Brilio.net - Lidah buaya atau aloe vera dikenal sebagai tanaman yang sering digunakan untuk merawat kesehatan rambut. Tanaman ini dapat dimanfaatkan secara langsung dan banyak juga dijual sudah diolah jadi bentuk gel, krim, atau salep.

Nggak hanya bagus untuk rambut, lidah buaya juga dapat digunakan untuk berbagai masalah kesehatan. Bahkan, tanaman ini juga dapat menjadi alternatif perawatan kulit, badan, dan juga wajah.

Lidah buaya atau yang sering disebut aloe vera, merupakan sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka dan juga perawatan kulit. Tak hanya di Indonesia, tanaman ini juga mudah ditemukan di daerah Afrika.

Berdasarkan hasil penelitian, lidah buaya memiliki kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan juga komponen lain yang baik untuk kesehatan. Selain itu lidah buaya juga berkhasiat sebagai antiinflamasi, antijamur, antibakteri, dan juga dapat membantu proses regenerasi sel.

Dilansir dari webmd.com, lidah buaya juga dikonsumsi untuk mengobati penyakit seperti radang usus, diabetes, hepatitis dan banyak lagi lainnya. Uniknya lagi, aloe vera juga mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D. Lidah buaya baik bagi kulit, karena dalam penggunaannya untuk perawatan kulit, aloe vera dapat menghilangkan jerawat, melembabkan kulit hingga detoksifikasi kulit.

Nah, penasaran kan apa saja manfaat lidah buaya? Berikut 30 manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (2/7).

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan.

lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

1. Menyehatkan organ hati.

Dilansir dari healthline, dalam hal detoksifikasi tubuh, membutuhkan fungsi organ hati yang sehat jadi bisa bekerja dengan baik. Untuk menjaga kesehatan kunci utama detoksifikasi ini, merawatnya dengan mengonsumsi jus lidah buaya adalah cara terbaik. Jus lidah buaya sangat ideal untuk hati karena melembabkan dan kaya fitonutrien.

2. Melancarkan pencernaan.

Banyak orang kerap mengalami berbagai masalah pencernaan, sembelit atau susah buang air besar, misalnya. Salah satu cara untuk mengatasi masalah sembelit adalah dengan memanfaatkan obat herbal lidah buaya. Lidah buaya mengandung beberapa enzim yang dikenal untuk membantu pemecahan gula dan lemak serta menjaga pencernaan tetap lancar.

Minum jus lidah buaya membantu meningkatkan kandungan air di usus. Lidah buaya dapat membantu meningkatkan kadar air usus dan stimulasi gerak peristaltik, sehingga membantu buang air besar secara normal. Lidah buaya juga membantu menormalkan bakteri sehat di usus serta secara alami menjaga keseimbangan flora usus tetap stabil. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsi jus lidah buaya secara rutin.

3. Penambah nutrisi.

Gel lidah buaya yang diolah jadi jus dapat memberikan nutrisi baik jika rutin dikonsumsi. Karena lidah buaya mengandung vitamin dan mineral penting seperti vitamin B, C, E, dan asam folat. Lidah buaya juga mengandung sejumlah kecil kalsium, tembaga, kromium, sodium, selenium, magnesium, kalium, mangan, seng, dan vitamin B-12.

4. Menghidrasi tubuh.

Hidrasi adalah proses di mana molekul air tersusun mengelilingi ion di dalam tubuh. Membuat tubuh tetap menjaga hidrasi bisa dilakukan dengan mengonsumsi jus lidah buaya. Karena tanaman lidah buaya sangat padat air, jadi ideal untuk mencegah atau mengatasi dehidrasi.

Apabila tubuh tetap terhidrasi, maka lebih membantu detoksifikasi lebih baik. Tubuh jadi semakin mudah membersihkan diri serta membuang kotoran. Jus lidah buaya juga mengandung banyak nutrisi yang mengoptimalkan produksi organ tubuh.

Tubuh tetap hidrasi sangat penting karena ginjal dan hati perlu menjalani tanggung jawab detoksifikasi darah dan memproduksi urin. Untuk alasan ini, kamu perlu menjaganya tetap sehat. Tubuh membutuhkan lebih banyak cairan untuk membilas dan membersihkan diri dari penumpukan asam laktat.

