Brilio.net - Yogyakarta bersolek selama Ramadan. Kota Pelajar ini menghadirkan aneka kegiatan seru untuk mengisi waktu ngabuburit dan berbuka puasa. Belum lagi wisata kuliner malamnya yang begitu menggoda lidah.

Aneka macam gudeg, sate, hingga bakmi bisa jadi pilihan untuk berbuka dan berwisata kuliner malam. Bareng sahabat karib, menjelajahi setiap sudut Yogyakarta pasti jadi momen yang tak terlupakan.

Apa saja rekomendasinya? Beberapa spot kuliner di Yogyakarta ini cocok menjadi tujuan berbuka puasa bareng teman. Tempat dan menunya pasti akan mengundang nostalgia. Rindu akan Yogyakarta pasti akan terbayar lunas usai menjelajahi deretan spot kuliner ini.

Penasaran apa saja spot kuliner malam Yogyakarta yang asyik dinikmati saat berbuka puasa bareng teman? Berikut telah brilio.net himpun dari beragam sumber, Jumat (15/4)

1. Kampoeng Ramadhan Jogokaryan (KRJ)

Spot kuliner malam Yogyakarta untuk buka bareng teman © berbagai sumber

foto: brilio.net/faya lusaka

Bingung mencari takjil untuk berbuka puasa? Kampoeng Ramadhan Jogokaryan dapat menjadi pilihan tepat, loh. Lokasinya juga sangat strategis, hanya lima menit dari Alun-Alun Selatan Yogyakarta.

Di pasar sore ini kamu bisa sekaligus ngabuburit dan berbuka puasa bersama teman-temanmu. Beragam makanan dan minuman disajikan di pasar tiban ini, mulai dari dimsum, bakso, nasi bakar, hingga sate kere khas Yogyakarta.

2. Gudeg Permata

Spot kuliner malam Yogyakarta untuk buka bareng teman © berbagai sumber

foto: brilio.net/faya lusaka

Kurang afdol rasanya jika ke Yogyakarta tapi tidak menikmati gudeg. Makanan khas Yogyakarta ini siap mengisi perut kosongmu. Gampang kok caranya untuk melihat spot gudeg itu enak atau tidak. Jika hingga tengah malam spot tersebut tetap ramai yang mengantre, pasti bisa dipastikan gudeg tersebut sangat lezat. 

Nah, salah satu rekomendasinya adalah Gudeg Permata yang terletak di Jalan Gajah Mada no 2, Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta. Kuliner legendaris sejak 1961 ini selalu ramai akan pembeli. Spot ini menghadirkan rasa gudeg khas dengan sambal goreng kreceknya yang menggoda.

3. Sate Klathak Pak Pong

Spot kuliner malam Yogyakarta untuk buka bareng teman © berbagai sumber

foto: brilio.net/faya lusaka

Ingin berkuliner sedikit jauh dari pusat kota? Sate Klathak Pak Pong jawabannya. Spot kuliner ini terletak di jalan Stadion Sultan Agung, Bantul. Jika dari pusat kota, jaraknya sekitar 20 menitan saja. 

Yang membuat spot sate kambing ini berbeda dari yang lain adalah penyajiannya. Daging kambing ditusuk menggunakan jeruji sepeda motor. Bukan tanpa alasan, hal ini karena jeruji besi dapat menghantarkan panas dengan cepat dan dapat meresap hingga ke dalam daging.

Asal kata “klathak” juga dari jeruji besi ini. Saat dibakar, sate ini menimbulkan bunyi "klathak-klathak" sehingga sate kambing ini disebut sate klathak.

Proses pembakaran unik ini jangan sampai terlewat. Abadikan momen ini dengan OPPO A96 dengan kamera utama 50MP dan kamera bokeh 2MP di bagian belakang yang mendukung 5x perbesaran digital dan 20x bidikan beruntun.

