Brilio.net - Setiap orang pasti berharap mempunyai karir cemerlang di dunia kerjanya. Tapi mewujudkan harapan itu tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak hal yang tanpa disadari bisa menghambat kesuksesan seseorang di kantor.

Barangkali banyak orang cuek melakukan kebiasaan buruk di kantor. Mereka menganggap kebiasaan itu hanyalah hal kecil yang tak punya pengaruh apa-apa. Padahal sikap sekecil apapun ternyata bakal menjadi pertimbangan pimpinanmu untuk menaikkan jabatanmu.

BACA JUGA: Ganti talenan dengan perut, aksi chef China ini bikin kamu melongo

Nah, berikut 10 kebiasaan buruk yang bisa menghambat kesuksesanmu di kantor, yang dilansir brilio.net dari indiatimes.com, Sabtu (30/4).

1. Selalu memeriksa smartphone, bahkan bermain smartphone, saat dalam prertemuan atau sedang berbicara dengan pimpinanmu.

Loading...

foto: indiatimes.com

Memeriksa smartphone terus menerus menunjukkan kalau kamu tidak fokus dalam pertemuan atau perbincangan yang tengah berlangsung.

2. Mengeluh tentang pimpinan, rekan kerja, beban kerja, atau makanan dan minuman yang disediakan di kantor.

foto: indiatimes.com

Mengeluh tentang segala hal ternyata akan merusak reputasimu sendiri. Kamu terkesan kritikus, bahkan bisa jadi kamu bakal terkesan banyak omong daripada banyak kerja. Itu akan membuat kamu dianggap racun dan dijauhi rekan kerjamu.

3. Selalu mengatakan setuju untuk semua hal.

foto: britishcompanytraining.wdsinternational.com

Banyak orang yang melakukan ini untuk mencari posisi aman. Apalagi jika memberikan respon tak setuju tapi tak punya argumen kuat. Tapi selalu setuju di setiap kebijakan kantor ternyata bakal menjadi bumerang buat kamu sendiri. Kamu akan terkesan cuma sebagai penggembira yang selalu mengiyakan segala hal. Parahnya lagi, kamu terkesan tak cerdas dan tak memberikan kritik konstruktif.

4. Selalu tinggal di kantor dan tak cepat pulang meskipun tak ada hal yang diperlukan.

foto: indiatimes.com

Sebagian orang ada yang nyaman di kantr sehingga meskipun jam kerja sudah selesai, ia tetap berada di kantor. Ternyata hal itu juga tak baik. Kamu akan terkesan sebagai pribadi yang hanya membuang waktu dan energi. Padahal waktu itu bisa kamu manfaatkan untuk hal yang lebih berguna.

5. Terlambat kembali setelah istirahat makan siang.

foto: australianfoodsafety.com.au

Banyak orang yang lalai dengan waktu istirahat sehingga sering terlambat kembali ke kantor setelah makan siang. Jika kamu sering seperti itu, mulai sekarang hindarilah. Karena kamu akan terkesan sebagai pribadi yang tak disiplin dan tak menghargai aturan.

6. Mengabaikan email atau terlalu lama merespons.

foto: indiatimes.com

Jika kamu tipikal orang seperti ini, mulai sekarang cobalah jangan mengabaikan email dan langsung merespon cepat saat tahu email. Fitur smartphone saat ini mempermudah penggunanya untuk tahu email masuk. Jangan sampai kamu kahilangan agenda penting karena telat membaca atau merespon email.

7. Mengganggu rekan kerja, bertelepon dengan keras di area kerja.

foto: indiatimes.com

Kelakuan seperti ini tentu bakal mengganggu rekan kerja lain. Kamu juga akan menjadi orang yang menyebalkan di kantor yang dibenci banyak orang.

8. Terlalu banyak menggosip dan kurang fokus bekerja.

foto: indiatimes.com

Orang mungkin akan menikmati cerita gosip yang kamu tebar, tapi orang juga akan menganggap kamu sebagai orang ayang tak bisa dipercaya. Lebih parah lagi jika kamu hanya menggosipkan hal yang tak berkualitas. Duh kamu bakal kelihatan sebagai orang yang tak cerdas.

9. Marah untuk hal-hal kecil.

foto: thetimes.co.uk

Karakter ini coba kamu hindari. Paling tidak kamu harus menahan diri agar tak mudah emosi dan mengeluh untuk berbagai hal.

10. Datang ke rapat tapi tanpa ide satupun.

foto: indiatimes.com

Biasakan kamu selalu datang dalam pertemuan tanpa otak kosong. Paling tidak kamu punya gagasan yang bisa kamu tawarkan dalam pertemuan itu agar kamu tak dianggap datang dengan otak ngeblank.