Brilio.net - Pandemi virus corona yang saat ini tengah melanda berbagai negara di dunia menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat. Kini masyarakat pun mulai waspada dengan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Nggak heran jika banyak orang berlomba-lomba membeli perlengkapan atau peralatan untuk melindungi diri mereka dari virus Corona. Mulai dari membeli berbagai produk seperti hand sanitizer, cairan desinfektan hingga masker untuk menutupi hidung dan mulut.

Masalahnya produk-produk tersebut kini harganya melambung dan mulai jarang lagi ditemukan. Meningkatnya kebutuhan ini ternyata tidak sebanding dengan jumlah yang tersedia, salah satunya masker.

Sebab kini para medis, seperti perawat dan juga dokter yang tengah menangani pasien Corona, sangat membutuhkan masker. Namun masalahnya masyarakat umum juga tak mau ketinggalan untuk membeli masker ini. Akibatnya kini masker untuk medis menjadi barang yang begitu langka.

Sebenarnya di saat seperti ini, kita harus lebih bijak. Dahulukan masker standarisasi medis untuk para dokter dan petugas di garda terdepan. Sebab, mereka merupakan orang-orang yang memiliki risiko rentan terpapar virus corona.

Loading...

Nah, bagi masyarakat umum yang sehat sebaiknya dapat menggunakan masker yang terbuat dari kain, yang bisa kamu buat di rumah sendiri. Namun sebelumnya kamu juga perlu mengetahui jenis masker yang ada.

Jenis masker

Ada dua jenis masker wajah yang dapat membantu kamu mengurangi kemungkinan terpapar virus Corona. Pertama yaitu N95, yang biasanya khusus digunakan oleh tenaga medis dan juga masker wajah untuk bedah, yang memiliki tampilan longgar dan tipis.

Nah, untuk masker bedah tidak cocok digunakan di rumah sakit dalam kondisi seperti pandemi saat ini. Karena masker ini memungkinkan dapat meresap tetesan atau cairan ke bagian-bagian masker. Tetapi masker ini dapat digunakan untuk kegiatan umum seperti ke luar rumah.

Dilansir brilio.net dari SmartAirFilters.com, Rabu (1/4) sebuah studi tentang masker homemade atau buatan dari bahan katun, merupakan bahan terbaik yang bisa digunakan untuk masker wajah. Sebab bahan ini memiliki kemampuan untuk menangkap partikel dibandingkan dengan masker bedah.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga mengingatkan selain menggunakan masker, pencegahan virus corona akan efektif dengan rajin mencuci tangan dengan benar. Dan sebaiknya sebisa mungkin mengurangi aktivitas di luar rumah kecuali benar-benar diperlukan. Namun jika terpaksanya harus keluar, kamu dapat menggunakan masker kain.

Di saat kondisi saat ini banyak orang memproduksi atau membuat masker sendiri. Kamu pun juga dapat membuat masker kain ini sendiri di rumah tanpa harus ribet-ribet membelinya.

Berikut 4 tutorial membuat masker kain sendiri tanpa menjahit, gampang dan simpel seperti brilio.net himpun dari huffpost.com, Rabu (1/4).

Tutorial membuat masker kain sendiri tanpa menjahit.

1. Masker dari kain katun dan lem tembak

Alat yang dibutuhkan:

1. Kain katun (bisa menggunakan kain yang tidak digunakan)

2. Karet gelang

3. Lem kain/lem tembak

4. Setrika

Cara membuat:

1. Gunakan pola dari masker medis yang kamu miliki.

2. Lipat sesuai pola dari masker medis yang ada.

3. Setrika lipatan kain tersebut, sehingga berbentuk panjang.

4. Kemudian masukkan karet gelang di ujung-ujung sisi kain.

5. Ukur panjang kain sesuai dengan masker pada umumnya atau menyesuaikan.

6. Lipat ujung kain yang telah disematkan dengan karet gelang. Lalu lem dengan menggunakan lem tembak. Lakukan pada di sisi lainnya.

7. Setelah selesai kamu dapat membuka lipatan masker tersebut. Masker siap digunakan.

-2. Masker dari kain katun dan staples.

Alat yang dibutuhkan:

1. Kain katun

2. Karet gelang

3. Staples

Cara membuat:

1. Kain katun, ukur sesuai kebutuhan.

2. Lipat sesuai pola masker pada umumnya.

3. Sematkan karet gelang ke ujung kain, simpulkan dan kencangkan sisi dengan menggunakan staples. Masker siap digunakan.

-3. Masker kain filter dan syal

 

Alat yang digunakan:

1. Kain syal

2. kain filter

3. Karet gelang (karet gelang masker bekas)

Cara membuat:

1. Potong kain filter sesuai ukuran masker untuk dimasukkan ke kain syal.

2. Setelah itu bentangkan kain syal, lalu letakkan kain filter ke dalamnya.

3. Lipat menjadi tiga lipatan, lalu sematkan karet gelang ke tiap sisi ujung syal.

4. Satukan sisa ujung kain syal, syal siap digunakan.

-4. Masker dari kaos bekas

 

Alat yang dibutuhkan:

1. Kaos bekas

2. Penggaris

3. Gunting

Cara membuat:

1. Potong kaos dan hilangkan bagian kaos dari dada ke atas

2. Kemudian satukan sisi bawah dan atas kain itu.

3. Gunting bagian sisinya beberapa tempat, lalu tiap sisi yang digunting simpulkan atau ikat satu sama lain

4. Gunting baju bagian ujung lengan yang tidak terpakai tadi untuk digunakan sebagai tali untuk telinga.

5. Masukkan tali tersebut ke tiap ujung tali yang telah diikat. Masker siap digunakan.

Setelah masker jadi, jangan lupa untuk dicuci terlebih dahulu dengan air panas dan detergen, bilas hingga bersih, dan keringkan. Jika sudah, setrika untuk mematikan kuman pada permukaan masker, dan masker siap digunakan.