×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Nggak mau ribet di bandara? Lakukan 10 tips simpel ini

View Image

0

BRILIO » Jalan-Jalan

Nggak mau ribet di bandara? Lakukan 10 tips simpel ini

foto: shutterstock.com

Jangan sampai drama-drama nggak penting terjadi menjelang jalan-jalan.

(brl/tin)

23 / 11 / 2017

Brilio.net - Pesawat menjadi pilihan transportasi banyak orang untuk perjalanan ke luar daerah maupun luar negeri. Selain efisiensi waktu, naik pesawat untuk bepergian saat ini dirasa lebih irit biaya juga tenaga. Sayangnya, kerap kali terjadi drama di bandara. Mulai dari barang bawaan yang tertinggal di rumah, hingga penumpang yang marah-marah karena ketinggalan pesawat.

Kejadian buruk itu sebenarnya bisa dihindari sejak kamu akan berangkat ke bandara. Bahkan bukan tidak mungkin dengan beberapa tips simpel, kamu bisa melenggang bebas dan nyaman di bandara hingga masuk ke pesawat.

Gimana caranya dan seperti apa langkah-langkahnya? Berikut brilio.net ulas dari berbagai sumber, Kamis (23/11), beberapa tips simpel yang bisa kamu lakukan supaya segala urusan sebelum on board beres dan aman tanpa halangan berarti. Mulai dari bagaimana cara packing yang tepat, check-in, hingga di mana harus menunggu pesawat. Cek, yuk!

1. Smart packing.

Nggak mau ribet di bandara Lakukan 10 tips simpel ini berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Maksimalkan ruang di dalam tas atau koper yang ingin kamu bawa. Bawalah barang yang penting dan pasti digunakan. Sesuaikan pakaian yang dibawa dengan lama perjalanan. Masukkan pakaian dan letakkan ke dalam koper dengan cara digulung. Cara ini akan menghemat ruang dan membiarkan kamu mengemas lebih banyak barang. Untuk perlengkapan lain yang berupa cairan kamu bisa mengemasnya dalam kantong transparan agar tidak mudah terbuka dan tumpah. Hindari membawa barang terlarang seperti benda yang mudah terbakar atau meledak.

2. Perhatikan berat barang bawaan.

Nggak mau ribet di bandara Lakukan 10 tips simpel ini berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Setiap maskapai memiliki kebijakan masing-masing mengenai batas bagasi gratis. Hal ini penting kamu tahu agar menghindarkan kamu dari kewajiban membayar ekstra akibat bagasi berlebih. Rata-rata pesawat ekonomi memberikan 20-30 kg free luggage. Jika lebih dari itu, kamu harus membayar kelebihan bagasi yang biayanya berbeda-beda untuk setiap maskapai.

3. Cek status penerbangan.

Nggak mau ribet di bandara Lakukan 10 tips simpel ini berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Sering disepelekan, tapi cek status penerbangan merupakan salah satu tindakan yang krusial lho. Kamu bisa memantau informasi status penerbangan melalui website atau aplikasi yang tersedia. Sebagian besar maskapai penerbangan akan mengirimkan update status penerbangan jika kamu mendaftar di situs web mereka.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti terlambat check-in bandara atau tertinggal pesawat, kamu sebaiknya datang satu atau dua jam sebelum jadwal penerbangan. Salah satu yang harus kamu perhatikan saat di bandara adalah informasi yang tercantum dalam papan status pengumuman penerbangan.

Maskapai penerbangan biasanya memiliki papan display (informasi keberangkatan) yang menunjukkan status penerbangan. Indikator status penerbangan yang paling penting yaitu Go To Gate atau Boarding. Keduanya merupakan tanda bahwa sebagai penumpang dari pesawat terbang di bandara tersebut kamu harus segera check-in, melanjutkan proses pemeriksaan keamanan, serta menunggu panggilan terakhir.

4. Check-in online.

Nggak mau ribet di bandara Lakukan 10 tips simpel ini berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Umumnya, batas waktu check-in adalah 1 jam sebelum keberangkatan untuk penerbangan dalam negeri dan 2 jam untuk penerbangan luar negeri. Konter check-in biasanya dibuka 2 jam sebelum keberangkatan dan ditutup 30 menit sebelum pesawat berangkat. Jika kamu check-in kurang dari 30 menit sebelum keberangkatan, maka tiket pesawat dianggap hangus.

Untuk semakin memudahkan pelanggan, kini maskapai penerbangan Indonesia menerapkan sistem check-in pesawat secara online, baik melalui website resmi maskapai penerbangan ataupun secara mobile melalui ponsel. Kendati demikian, ada baiknya kamu datang lebih awal ke bandara untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, seperti antre yang panjang di loket check-in atau imigrasi. Selain itu, tidak terburu-buru akan membuat perjalananmu lebih nyaman, kan?

