Asam urat merupakan kondisi yang menyebabkan gejala nyeri, memunculkan pembengkakan serta rasa panas pada area persendian. Area sendi yang kerap kali terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Dan biasanya asam urat lebih mudah menyerang laki-laki yang usianya di atas 30 tahun.

Kadar asam urat yang normal pada pria dan perempuan berbeda. Pada perempuan, kadar asam urat yang normal adalah 2,5–7,5 mg/dL. Sementara pada pria, kadar asam urat yang normal adalah 4,0–8,5 mg/dL. Kadar asam urat yang terlalu tinggi juga bisa menjadi indikasi bahwa ginjal tidak bekerja secara maksimal dalam menyaring asam urat.

Asam urat disebabkan juga dari konsumsi zat purin yang berlebihan, senyawa alami yang ada di tubuh dan didapat dari aneka makanan dan minuman yang dikonsumsi. Perlu adanya kewaspadaan ketika nyeri datang setelah mengonsumsi makanan dan minumannya.

Lalu apa saja penyebab asam urat dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini ulasannya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (8/12).

Penyebab asam urat

Penyebab asam urat beserta gejala  © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

1. Makanan tinggi purin.

Pola makan hidup sehat sangat dibutuhkan, baik itu kaum muda maupun yang sudah berusia lanjut. Sebab salah satu penyebab asam urat adalah terlalu banyak mengonsumsi asupan makanan yang mengandung purin tinggi. Mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi akan memiliki kadar asam urat yang tinggi pula.

Adapun makanan yang dimaksud adalah makanan laut seperti kepiting, kerang udang, dan cumi. Ada juga daging merah, jeroan seperti usus, hati ampela, paru, serta ikan bercangkang, makanan olahan dan tahu tempe. Nggak hanya itu saja tapi ada juga sayuran yang tinggi purin seperti kangkung, bayam dan jamur.

2. Minuman tinggi purin.

Selain makanan kamu juga harus memperhatikan jenis minuman yang kamu konsumsi, agar asam urat tidak kambuh. Sebab kebiasaan meminum minuman manis, bersoda mengandung gula tambahan yang bisa memicu kadar purin lebih banyak. Selain itu orang yang mengonsumsi alkohol kemungkinan berisiko terkena asam urat, sehingga purin semakin banyak dan mengakibatkan ginjal harus bekerja lebih ekstra.

3. Obat-obatan.

Nggak dapat dimungkiri dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan asam urat. Hal ini biasanya muncul dari obat diuretik, yang berfungsi untuk membuang kelebihan cairan dari dalam tubuh.

Obat jenis ini biasanya dikonsumsi mereka yang menjalani penyembuhan cedera atau operasi, serta kondisi medis tertentu juga bisa menjadi penyebab asam urat. Ada juga obat aspirin yang biasanya digunakan untuk pereda nyeri, dapat meningkatkan kadar asam urat.

4. Riwayat keluarga.

Ternyata menurut penelitian, keturunan atau faktor genetik dapat menjadi penyebab seseorang terserang penyakit asam urat. Ketika ada seseorang atau anggota keluarga yang menderita asam urat, risiko besar kamu akan mengalami masalah yang sama. Bahkan bisa jadi ditambah dengan penyebab lain, kadar purin justru lebih meningkat tinggi dibanding keluarga.

5. Kelebihan berat badan.

Salah satu efek dari manajemen makanmu yang kurang baik adalah kelebihan berat badan. Kandungan lemak yang berada pada makanan-makanan pemicu asam urat dan kolesterol dapat menjadikanmu kelebihan berat badan. Pasalanya ketika kamu mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, tubuh akan memproduksi banyak insulin. Sehingga dapat mengganggu kerja ginjal dalam membuang asam urat.

6. Cedera.

Siapa sangka jika cedera seperti sendi jempol ketika kamu menabrak tembok bisa menjadi penyebab sakit asam urat ini muncul. Biasanya ketika kamu mengalami hal ini, dimulai dari peradangan kecil sampai peradangan parah asam urat.

Tak hanya itu osteoporosis yang merupakan penipisan tulang rawan pada bantalan sendi juga menjadi penyebab asam urat. Purin dalam darah dapat mengisi bintik kosong di sendi dan menyebabkan nyeri yang cukup lama.

