Brilio.net - Pemerintah baru-baru ini mengimbau masyarakat agar selalu menggunakan masker saat beraktivitas. Cukup mengenakan masker kain bagi mereka yang sehat. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk menahan laju penyebaran virus corona (Covid-19) yang kian mengkhawatirkan.

Imbauan ini pun diamini lewat gerakan #Mask4Indonesia. Gerakan yang diinisiasi Bhinneka.Com ini terfokus pada penyediaan masker kain yang juga efektif untuk mencegah transmisi cairan dari mulut, selama mematuhi standar physical distancing.

“Dalam situasi pandemi Covid-19 ini, akses untuk alat kesehatan sangat sulit, salah satunya adalah masker. Bila ada pun, harganya sudah tidak terjangkau bagi sebagian besar masyarakat. Berangkat dari masalah tersebut, Bhinneka.Com berinisiatif mengadakan gerakan #Mask4Indonesia demi menyediakan masker kain untuk masyarakat. Dengan demikian, masker medis pun bisa difokuskan untuk kebutuhan para tenaga kesehatan dan pasien,” ujar Founder & CEO Bhinneka.Com, Hendrik Tio.

Gerakan Masker © 2020 brilio.net

Sejak digulirkan pada akhir Maret lalu, tahap pertama gerakan #Mask4Indonesia menyediakan 10.000 masker. Demi menjamin penyebaran masker kain ke masyarakat luas, satu konsumen hanya bisa melakukan satu kali pembelian untuk mendapatkan dua helai masker.

Nah lewat gerakan ini pembeli bisa mendapatkan dua buah masker kain seharga Rp 1.000, satu untuk diri sendiri dan satu untuk orang di sekitarnya. Dari langkah kecil ini, diharapkan dapat berkontribusi atas tiga hal.

1. Membantu menjaga ketersediaan masker medis

Gerakan Masker © 2020 brilio.net healthleadersmedia.com

Badan kesehatan dunia di PBB atau World Health Organization (WHO) mengumumkan minimnya stok masker medis di seluruh penjuru dunia untuk mencegah penularan virus corona. Faktanya, harga masker di pasaran telah melonjak tajam hingga 20 kali lebih tinggi dari harga normal. Kekurangan persediaan masker ini menjadi masalah besar, mengingat pentingnya peran masker dalam mengurangi penyebaran virus mematikan ini. 

Karena itu gerakan ini diharapkan bisa membantu pemerintah menjaga ketersediaan masker medis bagi tenaga kesehatan dan orang-orang yang sakit.

2. Mengedukasi masyarakat pentingnya mengenakan masker

Gerakan Masker © 2020 brilio.net focustaiwan.tw

Ketika terpaksa harus berkegiatan di luar rumah, cukup gunakan masker kain yang sesuai standar kesehatan dan bisa dicuci untuk penggunaan berulang kali. Gerakan ini juga turut mendorong anggota masyarakat untuk bisa membuat masker secara mandiri sesuai kemampuan, ditandai dengan adanya tutorial di situs Bhinneka.Com.

3. Membantu UMKM yang terpaksa banting setir

Gerakan Masker © 2020 brilio.net Elias Marcou/Reuters/TheGuardian.com

Pandemi virus corona berdampak besar dan lebih kompleks daripada krisis ekonomi global yang terjadi 2008 silam. Penyebaran virus corona mengharuskan setiap orang untuk berdiam di rumah, hingga ekonomi pun harus turut berhenti. Sektor UMKM yang menjadi penyangga perekonomian saat krisis ekonomi global pun saat ini sedang menghadapi masa sulitnya.

Adanya gerakan ini dapat menjadi solusi bagi UMKM yang harus banting setir mencari sumber pendapatan baru, yaitu dengan membuat, dan bahkan menjual masker kain berdasarkan standar kesehatan.

“Tugas terbesar e-commerce adalah mendorong UMKM untuk terus bertahan. Bhinneka.Com dengan gerakan #Mask4Indonesia ingin membantu para pelaku UMKM, dengan menyerap dan menyebarkan masker kain ke seluruh Indonesia,” lanjut Hendrik.

Saat ini, tengah dipersiapkan pasokan masker kain untuk tahap berikutnya. Seraya terus menggalakkan semangat membuat masker kain secara mandiri. Diharapkan inisiasi #Mask4Indonesia ini akan bergulir dari tingkat RT hingga nasional, sehingga tercapai setidaknya satu masker kain, untuk satu orang di seluruh Indonesia.