21. Melembapkan kulit.

Habbatussauda atau jintan hitam kaya akan asam amino yang melindungi kulit dari kekeringan. Campurkan minyak jintan hitam dan minyak kelapa dalam perbandingan yang sama, lalu oleskan sambil dipijat lembut pada kulit tubuh. Ini akan membantu menjaga kulit tetap lembab dan segar.

22. Mencegah penuaan dini.

Penuaan dini ditandai dengan munculnya kerutan di wajah, munculnya noda-noda hitam, dan kurangnya elastisitas pada kulit. Penuaan dini bisa disebabkan karena sering terkena paparan sinar matahari, polusi, debu dan radikal bebas.

Kandungan yang terdapat di dalam habbatussauda, bisa membantu mencegah proses penuaan dini pada kulit, dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Habbatussauda kaya akan antioksidan dan sangat sempurna untuk melawan radikal bebas yang merusak kulit dan rambut. Oleskan minyak ini pada kulit wajah kamu untuk menghilangkan keriput.

23. Mengatasi ketombe.

Selain baik untuk kulit, habbatussauda juga dapat digunakan untuk merawat kecantikan rambut. Habbatussauda dapat mengatasi ketombe yang sering kali membuat kepercayaan diri pada seseorang pun menurun.

Penyebab utama ketombe adalah jamur Malassezia. Makanan jamur ini adalah minyak berlebih pada kulit kepala. Ketombe dihasilkan dari iritasi kulit terhadap kotoran jamur tersebut.

Habbatussauda memiliki kandungan anti-fungal, sehingga dapat menghambat tumbuhnya ketombe. Kandungan anti-inflamasi pada tanaman ini juga dapat meredakan iritasi atau peradangan pada kulit kepala. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menggunakan shampo yang mengandung ekstrak habbatussauda atau black seed oil secara rutin.

MAGANG: FENI LISTIYANI