Brilio.net - Keindahan alam Nusa Tenggara Barat (NTB) memang nggak diragukan lagi. Percampuran antara kultur, budaya, dan destinasi wisata memang sangat melekat. Itu alasan kenapa wisatawan baik nusantara maupun mancanegara terpikat dengan wilayah Indonesia Timur.

Salah satu tempat wisata di NTB, yaitu Sumbawa memang sangat indah. Daerah mayoritas muslim yang dinobatkan sebagai destinasi halal ini mempunyai menarik wisatawan mancanegara, salah satunya adalah turis Malaysia.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Mohammad Faozal selain sebagai destinasi halal, kemiripan kultur dan kuliner menjadi salah satu faktor yang menarik wisatawan dari Negeri Jiran tersebut datang ke Lombok dan daerah tetangganya di Sumbawa.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

“Turis dari Malaysia sekarang banyak datang ke NTB karena kita lebih sesuai dengan mereka, juga karena daya tarik belanja, kuliner, dan lain-lain. Kebanyakan mereka juga udah jenuh ke Bali. Menurut statistik, turis Asia menghabiskan 3-4 malam di NTB, dan ini bagus, makanya terus kita dorong,” ujarnya saat ditemui beberapa waktu lalu.

Sebagai daerah yang pernah mendapatkan penghargaan World’s Best Halal Tourism Destination dan World’s Best Halal Honeymoon Destination sejak 2015, NTB terus mengembangkan destinasi halal untuk menarik wisatawan muslim di Asia maupun mancanegara. Berbagai acara islam pun rutin digelar.

“Kita punya Festival Muharram, International Halal Food and Fair, yang akan mengikutkan fashion juga. Kita harapkan muslim traveller memilih Lombok, khususnya, sebagai destinasi mereka, terutama mereka dari Malaysia dan muslim Singapura. Kalau wisatawan dari Timur Tengah masih jauh lah,” ungkapnya.

Hingga saat ini, Faozal terus mempromosikan wisata yang berada di NTB. Setelah Malaysia yang terpikat dengan keindahan NTB, ia pun mengincar turis dari Australia dan Italia yang tengah menurun. Ia juga sedang meningkatkan wisatawan asal Prancis dan Belanda yang terus naik.

Selain wisata halal, NTB juga masih harus menguatkan wisata laut, karena waktu yang dihabiskan turis untuk wisata tersebut jauh lebih lama dengan rata-rata 5-6 hari.

(brl/swh)

(brl/swh)