5. Meredakan mulas.

Minum jus lidah buaya bisa membantu melegakan dan meringankan rasa saat sakit maag menyerang. Senyawa yang ada dalam jus lidah buaya membantu mengontrol sekresi asam di perut. Efeknya bahkan telah terbukti dapat memerangi tukak lambung dan mencegahnya menjadi lebih besar.

6. Dapat mengobati sariawan.

Banyak orang sering atau pernah mengalami sariawan selama hidup. Sariawan biasanya terbentuk di bawah bibir, di dalam mulut, dan bisa berlangsung selama sekitar satu minggu. Salah satu cara mengobati sariawan dengan mudah adalah dengan pengobatan lidah buaya.

7. Mengobati luka bakar.

Mengalami luka bakar tentu rasanya akan menyakitkan dan ketika sembuh akan meninggalkan bekas. Untuk mengobati luka bakar, kamu bisa memanfaatkan gel lidah buaya. Caranya cukup mudah, peras lidah buaya secara perlahan hingga cairan bertekstur kental lepas dari kulit buaya. Lalu gunakan gunting tajam untuk memotong daun lidah buaya.

Belah menjadi dua bagian, kemudian tempelkan kulit lidah buaya dan sisa dagingnya pada kulit yang terbakar. Rasa perih dapat muncul selama melakukan proses ini. Tahan sebentar dan biarkan luka bakar menyerap nutrisi yang dikeluarkan lidah buaya. Gel lidah buaya memiliki kandungan khusus untuk menghidrasi kulit. Hal ini berarti kamu akan mendapatkan tekstur dan elastisitas kulit membaik ketika merawat menggunakan lidah buaya secara rutin.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Lidah buaya adalah mampu membantu penyerapan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Tak tanggung-tanggung, lidah buaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh lho. Untuk merasakan manfaatnya kamu bisa mengkonsumsi lidah buaya dalam bentuk jus. Kalau kamu ingin cara yang lebih mudah, kamu bisa menikmati dalam bentuk es lidah buaya.

Caranya cukup potong daging lidah buaya menjadi bentuk dadu, siapkan gelas atau cangkir yang sudah dituang sirup sesuai selera, dan masukkan daging lidah buaya. Agar semakin nikmat, kamu bisa menambahkan agar-agar, es batu, dan perasan lemon.

9. Meningkatkan kesehatan mulut.

Fungsi lidah buaya yang ketiga untuk membantu meningkatkan kesehatan mulut. Pasta gigi dan obat kumur berbahan lidah buaya adalah pilihan alami untuk meningkatkan kebersihan mulut dan mengurangi plak. Hasil studi oleh Department of Public Health Dentistry India menemukan bahwa orang yang menggunakan pasta gigi lidah buaya menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kesehatan mulut mereka.

Penelitian ini melibatkan 40 remaja yang dibagi menjadi dua kelompok. Setiap kelompok menggunakan pasta gigi lidah buaya atau pasta gigi tradisional yang mengandung triclosan dua kali sehari.

Setelah 30 hari, pasta gigi lidah buaya ternyata lebih efektif dibandingkan pasta gigi triclosan dalam menurunkan kadar kandida, plak, dan radang gusi. Orang yang menggunakan pasta gigi lidah buaya menunjukkan kesehatan mulut yang lebih baik secara keseluruhan tanpa mengalami efek samping.

10. Meredakan fisura anus.

Fungsi lidah buaya yang kelima untuk membantu meredakan fisura anus. Fisura anus adalah robekan atau luka kecil yang terdapat di jaringan mukosa pada anus. Mengoleskan krim lidah buaya ke area yang terkena beberapa kali sepanjang hari dapat membantu mempercepat penyembuhannya.

Sebuah studi oleh Mazandaran University of Medical Sciences Iran menemukan bahwa menggunakan krim yang mengandung bubuk jus lidah buaya tiga kali sehari selama enam minggu efektif dalam mengobati fisura anus kronis. Perbaikan ditunjukkan pada nyeri, pendarahan saat pembelotan, dan penyembuhan luka. Meskipun penelitian ini menjanjikan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memperluas penelitian ini.

11. Menyembuhkan ruam dan iritasi kulit.

Jika kamu mengalami kondisi kulit yang ditandai iritasi, bengkak atau gelembung kulit yang diketahui dengan adanya warna kemerahan, bisa jadi kamu mengalami ruam kulit. Biasanya hal ini akan diikuti dengan rasa gatal, bersisik, kulit yang mengeras atau benjolan melepuh pada kulit.

