Brilio.net - Daun salam tentunya sudah cukup familiar bagi sebagian besar orang. Tanaman bernama latin Syzygium polyanthum ini merupakan salah satu penyedap masakan yang sering digunakan pada masakan Indonesia. Biasanya daun salam ikut jadi bumbu dalam masakan yang memiliki banyak rempah.

Daun salam sering digunakan untuk tambahan penyedap masakan. Nggak heran kalau kamu sering menjumpai daun salam matang ikut tersaji di piring makan.

Daun salam ternyata nggak sekadar bumbu masakan. Daun salam juga punya manfaat bagi kesehatan. Daun salam mengandung zat antibakteri, antiperadangan, dan diuretik. Daun salam dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati beberapa jenis penyakit.

Ingin tahu apa saja manfaat daun salam bagi kesehatan tubuh? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (3/12).

Loading...
2 dari 4 halaman


1. Sebagai obat cacing.

foto: healinghaven.co.nz

Cacingan kerap dialami oleh anak-anak. Kamu bisa memanfaatkan daun salam untuk mengatasi hal tersebut. Pasalnya kandungan metanol yang terdapat pada daun salam sangat berkhasiat dalam membasmi cacing.

2. Mengatasi masalah pencernaan.

foto: fitforwork.org

Daun salam memiliki khasiat yang cukup baik untuk mengatasi masalah pencernaan dan mual. Jika kamu mengalami masalah itu, kamu bisa mengombinasikan daun salam, lemon, dan gula. Kemudian rebus dan minum airnya.

3. Sebagai obat jamur.

foto: familyhealthdiary.co.nz

Manfaat lain dari daun salam adalah sebagai obat antijamur. Pasalnya daun salam mengandung etanol yang dikenal sangat ampuh sebagai antibakteri dan antijamur.

4. Mengatasi migrain.

foto: energyperformancelighting.com

Daun salam mengandung partenolida yang mampu bekerja secara maksimal dalam mengatasi migrain. Caranya, rebus beberapa lembar daun salam lalu minumlah air rebusan tersebut secara teratur.

5. Mengobati asam urat.

foto: indiatimes.com

Daun salam juga bisa menjadi obat paling ampuh mengatasi asam urat. Caranya, Rebus 25 lembar daun salam dengan 500 ml air sampai airnya menyusut hingga separuh. Minum ramuan ini selagi hangat 2 kali dalam sehari.

3 dari 4 halaman


6. Mengatasi batuk.

foto: medicalnewstoday.com

Batuk merupakan penyakit yang kerap dialami oleh kebanyakan orang. Batuk juga termasuk penyakit yang cukup lama sembuhnya. Jika kamu sedang batuk dan belum kunjung sembuh, daun salam bisa jadi solusinya.

Rebuslah 2 lembar daun salam dengan segelas air. Setelah didinginkan selama 10 menit, kamu hanya perlu merendam kain bersih pada ramuan tersebut dan kemudian diusapkan kain ini pada dada. Lakukan secara rutin sampai batu benar-benar sembuh.

7. Mengontrol diabetes.

foto: healthline.com

Bagi penderita diabetes, ada baiknya untuk rutin mengonsumsi daun salam. Kandungan oksidan pada daun salam dapat membantu proses produksi insulin pada tubuh dengan baik. konsumsi secara rutin maka penyakit tersebut akan sembuh.

8. Membantu mencegah kanker.

foto: blog.portea.com

Kanker merupakan panyakit yang cukup ditakuti oleh siapapun. Pasalnya tak sedikit penderitanya harus kehilangan nyawa ketika berhadapan dengan kanker. Untuk mengatasi agar kanker tidak mengidap di tubuh, kamu bisa mengonsumsi daun salam.

Kombinasi unik antioksidan dan senyawa organik pada daun salam, termasuk fitonutrien, katekin, linalool, dan parthenolide dapat membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas.

9. Mengobati batu ginjal.

foto: newsroom.clevelandclinic.org

Daun salam dipercaya dapat mencegah munculnya batu ginjal. Ekstrak daun salam ini mampu mengurangi urease dalam tubuh. Urease adalah enzim yang jika berlebihan dapat menyebabkan beberapa gangguan.

10. Mengurangi nyeri.

foto: cfaortho.com

Minyak yang dihasilkan daun salam dapat membantu mengurangi nyeri yang disebabkan keseleo, ketegangan otot, arthritis, rematik, dan lainnya. Daun salam memiliki kandungan antiradang yang cocok mengurangi nyeri.

4 dari 4 halaman


11. Mempercepat penyembuhan luka.

foto: elgalabwater.com

Sifat antibakteri yang terkandung dalam daun salam dapat membantu mengobati luka dan bekas luka. Caranya, tumbuk daun salam dan oleskan pada luka atau bekas luka tersebut.

12. Mengatasi masalah menstruasi.

foto: womenshealth.gov

Jika kamu mengalami menstruasi tidak teratur maka rebusan daun salam bisa jadi obat. Daun salam juga memiliki sifat menyembuhkan keputihan. Untuk mendapatkan khasiat dari daun salam, konsumsilah air rebusan daun salam atau teh daun salam.

13. Menyehatkan jantung.

foto: ncrfrontlinenews.com

Manfaat daun salam lainnya adalah menyehatkan jantung. Hal ini dikarenakan daun salam mengandung senyawa rutin dan asam caffeic. Kedua senyawa tersebut  dapat menguatkan dinding jantung dan menurunkan kadar kolesterol.

Seperti yang diketahui, kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak dan berisiko menyebabkan serangan jantung atau stroke.

14. Perawaran untuk mimisan.

foto: verywellhealth.com

Mimisan bisa dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Jika hal ini terjadi, maka cepat lakukan beberapa langkah awal. Setelah mimisan reda, maka sangat disarankan minum teh dari daun salam kering yang sudah digerus.

15. Meredakan stres.

foto: harishsaras.com

Stres bisa disebabkan oleh berbagai hal. Untuk mengatasi itu, kamu bisa memanfaatkan daun salam. Daun salam mengandung linalool yang berguna untuk menurunkan kinerja hormon stres. Saat merasa panik, gelisah, atau lelah, hirup aroma teh daun salam kering untuk aromaterapi.