Brilio.net - Anak zaman dulu, ketika ditanya bercita-cita apa, profesi pilot akan masuk jadi salah satu jawaban selain dokter dan guru. Sisi keren pilot adalah kemampuannya menerbangkan pesawat yang mengudara di angkasa. Plus penampilan yang rapi dan menawan.

Pilot-pilot seleb ini juga nggak kalah keren lho, bila dibandingkan dengan mereka yang menjadikan pilot sebagai profesi utama. Memangnya siapa saja? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (23/4), berikut 10 artis Indonesia dan luar negeri yang pernah sekolah pilot, sedang menjalani sekolah pilot, dan telah memegang lisensi menjadi pilot. Selain itu, daftar berikut adalah mereka yang menjadi pilot untuk pesawat atau helikopter komersial maupun pribadi. Cek, yuk!

BACA JUGA: Jarang-jarang bisa lihat, 5 foto hujan dari dalam pesawat terbang

1. Ali Syakieb

foto: lip-gosip.blogspot.com

Adik artis sinetron kondang Nabila Syakieb ini pernah menjalani sekolah pilot. Walaupun sempat tertunda akibat sering syuting, artis yang juga sering muncul di sinetron ini akhirnya bisa wisuda sekolah pilot pada Juni 2013 lalu.

2. Verrel Bramasta

foto: instagram.com/verrellbramasta

Nah, kalau anak artis sekaligus politikus Venna Melinda ini beberapa waktu lalu lulus tes bakat untuk sekolah penerbang Global Aviation School di Bandara Budiarto, Tangerang, Banten. Verrel yang memang bercita-cita jadi pilot sejak kecil ini lulus menerbangkan pesawat kecil dengan mesin tunggal jenis Cessna 172, lho.

3. Sarah Widyanti Kusuma

foto: instagram.com/sarah.widy

Sarah disebut-sebut pernah mengikuti kontes pencarian bakat menyanyi, Indonesian Idol. Sayangnya, dari banyak sumber tak menyebutkan pada tahun berapa. Namun begitu, dara kelahiran 3 Maret 1988 ini memang sempat bercita-cita menjadi artis dan hobi menyanyi. Di sisi lain, ternyata saat dia menjajal kontes Indonesian Idol itu, dia sudah menjadi pilot, lho.

Sampai pada April 2014 lalu, lulusan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Tangerang, Banten pada 2009 lalu ini sudah mencatat nyaris 2.500 jam terbang! Sarah juga menjadi wanita pertama dan termuda yang menjadi pilot pesawat komersil di bawah naungan maskapai besar Garuda Indonesia. Setelah berhasil menerbangkan Boeing, Sarah beralih ke Airbus untuk menjelalah ke beberapa negara di Timur Tengah dan Eropa.

4. Tom Cruise

foto: pilotweb.aero

Aktor ganteng 53 tahun ini ternyata memegang lisensi pilot sejak tahun 1994. Melihat pengalamannya main film Top Gun pada tahun 1986 yang menunjukkan banyak scene di belakang kursi pesawat Grumman F-14 Tomcat, membuat Cruise akhirnya memiliki lima pesawat jet sekaligus. Salah satunya adalah Gulfstream IV yang memiliki kualifikasi jangkauan maksimum 7.820 kilometer dan kecepatan 850 km per jam.

5. Angelina Jolie

foto: pilotweb.aero

Istri aktor kawakan Hollywood Brad Pitt ini telah memegang lisensi pilot pribadi atau swasta sejak tahun 2004. Jolie juga menjanjikan anaknya Maddox untuk bisa belajar terbang. Pesawat yang dikendalikan Jolie adalah jenis Cirrus SR22.

6. Harrison Ford

foto: pilotweb.aero

Aktor yang terkenal sebagai pilot Millennium Falcon di film Star Wars sebagai Han Solo ini ternyata juga memegang lisensi pilot saat usia 53 tahun. Dia belajar mengendalikan Cessna 182. Setelah itu, karena minatnya terhadap penerbangan akibat perannya di film Six Days, Seven Nights, Ford pun membeli Cessna sendiri.

Artis ini malah pernah juga berlatih menerbangkan pesawat tempur. KLIK NEXT

2 dari 2 halaman


7. John Travolta

foto: pilotweb.aero

Aktor senior Hollywood satu ini bukan hanya terkenal dengan kemampuannya menari, tapi juga menerbangkan pesawat. Travolta telah tertarik dengan penerbangan sejak kecil, sehingga banyak menghabiskan waktu untuk belajar pilot pada aawal karir aktingnya. Dia pun mendapatkan lisensi pilot sejak umur 22 tahun. Sekarang, aktor 62 tahun ini enak dan nyaman terbang dengan jet pribadi mewahnya, ex-Qantas Boeing 707-138B. Nama jet ini adalah Jet Clipper Johnny.

8. Morgan Freeman

foto: pilotweb.aero

Saat awal dewasa, Morgan Freeman menjadi mekanik angkatan udara Amerika Serikat. Selanjutnya dia menjalani pelatihan pilot pesawat tempur. Namun karena aktivitas di dunia akting menyita perhatiannya, Freeman tak kunjung memegang lisensi menjadi pilot. Tapi pada saat usianya 65 tahun, Freeman yang kini berumur 78 tahun, akhirnya mendapat lisensi tersebut. Freeman juga punya pesawat jet pribadi, yakni Cessna Citation 501, Cessna 414 twin dan SyberJet SJ30.

9. Gisele Bündchen

foto: pilotweb.aero

Gisele Bündchen adalah model fashion Brasil dan seorang produser. Dia juga duta program lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Wanita 35 tahun ini mulai belajar mengendalikan pesawat jenis helikopter Robinson R44 di Shoreline Aviation Inc, Marshfield, Amerika Serikat. Padahal pada saat bersamaan, Gisele tengah mengandung anaknya bernama Benjamin. Namun, kehamilannya tak menghalanginya belajar sampai mendapatkan lisensi helikopter pada tahun 2009.

10. Sir David Jason

foto: 'Delboy' © Crystal Hendrix Hirschorn, Flickr (pilotweb.aero)

Sir David Jason adalah aktor dan komedian Inggris yang terkenal melalui acara televisi Only Fools and Horses. Pria yang kini berusia 76 tahun ini memenuhi syarat sebagai pilot helikopter pada Mei 2005.