Brilio.net - Saat ini Yogyakarta memang sedang gencar mempromosikan destinasi wisatanya. Meski telah dikenal oleh banyak wisatawan mancanegara, namun banyak destinasi wisata yang belum diketahui oleh para wisatawan. Tak hanya memiliki wisata budaya yang kental, Yogyakarta juga terhampar berbagai macam pantai yang indah.

Pantai Yogyakarta yang terdapat di Kabupaten Gunungkidul ini memang menyajikan panorama yang indah. Meski pantai tersebut tak bisa diselami seperti pantai-pantai lain yang berada di Indonesia, namun ombak yang berada di wilayah pantai selatan ini cocok dilakukan untuk kegiatan surfing.

Seperti dilansir brilio.net dari Facebook Kementerian Pariwisata, Minggu (2/7), pegiat surfing dari Ngandong Surf, Hery Sulistyo mengatakan, saat ini Yogyakarta sudah memiliki banyak komunitas penggemar surfing. Dan lokasi-lokasi surfing sudag mulai dikenal oleh turis domestik dan mancanegara.

“Di Yogyakarta banyak spot surfing yang belum dicoba, khususnya wilayah Kabupaten Gunungkidul,” ujar Hery.

Nah, bagi kamu pecinta surfing, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, pasalnya Indonesia khususnya Yogyakarta memiliki pantai dengan ombak yang bagus untuk surfing. Berikut empat pantai dengan ombak bagus untuk melakukan surfing.

1. Pantai Ngandong.

 

#seaside #travel #jogja #pantai #ngandong

A post shared by Claire (@claire.lchn) on

 

Salah satu pantai di Gunung Kudul, Ngandong memiliki ombak dari sisi kanan dan kiri yang tidak terlalu besar. Menurutnya, lokasi ini cocok untuk surfer pemula.

“Pantainya jernih dengan pasir putih dan sudah ada warga lokal yang mampu bersurfing,” tuturnya.

Selain itu, di Ngandong juga sudah ada amenitas. “Sudah ada homestay, kulinernya juga enak terutama seafood dengan harga terjangkau,” sebutnya.

2. Pantai Wediombo.

 

Pantai yang masih sederetan dengan Ngandong ini dikenal memiliki ombak yang konstan. Namun, peselancar tetap harus berhati-hati karena dasar pantainya batu karang. “Di Wediombo juga sudah ada komunitas surfer,” sambung Hery.

3. Krakal.

 


Pantai di sebelah timur Pantai Baron, Gunungkidul ini dikenal berombak cukup besar. ”Ombak di Krakal bagus untuk peselancar pro atau yang sudah expert,” tambahnya.

Krakal juga cenderung sepi dari wisatawan karena ombaknya yang besar. Namun, justru sudah banyak orang asing yang berselancar di Krakal. “Krakal punya daya tarik bagi surfer asing yang lebih menyukai lokasi sepi,” ulasnya.

4. Parangtritis.

 

#parangtritis,#pantai ,#sunsetparangtritisbeach,#surfingparangtritis

A post shared by Romadhon Fajar Dwi Arinsah (@romjarrr) on

 


Pantai di Kabupaten Bantul ini sudah kondang di seantero nusantara. Rupanya, Parangtritis juga pas untuk para surfer beraksi dengan papan selancarnya.

“Parangtritis punya garis pantai yang panjang. Dasar lautnya berpasir sehingga ketika terjatuh tidak menghantam karang,” tutur Hery.

Selain itu, Parangtritis juga punya daya tarik tersendiri karena di saat-saat tertentu mirip ombak di Pantai Kuta, Bali.

“Ketika ombak tinggi, mirip dengan Kuta di Bali, bahkan Jogja juga pernah menggelar kontes surfing di Krakal dan Wediombo,” pungkasnya.