Brilio.net - Saat membeli jagung, pasti kita hanya memanfaatkan bijinya saja. Kulit dan rambut-rambutnya selalu kita buang. Namun kamu perlu tahu, bahwa rambut halus pada jagung memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Dilansir Brilio.net dari Boldsky, Kamis (25/6), rambut jagung yang tumbuh di bawah lapisan kulit jagung ternyata mengandung protein, karbohidrat, kalsium, kalium, magnesium, natrium, garam, minyak atsiri, alkaloid, tanin, saponin, flavonoid, stigmasterol, dan sitosterol.

Kamu bisa mengonsumsi rambut jagung dalam bentuk mentah, dijadikan ekstrak, atau dibuat teh. Berikut enam manfaat rambut jagung yang perlu kamu tahu.

1. Meredakan peradangan.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Rambut jagung © 2020 brilio.net

Peradangan kronis yang diakibatkan penyakit jantung dan diabetes bisa diredakan dengan ekstrak rambut jagung. Ekstrak rambut jagung mengandung magnesium dan mineral penting yang mengatur respons peradangan tubuh.

2. Menurunkan kolesterol.

Rambut jagung © 2020 brilio.net

Kandungan flavonoid dalam rambut jagung telah terbukti menurunkan kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL-C), trigliserida, dan kadar kolesterol total. Kolesterol tinggi telah terbukti meningkatkan risiko aterosklerosis.

3. Mengurangi tekanan darah tinggi.

Rambut jagung © 2020 brilio.net

Rambut jagung bekerja sebagai diuretik yang dapat membantu mengobati tekanan darah tinggi dengan mengeluarkan cairan berlebih dari tubuh. Konsumsi teh rambut jagung dapat secara signifikan mengurangi tekanan darah.

4. Mengontrol kadar gula dalam darah.

Rambut jagung © 2020 brilio.net

Bagi penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi ekstrak rambut jagung. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa rambut jagung secara signifikan mengurangi kadar gula dalam darah yang menunjukkan bahwa rambut jagung memiliki aktivitas anti-diabetes yang kuat.

5. Menurunkan berat badan.

Rambut jagung © 2020 brilio.net

Rambut jagung dapat membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori. Minum teh rambut jagung akan meningkatkan rasa kenyang, meningkatkan metabolisme, serta melancarkan pencernaan.

6. Meningkatkan energi.

Rambut jagung © 2020 brilio.net

Saat bekerja kadang membuang banyak energi. Kandungan flavonoid dalam rambut jagung terbukti mengurangi kelelahan dan meningkatkan energi.

(brl/tin)