Brilio.net - Setiap orang tidak terkecuali kamu pastinya selalu ingin tubuh tetap sehat dan bugar. Meski demikian terkadang permasalahan cuaca atau pekerjaan bisa memicu menurunnya kondisi kesehatan tubuhmu apalagi saat ini cuaca memang sangat tidak menentu. Kali ini kamu nggak perlu khawatir yang berlebihan. Sudah saatnya kamu manfaatin gadgetmu untuk mendapatkan konsultasi kesehatan secara gratis.

Ya, kini telah banyak aplikasi konsultasi kesehatan yang bisa diakses dengan mudah, jadi gadget bisa berguna bagi tubuhmu nggak melulu cuma buat media sosial aja.

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (26/9), berikut 12 aplikasi kesehatan yang wajib kamu miliki di gadgetmu.

1. Docter Gratis.

aplikasi kesehatan  © 2016 brilio.net

foto: doktergratis.org

Salah satu aplikasi kesehatan yang cukup populer di Indonesia adalah Doctor Gratis. Dengan aplikasi ini kamu bisa melakukan konsultasi dengan para ahli kesehatan hanya bermodalkan gadget saja. Dikembangkan dari hasil kerjasama Health2i dan Microsoft Indonesia, aplikasi ini memberikan layanan kesehatan umum, kesehatan wanita, kesehatan pria hingga kesehatan kulit dan kehamilan.

2. Medscape.

aplikasi kesehatan  © 2016 brilio.net

foto: android.appstorm.net

Medscape adalah aplikasi konsultasi kesehatan yang paling banyak digunakan oleh pengguna Android dari berbagai negara. Aplikasi ini menyediakan berbagai referensi obat yang dibutuhkan untuk diagnosa penyakit. Bahkan aplikasi ini bisa menjadi rujukan untuk konsultasi kanker lho. Kamu sudah mendownloadnya?

3. Epocrates.

aplikasi kesehatan  © 2016 brilio.net

foto: empasite.com

Aplikasi kesehatan berikutnya yang juga menduduki posisi sebagai aplikasi kesehatan yang paling banyak digunakan adalah Epocrates sebab aplikasi satu ini bisa digunakan oleh pengguna iOs maupun Android. Kamu bisa berkonsultasi langsung dengan berbagai dokter terbaik di dunia melalui aplikasi ini. Bahkan aplikasi ini juga menyediakan akses untuk panduan obat dan informasi penyakit yang cukup akurat.

4. UpToDate.

aplikasi kesehatan  © 2016 brilio.net

foto: uptodate.com

Hampir sama dengan Epocrates, UpToDate pun dapat diakses oleh pengguna iOs dan Android. Tidak hanya para pasien saja, sebagian dokter di dunia pun menggunakan aplikasi ini untuk menambah pengetahuan perihal dunia medis sebab aplikasi ini menyediakan berbagai informasi mengenai sebuah penyakit dengan sangat lengkap.

5. ApaSakitku.

aplikasi kesehatan  © 2016 brilio.net

foto: apkmonk.com

Kamu sudah saaatnya mulai peduli dengan kondisi kesehatanmu deh dengan menginstal ApaSakitku. Mulai dari layanan konsultasi online gratis hingga berbagai informasi penyakit dan cara penyembuhannya dapat kamu temui dengan sangat mudah di aplikasi ApaSakitku.

6. Doximity.

aplikasi kesehatan  © 2016 brilio.net

foto: hot-topic-s.blogspot.com

Ini adalah aplikasi resmi untuk jaringan sosial dokter di dunia, Doximity bahkan mengklaim hampir sekitar 40% dokter di Amerika Serikat telah bergabung di aplikasi ini demi memberikan layanan kesehatan secara gratis. Melalui aplikasi ini, kamu bisa terhubung dengan dokter terbaik di dunia dan mengkonsultasikan kondisi kesehatan. Para dokter pun akan memberikan rujukan jika pengguna dianggap membutuhkan pengobatan secara langsung di rumah sakit.

7. Read by QxMD.

aplikasi kesehatan  © 2016 brilio.net

foto: qxmd.com

Memiliki format yang menarik seperti majalah, aplikasi ini memberikan layanan konsultasi kesehatan dan berbagai informasi perihal kesehatan yang keuntungannya dapat kamu download dan pelajari lebih lanjut.

8. NEJM This Week.

aplikasi kesehatan  © 2016 brilio.net

foto: topapps.net

Salah satu aplikasi yang cukup terpercaya untuk konsultasi gratis yang pertama kali dikembangkan di Inggris dan banyak digunakan masyarakat Eropa saat ini.

9. Isabel.

aplikasi kesehatan  © 2016 brilio.net

foto: appsontap.wordpress.com

Database yang dimiliki Isabel mencapai 6.000 presentasi penyakit dan gejala. Selain itu, Isabel juga memiliki kemampuan untuk menyaring hasil konsultasi berdasarkan usia, jenis kelamin dan riwayat pelayanan.

10. Practo Search.

aplikasi kesehatan  © 2016 brilio.net

foto: indianexpress.com

Indonesia termasuk salah satu negara di Asia Tenggara yang mulai aktif menggiatkan berbagai aplikasi konsultasi kesehatan secara gratis salah satunya Practo Search. Practo kini telah menyimpan database kurang lebih 5.000 dokter yang sudah terverifikasi. Dan untungnya lagi, Practo Search bisa diakses di iOs dan Android.

11. DynaMed Mobile.

aplikasi kesehatan  © 2016 brilio.net

foto: play.google.com

Aplikasi berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah DynaMed Mobile yang memiliki fungsi sama halnya dengan aplikasi lainnya dalam memberikan layanan konsultasi kesehatan secara cuma-cuma.

12. O-Smile.

aplikasi kesehatan  © 2016 brilio.net

foto: imgrum.net

Aplikasi ini baru saja diluncurkan awal September 2016. O-Smile mengkhususkan konsultasi seputar kesehatan gigi dan gusi. Jika kamu mengalami masalah perihal gigi dan gusi, maka kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk konsultasi secara gratis dengan leluasa memilih dokter yang menurutmu nyaman. Konsultasi online dilakukan melalui chat di aplikasi tersebut. Selain itu juga terdapat berbagai fitur tambahan seperti tips kesehatan.

Nah, itu dia 12 aplikasi yang akan sangat membantumu dalam mengkonsultasikan kesehatan tanpa harus keluar rumah dan tentunya secara cuma-cuma. Jadi nggak ada lagi alasan untuk tidak menjaga kesehatan ya, guys.

(brl/swh)

(brl/swh)