Brilio.net - Setiap orang yang dibesarkan dengan memiliki saudara kandung pasti mengalami yang namanya bertengkar hampir setiap hari, berbagi setiap kebutuhan wajib sampai hal-hal yang kadang bikin sebel atau dibanding-bandingkan antara satu sama lain sama orangtua. Ya nggak?

Meski demikian, seiring berjalannya waktu, terlepas dari semua gangguan yang diciptakan, saudara kandung adalah hadiah terbaik yang orangtua berikan dalam hidupmu. Lama-kelamaan kamu bakalan beradaptasi sama kehadiran mereka dan akhirnya tiba pada satu masa kalau kamu nggak bisa hidup tanpa saudara. Setuju kan?

WAJIB KAMU BACA: Ayah ini terpaksa palsukan kematiannya agar anak-anaknya mau pulang ke rumah

Beberapa fakta ilmiah yang menarik tentang saudara kandung berikut ini bisa jadi daftar yang menyadarkanmu, betapa bersyukurnya punya saudara kandung dalam hidupmu. Apa saja? Seperti dilansir brilio.net dari Scoopwhoop, Jumat (12/2). Simak deh ~

1. Kamu menghabiskan lebih banyak waktu dengan saudara ketimbang sama orang lain

Loading...

16 Fakta unik soal saudara kandung, bikin kamu makin sayang keluarga!foto: novakdjokovicfoundation.org

Sebuah studi dari Pennsylvania State University mengungkapkan bahwa saat anak-anak memasuki usia 11 tahun, mereka menghabiskan sekitar 33% dari waktu luang mereka dengan saudara mereka. Pada kenyataannya, bahkan setelah mereka tumbuh dewasa dan sibuk dengan kehidupan masing-masing, mereka menghabiskan waktu satu sama lain sekitar 11 jam seminggu, dan durasi meningkat hingga 17 jam jika memiliki jumlah anggota keluarga yang tak sedikit.

2. Perkelahian antara saudara kandung merupakan hal yang alami dan wajar terjadi

16 Fakta unik soal saudara kandung, bikin kamu makin sayang keluarga!foto: lists10.com

Sebuah studi mengatakan bahwa saudara kandung yang berusia antara 3 dan 7 tahun terlibat dalam perkelahian 3,5 kali dalam satu jam. Frekuensi perkelahian bahkan lebih buruk dengan balita yang dilaporkan berkelahi setiap 10 menit.

3. Saudara sebagai penginspirasi minat dan bakat

16 Fakta unik soal saudara kandung, bikin kamu makin sayang keluarga!

foto: giphy.com

Terlepas apakah kamu anak sulung, tengah, maupun bungsu, peran saudara menjadi sumber motivasi yang menginspirasi seseorang menemukan minat dan bakatnya. Anak pertama cenderung cakap dan lebih termotivasi, dengan demikian lebih dulu mencapai sukses dalam pencarian minat dan mengembangkan bakatnya.

Anak tengah, terinspirasi dari kesuksesan sang kakak dan keinginan untuk menjadi contoh untuk adiknya, akan lebih kreatif dalam mencari minat mereka. Sang bungsu, dengan pengaruh dan contoh yang diberikan kakak-kakaknya, cenderung mencoba hal baru yang didapat dari keduanya dan melakukannya di wilayah geografis yang berbeda.

4. Saudara kandung membantumu untuk memiliki kemampuan interpersonal yang lebih baik

16 Fakta unik soal saudara kandung, bikin kamu makin sayang keluarga!foto: popsugar.com

Saudara kandung yang lebih muda akan melihat ke saudara-saudara mereka yang lebih tua untuk belajar bagaimana mengatasi situasi sulit di kemudian hari dalam hidup mereka. Di sisi lain, saudara kandung yang lebih tua menjadi panutan untuk saudara-saudara mereka yang lebih muda. Sementara anak bungsu membantu yang sulung untuk mengembangkan cara mengasuh yang tepat dengan penuh kasih sayang.

5. Memiliki saudara lawan jenis membuatmu lebih mudah saat curhat tentang seseorang

16 Fakta unik soal saudara kandung, bikin kamu makin sayang keluarga!

foto: giphy.com

Studi mengungkapkan bahwa mereka yang dibesarkan dengan saudara kandung dari lawan jenis bakalan punya topik pembicaraan yang menarik saat mereka jatuh cinta pada seseorang,

Pengalaman yang dimiliki saudara lawan jenis membuatmu mengerti apa yang disukai dan nggak disukai dari dia.

Gadis yang dibesarkan dengan saudara kandung laki-laki memiliki karakter keras dan kurang tulus sehingga membuat para cowok kurang tertarik. Sementara anak laki-laki yang memiliki saudara kandung perempuan memiliki sensitivitas yang sangat besar dan kemampuan mendengarkan yang bikin nyaman, sesuatu yang benar-benar cewek inginkan dari seorang cowok, bukan?

6. Anak sulung lebih cerdas dari anak bungsu

16 Fakta unik soal saudara kandung, bikin kamu makin sayang keluarga!foto: zliving.com

Penelitian telah menunjukkan meskipun adik kandung terlahir dengan IQ yang lebih tinggi pada saat mereka berusia 12 tahun, tabel berbalik untuk anak sulung yang mendapatkan keuntungan IQ 3 poin melebihi adik-adik mereka.

7. Orangtua pasti memiliki anak kesayangan di antara anak-anak kandung lainnya

16 Fakta unik soal saudara kandung, bikin kamu makin sayang keluarga!foto: dailymail.co.uk

Penelitian mengungkapkan bahwa 65% ibu dan 70% ayah menunjukkan preferensi untuk menyayangi satu anak di antara anak-anaknya yang lain. Meskipun orang tua jelas akan menyangkal memilih satu anak di antara yang lain, saudara yang tak disukai atau merasa tak disayangi akan tetap menyadari situasi ini. Penelitian telah menunjukkan bahwa sebagian besar anak-anak yang merasa tak disayangi akan mengabaikan harga diri dan kepercayaan diri mereka di masa depan.

8. Saudara kandung bikin kamu kurus

16 Fakta unik soal saudara kandung, bikin kamu makin sayang keluarga!

foto: giphy.com

Sebuah studi di Swedia menemukan bahwa mereka yang dibesarkan dengan memiliki saudara kandung kurang mungkin untuk punya kelebihan berat badan daripada yang tumbuh sebagai anak tunggal.

EITS, MASIH ADA YANG LAINNYA GUYS.. SIMAK LAGI LANJUTANNYA YA ~

KLIK NEXT