Brilio.net - Beberapa waktu yang lalu pemerintah memberi imbauan keras kepada masyarakat untuk selalu memakai masker, terutama saat sedang melakukan aktivitas mendesak di luar rumah.

Hal ini dikarenakan pandemi virus corona di Indonesia semakin ganas dan merenggut nyawa ratusan orang di Tanah Air. Diketahui virus tersebut dapat menular melalui tetesan air pernapasan seperti batuk dan pilek. Pemerintah mengimbau untuk memakai masker sebagai bentuk upaya memutus penyebaran virus corona.

Karena kebutuhan masker yang meningkat saat pandemi virus corona, membuat masker menjadi langka. Hal ini kemudian memunculkan inisiatif bagi sejumlah orang untuk membuat masker sendiri dari bahan kain.

Menurut penelitian, masker kain dapat menangkal virus hingga 70 persen dan sangat membantu mengurangi risiko terinfeksi Covid-19. Namun, masih banyak orang yang hanya memakai masker dengan prosedur asal-asalan. Berikut ini brilio.net melansir dari Times of India, Senin (13/4), empat kesalahan yang sering dilakukan saat memakai masker. Wajib kamu hindari.

1. Posisi pemakaian tidak pas.

Loading...

Pemakaian masker cegah corona berbagai sumber

foto: freepik

Saat kamu menggunakan masker apa pun, medis ataupun kain, pastikan masker tersebut dalam posisi yang pas yaitu menutupi area hidung dan dan mulut. Jika masker hanya menutupi area mulut, dapat memungkinkan kuman dan virus masuk melalui lubang hidung yang tidak tertutup oleh masker.

Masker yang tidak digunakan dengan posisi yang pas, tidak dapat bekerja secara signifikan dalam menghentikan transmisi virus. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan masker terpasang dengan pas pada hidung dan mulut.

2. Melepas masker terlalu cepat.

Pemakaian masker cegah corona © 2020 brilio.net

foto: freepik

Menggunakan dan melepas masker di waktu yang tidak tepat merupakan kesalahan yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Pastikan tangan bersih dan sudah steril, sehingga tidak dapat menyebarkan kuman ke area masker yang kemudian memakainya sebelum ke luar rumah.

Ketika kembali ke dalam rumah, bersihkan tangan terlebih dahulu sebelum melepas masker. Dan pastikan melepas masker melalui tali di sisi kanan dan kiri, jangan dari permukaan depan masker.

Jika kamu menggunakan masker kain, maka segeralah cuci masker dengan air panas atau beri cairan disinfektan agar kuman yang menempel pada masker hilang.

3. Menyentuh bagian luar masker.

Pemakaian masker cegah corona © 2020 brilio.net

foto: freepik

Jangan menyentuh bagian luar masker, karena bagian luar masker dapat menjadi tempat yang mudah terkontaminasi dan dapat menyebarkan kuman ke permukaan lain.

4. Melepas masker ketika berbicara dengan orang lain.

Pemakaian masker cegah corona © 2020 brilio.net

foto: freepik

Ketika menggunakan masker, kita sering merasa sulit untuk berbicara. Namun hal tersebut bukan berarti harus melepas masker saat berbicara dengan orang lain, karena virus dapat menyebar melalui tetesan pernapasan, terutama virus yang saat ini sedang merajalela yaitu virus corona.

Oleh karena itu, kita harus tetap menggunakan masker walaupun sedang berbicara dengan orang lain karena memakai masker merupakan upaya menurunkan risiko penyebaran virus corona.