin juga dapat kamu rasakan manfaatnya dalam jangka panjang. Nantinya olahraga seperti lari atau latihan aerobik lainnya, terbukti dapat menunda keterbatasan fisik pada orang lanjut usia.

Selain itu biasanya olahraga juga dilakukan oleh banyak orang sebagai cara untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan sehat. Nah, ketika tubuh kita sehat, dapat mendukung untuk melakukan berbagai aktivitas tanpa hambatan. Sayangnya, terkadang di tengah kegiatan sehari-hari yang padat, olahraga menjadi terabaikan. Apalagi bagi pekerja kantoran.

Nah, saat ini banyak aplikasi yang dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan lewat olahraga. Banyak aplikasi smartphone yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kualitas kesehatan kamu. Penasaran apa saja aplikasinya?

Berikut 9 aplikasi Android untuk olahraga yang bisa bantu jaga kesehatan, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (9/1).

Loading...

1. Starva.

9 Aplikasi Android untuk olahraga freepik.com

foto: play.google.com

Aplikasi pertama yang bisa kamu coba adalah Starva. Aplikasi ini dihadirkan untuk mengontrol kegiatan olahraga khususnya untuk lari dan juga bersepeda.

Di dalamnya terdapat fitur-fitur lengkap yang salah satunya dapat menghitung jarak yang telah ditempuh maupun kecepatan saat berlari. Selain itu ada juga ada juga fitur kompentensi yang memungkinkan pengguna untuk bisa melihat waktu lari tercepat dari pengguna lain pada suatu wilayah untuk mengalahkannya. Nah, menarik kan?

2. 30 Day Fitness Challenge.

9 Aplikasi Android untuk olahraga freepik.com

foto: play.google.com

Aplikasi Android untuk olahraga berikutnya yaitu 30 Day Fitness Challenge, yang telah begitu banyak diunduh pengguna. Aplikasi ini lebih cocok digunakan untuk kamu yang gemar olahraga di rumah.

Aplikasi ini dilengkapi dengan variasi jenis latihan yang banyak dengan berbagai level yang bisa kamu pilih. Masing-masing level berdurasi selama 30 hari yang mana tiap beberapa hari sekali akan ada waktu istirahat yang ditentukan oleh aplikasi. Nggak hanya itu, menariknya aplikasi ini juga memberikan laporan olahragamu setiap hari.

3. Sworkit.

9 Aplikasi Android untuk olahraga freepik.com

foto: play.google.com

Sworkit adalah aplikasi dirancang memiliki 160 jenis latihan fisik secara virtual oleh personal trainer profesional. Kamu juga bisa mengikuti latihan sesuai kebutuhanmu, misalnya dengan latihan berdasarkan bagian-bagian tubuh yang ingin kamu bentuk.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur durasi waktu latihan yang bisa disesuaikan dengan jadwal rutinitas kamu. Aplikasi yang bisa diunduh di Android maupun iOS ini tersedia dalam dua versi berbayar dan gratis. Bedanya dalam versi berlangganan kamu dapat memilih lebih banyak lagi jenis latihan.

4. Nike Training Club.

9 Aplikasi Android untuk olahraga freepik.com

foto: play.google.com

Berikutnya yaitu Nike Training Club yang bisa digunakan untuk pengguna yang menggemari olahraga berat dengan intensitas tinggi. Aplikasi ini juga menyediakan program latihan yang disesuaikan sendiri oleh penggunanya.

Kamu juga bisa menyesuaikan jadwal, target, dan kemampuan. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga dilengkapi oleh fitur di mana terdapat saran ahli olahraga untuk memfokuskan latihan rutin dan kemajuan pengguna.

5. Daily Workouts.

9 Aplikasi Android untuk olahraga freepik.com

foto: play.google.com

Bagi kamu yang sedang ingin membantuk tubuh menjadi ideal, aplikasi Daily Workouts ini mungkin bisa membantu melakukan target olahraga setiap harinya. Ya, kamu bisa memulai olahraga 5 menit setiap harinya daripada tidak sama sekali.

Dalam aplikasi ini tersedia lebih dari 95 tutorial video yang bisa kamu coba praktikkan. Dijamin bikin makin semangat untuk berolahraga.

6. Moves.

9 Aplikasi Android untuk olahraga freepik.com

foto: play.google.com

Moves merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai pengingat dan pencatat rekor jarak perjalanan yang kamu buat setiap hari dari berjalan kaki, naik turun tangga, hingga olahraga bersepeda.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur yang dapat menghitung kalori yang kamu bakar dan dimunculkan lewat grafik sederhana. Selain itu rute perjalanan kamu juga bisa kamu rekam dan masukkan dalam peta.

7. Google Fit.

9 Aplikasi Android untuk olahraga freepik.com

foto: play.google.com

Selanjutnya ada aplikasi Google Fit, sesuai namanya aplikasi ini diluncurkan oleh Google. Aplikasi Android untuk olahraga ini memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan untuk menghitung langkah, melihat grafik untuk menunjukkan tingkat kebugaran, dan mengetahui seberapa banyak kalori yang sudah terbakar. Aplikasi ini sangat kompetibel di berbagai perangkat Android dan bisa dimanfaatkan oleh pemula ataupun profesional.

8. 7 Minutes Workouts.

9 Aplikasi Android untuk olahraga freepik.com

foto: play.google.co

Jangan salah, dengan kegiatan olahraga 7 menit setiap hari akan tetap berdampak baik bagi tubuhmu. Ya, seperti namanya aplikasi ini mengajak penggunanya untuk berolahraga minimal 7 menit per hari.

Dengan aplikasi ini kamu bisa melihat laporan detail selama kamu berolahraga. 7 Minutes Workouts ini juga menyediakan latihan olahraga yang bisa mengecilkan perut hingga membentuk perut jadi sixpack.

9. Couch To 5K.

9 Aplikasi Android untuk olahraga freepik.com

foto: play.google.com

Terakhir, ada aplikasi Couch To 5K yang cocok banget digunakan kamu yang doyan olahraga lari tiap hari. Kamu juga bisa merencanakan latihan lari bertahap selama sembilan minggu untuk mempersiapkan kamu dengan jarak lebih panjang, misalnya 5 kilometer.

Kamu juga bisa memilih untuk melakukan rencana olahraga seperti jogging ataupun jalan santai. Menariknya, aplikasi ini juga dilengkapi fitur video pelatih profesional dan juga built-in music player yang bisa dijadikan teman saat lari.