Nah, kini ada satu lagi langkah terbaru yang akan membuat proses check-in lebih hemat waktu. Buat pengguna Traveloka, kini kamu bisa langsung check-in online lewat aplikasi terbaru Traveloka yakni Check-in Online. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Ketika sudah mendapatkan e-ticket dari pemesanan tiket pesawat melalui Traveloka, kamu dapat langsung mengakses menu Check-in Online di Traveloka App. Fitur baru ini memudahkan pengguna tanpa harus membuka web maskapai yang bersangkutan untuk melakukan check-in online atau harus buru-buru datang ke bandara dan antre check-in di konter.

5. Kenakan outfit yang nyaman dan nggak ribet.

Nggak mau ribet di bandara Lakukan 10 tips simpel ini berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Pernahkah kamu kesal karena antre sangat panjang dan lama di pintu pemeriksaan? Antre di pemeriksaan bandara bisa sangat lama karena berbagai faktor, salah satunya karena banyak penumpang yang memakai berbagai aksesori pada busana sehingga mereka harus melepasnya untuk melewati metal detector. Mengenakan pakaian yang tepat saat bepergian naik pesawat merupakan hal penting demi kenyamanan dan keselamatan.

Umumnya, tidak banyak orang memerhatikan cara berpakaian di bandara atau pesawat terbang. Demi terlihat keren atau fashionable, tidak sedikit orang memilih busana yang rumit sehingga menyulitkan diri sendiri saat pemeriksaan di bandara.

Disarankan memakai pakaian lengan panjang yang nyaman. Ini berguna untuk menahan dinginnya AC saat berada di dalam pesawat. Hindari juga mengenakan sesuatu yang mengandung metal, seperti jam tangan, perhiasan yang terbuat dari besi, ikat pinggang atau baju yang memiliki detail studs (paku-paku). Jika harus memakai sesuatu terbuat dari besi, usahakan benda itu mudah dilepas-pakai.

6. Kenali rute ke airport.

Nggak mau ribet di bandara Lakukan 10 tips simpel ini berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Nggak mau kan, perjalananmu terhambat gara-gara salah jalan saat menuju ke bandara? Nah, untuk menghindari kejadian buruk tersebut, baiknya kamu memeriksa peta bandara dan mencari tahu letak serta mengenali rute jalan ke bandara. Alangkah baiknya jika kamu bisa mencari rute alternatif yang bebas macet.

7. Letakkan dokumen penting di tempat yang mudah kamu raih.

Nggak mau ribet di bandara Lakukan 10 tips simpel ini berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Saat melakukan packing barang bawaan, masukkan dokumen-dokumen perjalanan seperti kartu identitas, paspor, tiket pesawat ke bagian dompet atau tas yang mudah dijangkau. Jangan mencampurnya dengan barang-barang lain seperti perlengkapan mandi atau pakaian agar saat membutuhkan dokumen tersebut kamu tidak perlu mengacak-acak tas.

Tindakan ini perlu dilakukan agar kamu tidak membuang waktu mencarinya lagi di bandara saat check-in. Selain itu, dengan teknik ini kamu bisa memastikan bahwa dokumen-dokumen tersebut tidak tertinggal di rumah.

8. Hindari gunakan headphone dengan volume keras.

Nggak mau ribet di bandara Lakukan 10 tips simpel ini berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Banyak cara dilakukan orang untuk mengusir bosan saat menunggu pesawat di boarding room. Di antaranya adalah mendengarkan musik menggunakan headphone. Eits, tapi kamu perlu memperhatikan volume suara musikmu. Ini untuk menghindari kemungkinan kamu tak mendengar panggilan untuk boarding. Jangan sampai pengumuman pesawat tidak terdengar karena kamu asyik mendengarkan musik dengan volume keras.

9. Memastikan letak gate-mu.

Nggak mau ribet di bandara Lakukan 10 tips simpel ini berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Informasi mengenai terminal keberangkatanmu bisa dilihat di e-tiket yang telah terbit. Untuk bandara kecil yang hanya memiliki satu terminal keberangkatan dan kedatangan, kamu memang tak perlu khawatir. Hal ini berbeda jika kamu harus berangkat dari bandara yang memiliki banyak terminal.

Belum lagi ada bandara yang tiap terminal dipecah lagi menjadi beberapa bagian menurut jenis penerbangan dan maskapai. Pastikan kamu menunggu di area gate yang tepat karena nantinya kamu akan masuk ke pesawat hanya melalui pintu ini.

10. Persiapkan makanan ringan.

Nggak mau ribet di bandara Lakukan 10 tips simpel ini berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Terdengar sepele, tapi menyiapkan makanan ringan sendiri juga tak kalah penting lho. Ini penting agar kamu tak perlu hilir mudik mencari toko untuk membeli makanan atau camilan. Jangan sampai karena keasyikan berbelanja justru membuatmu ketinggalan pesawat. Nggak cuma menghemat waktu, dengan membawa sendiri makanan ringan membuatmu hemat uang.

Itu dia tips simpel yang bisa kamu coba kalau nggak mau ribet di bandara. Ingat, kalau di bandara saja sudah ribet bisa-bisa kamu gagal berangkat naik pesawat? Jangan sampai terjadi, ya!

 



Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    62%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    15%

  • Sedih

    8%

  • Marah

    15%

  • Love

    0%

MORE
Wave more