Brilio.net - Untuk kali pertama dalam sepuluh tahun, lima planet dalam galaksi Bima Sakti dapat disaksikan dengan mata telanjang secara bersamaan di langit. Kelima planet tersebut yakni Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus akan membentuk garis lurus. Peristiwa astronomi langka ini bisa kamu nikmati pada tanggal 20 Januari sampai akhir Februari 2016 menjelang matahari terbit.

Untuk menikmati fenomena ini, kamu cukup mencari tempat yang gelap serta jauh dari polusi cahaya yang bersumber dari lampu penerangan. Setelah itu, temukan posisi bulan di langit dan arahkan jari telunjukmu. Perhatikan daerah sekitar bulan dan kamu akan melihat deretan planet yang berbaris sejajar membentuk pemandangan langit yang memesona.

Adapun urutan penampakannya yaitu Jupiter bersinar terang di langit utara. Kemudian disusul planet Mars yang  berwarna merah merona, lalu diikuti Saturnus yang memancarkan cahaya pucat. Di urutan terakhir, Merkurius tampil melengkapi susunan planet Galaksi Bima sakti yang menawan.

Menurut Dr Tanya Hill, seorang kurator senior di University of Melbourne yang dikutip brilio.net dari iflscience, Senin (18/1), jika kamu tidak sempat menyaksikan fenomena tersebut, kamu bisa melihatnya lagi pada Agustus 2016 dan Oktober 2018.

"Rasanya sudah lama orbit planet-planet tersebut berada di garis sejajar di langit," terangnya.

Loading...