Brilio.net - Membahas mengenai destinasi wisata di Indonesia memang tidak ada habisnya. Banyak keseruan yang ditawarkan dari setiap daerah mulai dari pemandangan alamnya, budaya, hingga kuliner yang beragam.

Seperti halnya dengan provinsi Jawa Tengah yang memiliki beragam destinasi menarik untuk dikunjungi. Seperti Candi Borobudur, Kraton Solo, Dieng, hingga Karimunjawa.

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata, Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Setyo Irawan mengatakan pihaknya terus menawarkan berbagai keindahan alam di Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Jawa Tengah.

“Kalau di Kabupaten Jawa Tengah ini ada daerah namanya Banaran. Di sini banyak destinasi wisata yang seru. Sekitar 690 daya tarik wisata lainnya yang bisa dikunjungi, ujar Setyo Irawan dalam sesi press tour di Kampung Kopi Banaran, Kabupaten Semarang, Rabu (30/3).

Karakteristik wisatawan saat berlibur © brilio.net

foto: brilio.net/syifa fauziah

Di kesempatan yang sama, Setyo mengungkapkan mengenai beberapa karakteristik wisatawan yang berkunjung ke Jawa Tengah. Menurutnya wisatawan nusantara lebih mencari lokasi wisata yang fotogenik. Selain itu wisatawan nusantara juga lebih menyukai wisata kuliner.

“Wisawatan nusantara suka tempat-tempat yang instagramable dan kuliner. Tapi kalau wisatawan mancanegara lebih suka aktivitas wisata yang bernuansa alam, seni budaya, dan kearifan lokal,” tuturnya.

Untuk kembali menyambut wisatawan demi memulihkan sektor wisata akibat pandemi Covid-19, pihaknya Jawa Tengah sudah melakukan penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat dan disiplin.

“Pemerintah Jawa tengah selalu berbenah dan belajar dari tahun 2020 dengan adanya Covid-19 untuk persiapan wisnus dan wisman terkait prokes, pelayanan di lokasi DTW sudah disiapkan,” ucap Setyo.

Selain itu, pemerintah Jawa Tengah juga telah mengupayakan untuk menciptakan paket wisata untuk para wisatawan yang berkunjung.

“Kita juga sudah koordinasi dengan BUMN untuk menggelar paket wisata jadi satu kesatuan mulai dari bandara di bawah BUMN, Garuda BUMN, tempat wisata bumn akan diintegrasikan itu cukup menarik wisatawan datang ke Jawa tengah beli tiket termasuk pesawat, hotel, transportasi lokal, tempat wisata,” pungkas Setyo.