Brilio.net - Terkadang diam untuk beberapa saat memang menjadi cara menjawab paling cerdas. Bukan hanya karena diam itu emas, di beberapa kesempatan meski pun kamu tak mengucapkan sepatah kata apa pun, kamu tetap bisa mengekspresikan respons yang emosional, terhadap suatu topik pembicaraan.

Kamu tak perlu memiliki kemampuan yang andal dalam berbicara, untuk mengekspresikan apa yang kamu rasakan. Karena orang yang memiliki kemampuan baik dalam meninteprestasikan bahasa tubuh, bisa memengaruhi lawan bicara meski tak banyak berkata.

Lalu bagaimana caranya menjadi orang yang menarik bagi orang lain dan bisa mempengaruhi tanpa harus banyak keluar kata-kata? Berikut ini tipsnya, seperti dilansir brilio.net dari laman Stotypick, Sabtu (21/5):


1. Berikan kesempatan orang lain untuk berbicara lebih dahulu, itu akan membuat mereka lebih nyaman saat akan memulai topik pembicaraan denganmu.

Menjadi pendengar yang baik bukan berarti kamu orang tidak tegas atau penakut. Memberi kesempatan lawan bicara untuk memulai justru akan membuatmu lebih disukai. Meski sederhana, gestur menjadi pendengar yang baik memang terbukti secara ilmiah menarik untuk dijadikan lawan bicara orang lain.

Orang beragama mempercayai kenapa telinga itu dua, sedangkan mulut itu satu. Karena kita diminta menjadi pendengar yang baik dibandingkan orang yang banyak bicara.



2. Jangan gunakan smartphone saat berbicara dengan orang lain, atau saat hendak bertemu dengan orang lain.

Menyelam di dalam smartphonemu memang hal yang menyenangkan, akan tetapi melihat isi yang ada di dalamnya bisa memengaruhi mood dan emosi kamu. Jadi jika kamu ingin mengadakan pertemuan yang penting atau ngedate bersama orang baru, ada baiknya kamu tak sibuk dengan smartphonemu sendiri. Fokuslah mengobrol.



3. Mengangguklah. Itu pertanda kamu memperhatikan lawan bicaramu dan orang menyukai itu.

Mengangguk memang memberikan kesan positif saat kamu sedang ngobrol. Selain itu ketika kamu berbicara, akan banyak orang memahami maksud dan inti perkataanmu karena mereka terpengaruh oleh gaya tubuhmu yang mengangguk itu. Hal ini akan sangat bermanfaat saat kamu sedang melakukan meeting atau interview.



4. Pergerakan tubuhmu sesuai gerak tubuh lawan bicara.

Tahukah kamu bahwa menyesuaikan gerak tubuh lawan bicara, merupakan salah satu bentuk rayuan yang tak disadari lawan bicaramu? Dengan demikian, kamu seperti menunjukkan sikap menerima pertemanan dengannya dan menutup celah permusuhan dengan mereka. Memang tidak semua, tapi coba tirulah beberapa pergerakan tubuh lawan bicaramu.  



5. Berdirilah berada di tempat yang bisa orang lain lihat saat berbicara di tempat yang ramai, itu memberikanmu posisi yang dominan dalam keramaian.

Berdiri membuatmu tampak tegas dan menjadi pusat perhatian. Terutama saat kamu berada di tempat ramai dengan orang-orang yang duduk. Itu membuat pesan yang ingin kamu sampaikan didengar dan dipahami setiap orang di sekelilingmu.

BACA JUGA: Jika pasanganmu punya 1 dari 16 ciri ini, dijamin nggak selingkuh!


6. Gunakan gestur tubuhmu saat berbicara.

Penelitian mengungkapkan bahwa orang yang menggunakan gaya tubuh mereka, lebih besar kemungkinannya bisa memengaruhi orang lain meski dengan kata-kata yang singkat. Namun tentu tak boleh berlebihan, jangan membuat pendengar atau lawan bicaramu lelah melihat gaya tubuh yang kebanyakan bak sedang akrobatik ya!



7. Buat dan jaga kontak mata.

Menatap mata lawan bicaramu menjadi trik handal, saat kamu dalam percakapan. Selain menunjukkan keseriusanmu mendengar itu, kamu akan juga akan diperhatikan saat kamu bicara. Ampuh nih!



8. Tunjukan beberapa karutan dahimu.

Orang yang banyak mengerutkan dahinya dalam berbicara, itu menunjukkan kamu orang yang terbuka. Itu juga berarti kamu tertarik lebih dalam beberapa percakapan saat itu dibandingkan dengan yang sebelumnya.



9. Saat harus duduk dalam sebuah percakapan, bersandarlah.

Hanya dengan bersandar pada kursi, kamu bisa memimpin pembicaraan. Mengurangi jarak antara kamu dan lawan bicara membuatmu lebih berkemungkinan memengaruhi orang.



10. Inilah yang disebut 'power posture'.

Berdiri dengan power posture akan meningkatkan kemampuanmu memengaruhi orang lain. Postur ini juga menunjukkanmu sebagai orang yang tenang dan membuatmu lebih percaya diri.


Gimana? Udah kebayang kan cara-cara di atas? Cek lanjutannya deh.. Nomor 11 cowok wajib baca.. KLIK NEXT

2 dari 2 halaman




11. Gunakan parfum wangi lavender untuk memikat daya perempuan.

Penelitian dari Social Issues Research Center (SIRC) menunjukkan, bahwa wangi lavender menarik minat perempuan saat bertemu lawan jenisnya dibandingkan wangi lain.



12. Memakai baju warna biru membuatmu lebih terlihat sebagai orang yang bisa dipercaya.

Warna biru diasosiasikan dengan sikap percaya, keamanan dan kebersihan. Setiap warna memiliki pengaruh psikologinya masing-masing. Gunakanlah warna ini, untuk menimbulkan kesan aman dan friendly dengan lawan bicara. Terutama orang baru.



13. Tepuklah lengan atau pundak lawan bicaramu.

Menepuk ringan pundak atau lengan lawan bicaramu, membuatmu lebih diterima oleh orang lain. Sebuah studi menujukkan fakta bahwa menepuk pundak atau lengan orang membuat mereka lebih mudah berteman dan saling percaya.



14. Menghela napas untuk meningkatkan perhatian.

Menghela nafas akan secara otomatis membuat orang bertanya dalam hati, 'Ada apa?'. Lakukan trik ini untuk menarik perhatian mereka lawan bicaramu.



15. Kurangi kata-kata 'Aku' kecuali memang lawan bicaramu menanyakannya.

Orang yang saat bicara selalu bilang, 'dulu aku...', 'aku pernah...' akan cenderung menjadi lawan bicara yang membosankan. Cobalah cari kejadian atau pengalaman yang bukan 'aku' untuk menjaga kamu dari orang yang mendominasi pembicaraan dan mengurangi kesempatan lawan bicara.