Brilio.net - Saat kita berlibur, tentu kita mencari tempat untuk menginap yang nyaman dan seru. Tak sedikit pula banyak wisatawan yang rela mengeluarkan kocek dalam hanya untuk bisa menikmati bermalam di sebuah penginapan yang unik.

Nah, kalau kamu sedang berlibur ke Jawa Timur khususnya Pasuruan, kamu wajib bermalam di Baobab Resort. Resort ini memang restort yang baru saja diresmikan oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya pada Kamis (3/8).

Menariknya, lokasi ini akan menjadi resort pertama di Indonesia yang menawarkan konsep akomodasi yang dikelilingi oleh satwa liar. Karena kompleks resort itu terintegrasi dengan Taman Safari Indonesia II Prigen, yang hidup bersama satwa liar di alam bebas.

"Pasti seru dan penuh sensasi! Baobab Safari Resort bisa menjadi bagian yang memperkuat pengembangan atraksi Bromo-Tengger-Semeru dan sekitarnya," ucap Arief seperti dikutip dari siaran pers yang diterima brilio.net, Kamis (3/8).

Menpar pun mengatakan Baobab ini merupakan amenitas di tengah atraksi Bromo-Tengger-Semeru, dan Taman Safari terbesar di Indonesia, dengan luas 350 hektar. Bahkan salah satu yang terluas di Asia, untuk kategori Taman Safari.

Loading...

“Bedanya Taman Safari dengan zoo atau kebun binatang itu, Taman Safari binatangnya dilepas bebas, sedang zoo dimasukkan ke dalam kerangkeng," ucapnya.

Sebagai atraksi dan amenitas, lanjut Arief, Baobab Safari Resort and Convention ini adalah konsep pendidikan hewan pertama, yang memadukan akomodasi dikelilingi oleh satwa liar. Bahkan agar makin menarik, Taman Safari Indonesia II memiliki area aquatic seluas 1.500-2.000 meter persegi, yang dihuni oleh penguin, linsang, anjing laut, dan satwa langka lainnya.

Sementara itu, Dewan Direksi dan Komisaris PT Taman Safari Indonesia, Jansen Manangsang, mengungkapkan pemilihan nama Baobab, berasal dari nama pohon di Afrika. Pohon kehidupan, yang bisa memberi oase kehidupan untuk hotel dengan konsep gaya Afrika.

"Tidak harus jauh-jauh ke Afrika, cukup ke Prigen Pasuruan sudah mendapatkan sensasi Afrika," kata Jansen.

Sebagai informasi, saat ini ada empat taman safari (TSI) di Tanah Air, TSI Cisarua Bogor, TSI Prigen Pasuruan, Taman Dolphin Batang dan TSI Bali. TSI di Jawa Timur setiap tahunnya menarik 2.418 wisatawan mancanegara, 431.625 wisatawan nusantara.

Baobab Safari Resort memiliki 148 kamar, 120 deluxe rooms, 24 premium room dan empat junior suite rooms, dilengkapi satu ballroom untuk MICE.

Dalam peresmian TSI II menjadi monumental. Menpar memberi nama “Bimo” bayi jerapah laki-laki yang lahir di TSI II Prigen, Pasuruan. Dalam pewayangan nama itu adalah nama lain dari Seno atau Werkudoro, anak kedua di Pendowo Limo.

Nama itu sangat istimewa. Bukan hanya karena nama Bimo itu perlambang satria Pandawa yang tidak banyak bicara, tapi banyak bekerja. Tetapi, nama itu adalah nama anak laki-laki menpar.

"Iya, betul! Itu nama salah satu orang yang paling saya cintai, anak saya!" kata Arief