Brilio.net - Lebaran semakin dekat, umat Islam bersukacita menyambutnya dengan merayakan bersama orang terkasih. Tentunya, salah satu momen paling asyik adalah mudik ke kampung halaman. Kamu sendiri termasuk tim mudik apa nggak, nih?

Mudik bukan sekadar perjalanan dari titik A ke titik B. Sepanjang perjalanan pasti ada saja cerita menarik yang bisa kamu nikmati. Jangan cuma dilihat saja, momen mudik ini bisa jadi konten yang menarik, loh. 

Mengabadikan momen mudik tak perlu menggunakan peralatan profesional. Berbekal smartphone atau handphone (HP), ternyata kamu tetap bisa menghasilkan satu konten yang estetik. Konten ini juga bisa dibuat saat mudik sendirian atau solo traveling. 

Penasaran bagaimana trik abadikan mudik bak solo traveling yang estetik bermodalkan handphone? Berikut telah brilio.net himpun dari berbagai sumber, Senin (25/4).

1. Tentukan satu ide cerita.

Trik abadikan momen mudik bak solo traveling © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Pertimbangkan jenis video perjalanan yang ingin kamu buat. Banyak sekali jenis yang bisa kamu pilih seperti vlog, pendalaman budaya, atau dokumenter. Kemudian cari tahu jenis bidikan seperti apa yang diperlukan untuk bercerita dengan konten. Pastikan untuk memadukannya antara subjek, lanskap, detail gerakan lambat, dan elemen lainnya.

2. Buat mood board untuk merangkai cerita.

Trik abadikan momen mudik bak solo traveling © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Nah, agar semakin memudahkan, kamu juga harus membuat mood board. Dengan ini, kamu akan sangat terbantu untuk menentukan pengambilan gambar dan video sepanjang perjalanan mudik. Proses pembuatan ide juga akan semakin mudah.

Storyboard bisa berupa sketsa untuk menggabungkan narasi dengan visual yang ingin kamu angkat. Teknik ini bisa kamu buat di atas selembar kertas atau berbentuk digital di aplikasi sketsa smartphone.

Mood board juga memudahkan dalam proses pengeditan konten. Proses ini akan lebih cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Mulailah membuat storyboard dan rencanakan dengan matang, ya.

3. Persiapkan peralatan termasuk smartphone.

Trik abadikan momen mudik bak solo traveling © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Untuk mengabadikan momen mudik yang estetik kamu cukup memerlukan dua peralatan berupa handphone dan tripod seperti model mobile creator stand. Tripod berfungsi untuk memberikan stabilisasi yang lebih baik daripada memegang handphone dengan tangan langsung. Tapi jika tidak menggunakan pun sebenarnya tidak masalah.

Nah untuk smartphone, kamu bisa mengandalkan kamera dari OPPO A96. Kini, kualitas pemotretannya sebagus kamera profesional bisa kamu dapatkan dengan OPPO A96. Smartphone ini hadir dengan kamera utama 50 MP dan kamera bokeh 2 MP di bagian belakang yang mendukung 5x perbesaran digital dan 20x bidikan beruntun.

Trik abadikan momen mudik bak solo traveling © berbagai sumber

foto: OPPO

Sementara kamera selfienya berukuran 16MP yang mengaplikasikan fitur terbaru AI Natural Retouching untuk menghilangkan noda sekaligus mempertahankan fitur wajah alami. Sementara itu, fitur 360° Fill Light membantu mencerahkan potret di cahaya redup. 

Tidak hanya itu saja, pada OPPO A96 ini juga terdapat fitur kamera tambahan seperti AI Palette, Bokeh Flare Portrait, Flash Snapshot, dan Selfie HDR yang memudahkan pengguna memotret dalam berbagai macam angle.

4. Belajar aneka angle video.

Trik abadikan momen mudik bak solo traveling © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Hasil videomu akan semakin estetik dengan pemilihan angle yang tepat. Beberapa angle dapat kamu coba seperti the bird's eye view, atau yang biasa disebut sudut pandang mata elang. Angle ini cocok untuk menangkap lanskap kota, pemandangan alam, atau keseluruhan adegan dari ketinggian.

5. Editing video menggunakan tren terbaru.

Trik abadikan momen mudik bak solo traveling © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Tidak hanya dengan memperhatikan angle saja, video momen mudikmu bisa makin menarik dengan cara mengedit mengikuti tren terbaru. Tidak perlu pusing tren seperti apa yang sedang trending, kamu bisa mengeceknya melalui TikTok maupun Instagram. 

Kemudian lakukan editing dengan menambahkan musik-musik yang sedang viral sebagai backsound video. Kamu juga bisa menambahkan voice over agar lebih menarik lagi.

Tenang saja, kamu nggak perlu khawatir memori smartphone penuh dan baterai cepat habis selama proses editing video. Dengan menggunakan OPPO A96 yang dilengkapi dengan perangkat perlindungan tinggi bersertifikasi IPX4 dan IP5X, prosesor terbaru Snapdragon® 680 dan RAM 8GB dilengkapi teknologi ekspansi RAM, layar 90Hz dengan teknologi flagship adaptive refresh rate pengembangan internal OPPO dan penyimpanan internal besar 256 GB dengan dukungan perluasan microSD hingga 1 TB.

Trik abadikan momen mudik bak solo traveling © berbagai sumber

foto: OPPO

OPPO melengkapi A96 dengan baterai 5.000 mAh. Pada OPPO A96 ini dilengkapi dengan teknologi pengisian 33W SUPERVOOC yang dapat mengisi 55% tingkat kepenuhan baterai dalam waktu 30 menit.

OPPO A96 hadir di Indonesia menawarkan warna Pearl Pink dan Starry Black dengan desain memukau OPPO Glow, yakni menghadirkan pancaran warna berkilau, sekaligus memberikan perlindungan terhadap goresan, noda, dan sidik jari. Pearl Pink memberikan warna yang cerah dan bersinar seperti mutiara halus di hamparan karang. Sedangkan Starry Black sangat memesona seperti langit malam.

Perangkat terbaru Oppo seri A ini bisa kamu pesan lewat aplikasi Oppo Store atau Oppo Official

Store yang terdapat pada jaringan e-commerce. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut ya.

(brl/lak)

(brl/lak)