7. Malas olahraga.

Bagi penderita asam urat, pasti sangat sulit beraktivitas, apalagi berolahraga. Namun ketika kondisi ini dibiarkan maka penderita akan semakin merasakan kesakitan. Ini karena sendi yang tidak digerakkan akan menjadi lebih kaku, otot akan menjadi lemah.

Nah penderita asam urat harus tetap rutin berolahraga. Dengan cara ini juga dapat menurunkan berat badan, menguatkan otot dan tulang serta meningkatkan pergerakan sendi.

8. Dehidrasi.

Ada sebagian orang yang mungkin setiap harinya tidak mengonsumsi air minimal 8 gelas sehari. Nah ketika kamu kurang minum atau cairan, menjadi salah satu faktor penyebab asam urat dalam darah naik. Sebab tak hanya pada orang yang punya asam urat tapi yang belum punya sekalipun, kalau jarang mengonsumsi air, dehidrasi ini menyebabkan konsentrasi asam urat di dalam darah.

9. Wanita menopause lebih berisiko.

Menurut penelitian pria dapat mengalami asam urat pada usia berapapun. Namun wanita juga bisa terserang asam urat, terutama pada wanita menopause. Kondisi ini disebabkan karena hormon estrogen sebelum menopause atau selama masih menstruasi akan membantu meningkatkan pembuangan asam urat oleh ginjal. Apabila sudah menopause makan hormon estrogen akan berkurang banyak jumlahnya dan asam urat pun meningkat.

10. Pakai sepatu yang tidak nyaman.

Banyak kasus penyakit asam urat dirasakan pada kaki. Keadaan ini juga bisa dipicu karena kamu salah memakai sepatu. Misalnya, sepatu yang ukurannya terlalu sempit atau kecil sehingga dapat mengganggu dan memicu kerusakan persendian jari. Inilah yang menyebabkan asam urat mengisi kerusakan pada sendi-sendi itu. Pastikan selalu memakai sepatu yang pas dan nyaman.

11. Makan kacang-kacangan.

Kacang-kacangan dapat menyebabkan asam urat karena memiliki kadar purin. Makanan ini sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Jenis kacang-kacangan yang memiliki kadar purin tinggi adalah golongan kacang tanah. Kacang tanah mengandung kurang lebih 79 miligram purin per cangkir.

12. Makanan yang diawetkan dalam kaleng.

Makanan yang diawetkan dalam kaleng seperti, sarden, kornet, dan lainnya sebaiknya dihindari buat kamu penderita asam urat. Makanan kaleng tersebut termasuk dalam daftar makanan yang mengandung purin tinggi yaitu 100-1.000 mg purin per 100 gram bahan.

13. Makanan berlemak.

Makanan yang mengandung lemak tinggi dapat menjadi salah satu penyebab asam urat. Makanan yang mengandung lemak tinggi dapat memicu kenaikan berat badan. Semakin berat badan naik, akan semakin sulit menghilangkan asam urat.

14. Minuman manis.

Buat kamu yang suka minum minuman manis, perlu untuk berhati-hati karena minuman manis dapat meningkatkan risiko penyakit asam urat. Rasa manis yang berjenis fruktosa dari gula dapat merangsang produksi asam urat lebih banyak. Beberapa jenis minuman tersebut seperti minuman bersoda, jus buah, air lemon manis, dan es teh manis.

15. Alkohol.

Makanan dan minuman mengandung alkohol seperti arak, bir, wiski, tape ketan, anggur, tuak, dan makanan yang mengandung ragi sebaiknya dihindari bagi penderita asam urat.

16. Makanan tinggi purina.

Banyak mengonsumsi makanan tinggi purina, risiko untuk terkena asam urat menjadi tinggi. Oleh karena itu, batasi asupan makanan tinggi purina seperti daging merah, seafood, dan jeroan.

17. Kondisi medis tertentu.

Kondisi medis tertentu yang dapat meningkatkan risiko timbulnya asam urat, antara lain seperti diabetes, gangguan fungsi ginjal, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan sindrom metabolisme.