Untuk menangani permasalahan ini di rumah, kamu bisa memanfaatkan lidah buaya. Bahkan ada banyak penelitian dengan pemberian lidah buaya tropikal dalam kulit dan penyembuhan luka, antara lain pengobatan psoriasis, dermatitis, mucositis oral, dan luka bedah. Ekstrak lidah buaya dilaporkan bisa memberikan bantuan cepat untuk mengurangi rasa gatal dan terbakar pada permasalahan kulit.

12. Membasmi plak gigi.

Plak gigi merupakan massa bakteri yang tumbuh pada permukaan di dalam mulut. Pada awalnya plak gigi tidak lengket, namun ketika membentuk tartar sering ditemukan warna kecokelatan atau kuning pucat. Plak gigi dapat ditemukan di sela-sela gigi, di depan gigi, di belakang gigi atau bisa juga di permukaan mengunyah. Jangan biarkan plak gigi bersarang, karena semakin lama dapat menimbulkan kerusakan pada gigi.

Lidah buaya dapat menjadi solusi alami untuk mengurangi plak gigi. Tanaman ini dapat digunakan sebagai obat kumur untuk mengurangi dan membasmi plak gigi. Efeknya hampir sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba.

13. Membantu proses detoksifikasi.

Setelah lelah beraktivitas seharian, tubuh memerlukan waktu untuk mengeluarkan semua racun. Proses pengeluaran inilah yang disebut detoksifikasi. Proses ini dapat dilakukan dengan bantuan berbagai bahan sehat, salah satunya adalah lidah buaya. Mengonsumsi lidah biaya, dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh menjadi lebih cepat, hal ini karena kandungan yang dimiliki oleh lidah buaya.

14. Sebagai antioksidan dan mengurangi peradangan.

Aloe vera mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah banyak. Hal ini mampu mengurangi peradangan dan melawan kerusakan radikal bebas. Salah satu kandungan dalam aloe vera adalah vitamin A, yang menjadi antioksidan dan juga membantu mengurangi peradangan. Selain itu juga ada vitamin C, yang merupakan komponen penting dalam lidah buaya dan mampu melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular, masalah kesehatan mata, bahkan kerutan pada kulit.

15. Sumber asam amino.

Asam amino sering dikaitkan dengan protein. Dalam bentuk sederhana dari protein, bentuk asam amino yang nanti bisa diserap oleh tubuh dan menjalankan fungsi dengan baik. Asam amino memiliki peran penting dalam tubuh, di antaranya membantu memperbaiki jaringan tubuh, menjaga keseimbangan tubuh, membentuk hormon, dan membentuk sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi jus lidah buaya mengandung 7 dari 8 asam amino yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh secara mandiri.

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan.

lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

16. Menghilangkan bekas jerawat.

Permasalahan jerawat seringkali dikeluhkan para wanita, namun setelah selesai masih ada permasalahan bekas jerawat yang dapat mengganggu penampilan. Namun kamu bisa mengatasi hal ini dengan menggunakan lidah buaya.

Cukup siapkan satu sendok makan gel lidah buaya dan setengah sendok teh jus lemon. Selanjutnya, campur lidah buaya dan lemon ke dalam mangkuk hingga merata. Oleskan sebagai masker alami pada wajah. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

17. Mengecilkan pori-pori.

Memanfaatkan lidah buaya untuk kecantikan dapat memiliki efek baik yang sangat banyak. Tak hanya mengatasi permasalahan jerawat, namun juga mengecilkan pori-pori.

Di samping itu kamu juga akan merasakan kesegaran pada kulit serta mencerahkan kulit wajah. Caranya ambil gel lidah buaya yang ada di bagian tengah, oleskan secara merata pada kulit wajah, diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air bersih.

18. Melembapkan kulit kepala dan rambut.

Aloe vera memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi dan membuat rambut kuat dan juga sehat. Karena memiliki sifat antibakteri dan juga antijamur, lidah buaya juga dapat mengatasi ketombe. Sementara itu, aloe vera juga memiliki enzim gel, yang mampu membersihkan kulit kepala dan mempercepat regenerasi jaringan kulit di area folikel rambut. Bahkan, aloe vera juga dapat membantu mengurangi rasa gatal yang berkaitan dengan hal tersebut ataupun ketombe.

