Brilio.net - Foto-foto dalam akun Instagram kamu ternyata fungsinya nggak cuma jadi ajang eksis semata, lho. Kesehatan mental kamu pun bisa di deteksi melalui postingan foto-fotomu. Kok bisa ya?

Sekelompok ilmuwan asal Universitas Harvard dan Velmort baru saja melakukan riset berkaitan postingan foto di Instagram. Para peneliti menemukan foto-foto dalam Instagram bisa untuk mendeteksi tingkat stres si pemilik akun. Hal itu dilakukan lewat mengukur warna dan kecerahan foto.

kepribadian filter IG © 2016 brilio.net

Dilansir brilio.net dari thrillist, Rabu (7/9), penelitian ini mengambil sampel dari sekitar 166 pemilik akun Instagram dan 44 ribu foto. Hasilnya 70% pengguna Instagram mengalami depresi klinis. Kemudian para peneliti membuat sebuah program komputer yang dibuat untuk mendeteksi tingkat kecerahan, hue dan saturasi foto. Hasilnya, pemilik akun yang cenderung mengalami depresi mengedit foto mereka menjadi hitam putih, kebiruan dan gambar yang terkesan memudar. Filter warna yang paling sering dipakai seperti Inkwell, Crema, Willow dan Reyes. Sebaliknya, pengguna non-depresi lebih menyukai warna 'Valencia' yang meringankan warna foto.

kepribadian filter IG © 2016 brilio.net

Loading...

"Dengan kata lain, orang yang mengalami depresi memiliki gambar yang lebih biru atau kelabu," ungkap Andrew G. Reece, salah satu tim peneliti.

kepribadian filter IG © 2016 brilio.net

Selain dari filter, pengguna yang depresi biasanya akan lebih sedikit mengunggah foto grup. Foto selfie, atau foto hanya dengan sedikit orang di dalamnya lebih disukai. Tapi, perlu diingat penelitian ini hanya menjadi salah satu cara untuk mendeteksi sinyal depresi. Kamu, tentu membutuhkan jasa dokter atau psikiater untuk benar-benar mengetahui tentang kesehatan mentalmu.