Brilio.net - Joshua Hart dari Union College bermitra dengan Rhea M Howard dari Harvard University mematahkan penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa pria yang salah persepsi tentang ketertarikan perempuan pada diri mereka disebabkan oleh faktor situasional/individual. Penelitian yang dipublikasikan di Science Direct pada Desember 2015 lalu ini melibatkan 500 partisipan yang diminta membayangkan sebuah skenario, dimana mereka menatap seorang wanita cantik di sebuah klub malam yang kemudian mendapat balasan senyuman.

Selanjutnya mereka diminta mengukur perkiraan tingkat ketertarikan yang ditunjukkan para wanita yang mereka yakini, dengan skala 'tidak tertarik' hingga 'sangat tertarik'. Faktor yang memengaruhi adalah hasrat untuk lebih intim.

BACA JUGA NANTI: Ini 8 tipe cowok yang banyak diincar cewek, kamu termasuk nggak nih? 

Laki-laki dengan hasrat keintiman tinggi cenderung membayangkan bahwa perempuan tertarik pada mereka. Mereka akan lebih bersikap genit pada wanita dan berharap mendapat balasan positif.

"Jika Anda merasa diri Anda genit, maka ada kecenderungan menyangka orang lain sama dengan Anda," kata pemimpin tim peneliti, Joshua Hart, seperti dilansir brilio.net dari independent.co.uk, Minggu (28/2).

Loading...

Menurut Joshua, pria yang memiliki hasrat keintiman lebih rendah pun bersikap sebaliknya. "Minat mereka yang rendah terhadap keintiman menyebabkan mereka menjadi kurang tertarik membayangkan wanita, sehingga merasa diri tidak terlalu genit, dan pada gilirannya, membayangkan bahwa wanita kurang tertarik pada mereka," imbuhnya.