19. Mengurangi rambut rontok.

Lidah buaya memiliki banyak bahan aktif dan mineral yang dapat membantu memperkuat rambut. Lidah buaya mengandung asam lemak dan asam amino serta kaya akan vitamin A, B12, C, dan E, kandungan ini berperan dalam folikel rambut yang sehat.

20. Meningkatkan pertumbuhan rambut.

Para peneliti percaya bahwa aloenin, senyawa kimia pada lidah buaya adalah faktor utama dalam mendorong pertumbuhan rambut. Penelitian yang dilakukan pada orang yang mengalami masalah rambut rontok, lidah buaya mampu meningkatkan kesehatan rambut dan mengurangi kerusakan yang berkontribusi pada pertumbuhan rambut.

21. Memperbaiki rambut bercabang.

Rambut bercabang memang sangat menyebalkan. Untuk itu kamu bisa menggunakan lidah buaya karena kandungan enzim proteolitik pada lidah buaya dapat mengangkat sel-sel mati di kulit kepala, sehingga mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

22. Menghilangkan gatal di kulit kepala.

Dermatitis seboroik adalah kondisi kulit inflamasi umum yang mempengaruhi kulit kepala. Kondisi ini menyebabkan ketombe, kulit merah, dan bersisik. Dilansir dari webmd.com, para peneliti telah menemukan bahwa lidah buaya dapat secara signifikan mengurangi rasa gatal di kulit kepala.

23. Sebagai pembersih wajah.

Selain untuk rambut, lidah buaya juga dapat bermanfaat untuk wajah, yakni bisa digunakan sebagai pembersih wajah. Caranya cukup mudah, yaitu oleskan sedikit gel lidah buaya pada wajah. Lakukan pijatan lembut dengan gerakan melingkar. Setelah beberapa menit, bilas dengan air dingin hingga bersih.

24. Menghidrasi kulit.

Kulit cenderung menjadi sangat kering dan kasar karena kehilangan air secara terus menerus, dan keringat yang sangat banyak. Menggunakan pelembap lidah buaya dan gel atau krim hidrasi dapat membantu melembapkan kulit dan membuatnya bersinar.

25. Menenangkan kulit.

Lidah buaya juga dikenal menawarkan bantuan instan untuk ruam kulit, gatal dan luka bakar. Faktor pendinginan lidah buaya menjadikannya bahan yang sangat menenangkan. Oleskan dalam jumlah banyak pada area yang terkena, dan biarkan semalaman untuk hasil terbaik.

26. Dapat dijadikan toner wajah.

Manfaat lidah buaya untuk wajah berikutnya bisa digunakan sebagai toner. Campurkan air dan gel lidah buaya dengan perbandingan 2 : 1. Tuangkan ke dalam botol bersih, lalu tutup botol dengan rapat.

Simpan dalam lemari es, agar toner lebih dingin dan segar saat digunakan. Jangan lupa untuk mengocok toner lidah buaya terlebih dahulu sebelum menyemprotkan atau mengoleskan pada wajah.

27. Dapat mengurangi berat badan.

Berat badan berlebih sering kali membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Jus lidah buaya dapat membantu proses detoksifikasi, maka secara langsung juha akan membuat proses metabolisme dalam tubuh meningkat, sehingga tidak akan ada timbunan lemak dalam tubuh serta pencernaan akan terjaga kesehatannya.

28. Mencegah penuaan dini.

Penuaan dini ditandai dengan munculnya kerut halus pada wajah. Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa menggunakan lidah buaya sebagai solusi. Lidah buaya dapat mempercepat produksi kolagen sehingga akan membuat kulitmu lebih kencang alias anti kerutan di wajah.

29. Mengurangi tampilan stretch mark.

Lidah buaya dapat mengurangi tampilan stretch mark dikarenakan memiliki kandungan kolagen sintetis yang mana produksi kolagen sangat penting untuk penyembuhan bekas luka. Hal ini dikarenakan gel lidah buaya mengandung 96% air, vitamin A, B, C dan E, asam salisilat, polisakarida yang merangsang pertumbuhan sel baru dan banyak enzim, mineral dan asam amino.

30. Mengatasi rambut lepek.

Lidah buaya memiliki enzim yang dapat menghilangkan minyak ekstra (sebum) pada rambut. Sehingga terlihat lebih indah serta tidak mudah lepek dan kusut.

(brl/guf)

(brl/guf)