Brilio.net - Bagi kamu warga Jakarta yang mau liburan tapi malas keluar kota, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bisa jadi salah satu alternatifnya. Saat ini, TMII sudah memiliki wahana baru, yaitu SkyWorld. Di wahana ini kamu bisa liburan sambil belajar tentang luar angkasa.

Kamu nggak cuma dimanjakan dengan gambar-gambar astronomi, tapi kamu juga bisa bebas berkeliling ke beberapa ruang jelajah antariksa. Menemukan planet-planet baru yang selama ini mungkin masih terbenam dalam ruang imajinasimu.

"Dengan adanya wahana ini sangat membantu sekali bagi pengunjung yang ingin mendalami dunia astronomi. Karena di sini dijelaskan secara detail," ujar Rakit Widodo, Marketing Komunikasi Skyworld saat ditemui brilio.net, Sabtu (16/7).

SkyWorld © 2016 brilio.net

Nah, jika kamu pernah berkunjung ke planetarium Taman Ismail marzuki (TIM), maka Skyworld TMII akan lebih melengkapi penjelajahan kamu akan dunia luar angkasa. Karena bisa dibilang, inilah versi terbaru dari planetariumnya TIM.

Loading...

"Kita menggunakan digital planetarium dengan pentium terbaru yang berbeda dengan yang lain," tambahnya.

SkyWorld © 2016 brilio.net

SkyWorld terdiri dari tiga ruang utama. Pertama, Exhibition Room. Di ruang ini kamu akan mendapati pencapaian-pencapaian manusia dalam dunia astronomi. Disajikan dalam ruang yang beralur dengan foto-foto yang lengkap mengulas capaian manusia dalam mengenal bumi dan luar angkasa.

Seperti proses pembentukan tata surya, peta langit, ilmuwan, astronot dan sebagainya. Ada juga purwarupa roket dari berbagai negara, perkembangan astronomi Tanah Air, serta temuan-temuan benda langit.

Yang menjadi poin positif adalah perkembangan astronomi terkini juga ditemukan dalam ruang eksibisi ini. Apalagi disempurnakan adanya penayangan video tentang angkasa dalam mini bioskop. Sangat bermanfaat jika pelajar diajak berkunjung ke sini karena disediakan ruangan untuk presentasi dan tanya jawab.

SkyWorld © 2016 brilio.net

"Kalau di sini sifatnya dua arah. Di masing-masing zona kita punya edukator yang siap menjelaskan," tambahnya lagi.

Di wahana ini, pengunjung juga akan disediakan foto 3D menggunakan baju astronot dengan latar mirip seperti di luar angkasa. Selain itu juga ada ruang planetarium. Uniknya, di ruangan ini kamu bisa melihat luar angkasa sesuai dengan waktu yang sama.

SkyWorld © 2016 brilio.net

"Digital planetarium kita itu real time, kondisi matahari saat itu juga sama seperti di luar. Bintang apa saja dengan kondisi waktu yang sama," paparnya.

Wahana yang dibuka sejak 19 April 2016 lalu ini langsung mendapat respons positif dari para pengunjung. Bahkan libur lebaran lalu bisa menembus hingga 900an pengunjung. Untuk dapat mengunjungi wahana ini, pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 60.000 dan sudah bisa merasakan sensasi seperti di luar angkasa. Seru banget deh!