Spot kuliner malam Yogyakarta untuk buka bareng teman © berbagai sumber

foto: OPPO

Untuk urusan selfie, kamera depannya mempunyai resolusi 16 MP. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur terbaru AI Natural Retouching. Fitur ini mampu menghilangkan noda sekaligus mempertahankan fitur wajah alami. Sementara itu, fitur 360° Fill Light membantu mencerahkan potret di cahaya redup.

Tidak hanya itu saja, pada OPPO A96 ini juga terdapat fitur kamera tambahan seperti AI Palette, Bokeh Flare Portrait, Flash Snapshot, dan Selfie HDR yang memudahkan pengguna memotret dalam berbagai macam angle.

4. Tjemara Noodle Bar

Spot kuliner malam Yogyakarta untuk buka bareng teman © berbagai sumber

foto: brilio.net/faya lusaka

Mengusung tempat makan dengan konsep ala Jepang yang minimalis, Tjemara noodle bar ini menjadi salah satu spot wisata kuliner yang dapat kamu coba saat berbuka puasa bareng teman. Lokasinya juga mudah dijangkau karena dekat dengan Sleman City Hall, salah satu mal di Yogyakarta. Ada juga outlet di daerah Prawirotaman yang dekat dengan pusat kota.

Sajian mi dengan beragam rasa mulai dari gurih, Korean spicy hingga kuah oriental dapat kamu nikmati di sini. Tidak hanya itu saja beberapa side dish seperti gyoza, wonton soup dan wonton crispy juga lezat untuk dinikmati dengan harga yang terjangkau.

5. Mie Ayam Lempar Tungkak

Spot kuliner malam Yogyakarta untuk buka bareng teman © berbagai sumber

foto: brilio.net/faya lusaka

Ingin makan mi ayam saat malam hari tapi dengan sedikit atraksi akrobat? Mi ayam Lempar Tungkak ini bisa kamu coba, loh. Lokasinya di Jalan Menteri Supeno, sekitar 10 menit dari Malioboro.

Berdiri sejak tahun 1990 silam, Cak Uji, pedagang mi ayam ini terkenal unik lantaran saat memasak, mi ditiriskan dengan cara dilempar. Warung mi ayam yang disajikan dengan kuah gurih ini buka mulai pukul 18.00-01.00 WIB setiap harinya.

6. Taru Martani Coffee & Resto 1918

Spot kuliner malam Yogyakarta untuk buka bareng teman © berbagai sumber

foto: brilio.net/faya lusaka

Bagi para penggemar kopi, Taru Martani Coffee & Resto 1918 ini menyajikan sensasi nongkrong yang unik di pabrik cerutu berusia lebih dari satu abad. Jaraknya hanya lima menit berjalan kaki dari Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta.

Kafe yang mengangkat konsep klasik ini memang berada satu blok dengan salah satu pabrik cerutu tertua di Indonesia yaitu PD Taru Martani. Sembari menikmati beragam makanan dan minuman di kafe tersebut, pengunjung juga akan dihibur dengan live music, yang tentunya membuat suasana semakin asyik saat berbuka puasa.

7. Sego Godog Pak Pethel

Spot kuliner malam Yogyakarta untuk buka bareng teman © berbagai sumber

foto: brilio.net/faya lusaka

Melipir ke sebelah selatan kota Yogyakarta, atau lebih tepatnya di Desa Bandung Kulon, Pendowoharjo, Sewon, Bantul terdapat salah satu wisata kuliner malam terkenal yang bernama Sego Godog Pak Pethel.

Di warung ini memang terkenal dengan menu istimewanya sego godog atau nasi rebus. Namun tidak hanya itu, ada juga makanan khas Yogyakarta lainnya seperti bakmi Jawa dan nasi goreng.

Teras yang dijadikan warung kecil ini membuat kamu bernostalgia dengan suasana rumah tradisional khas Jawa sembari menikmati semangkuk sego godog panas. Harap sabar ya, antreannya terkenal lama hingga harus menunggu selama tiga jam. Tapi tentunya terbayar karena sambil menikmati suasana tempo dulu di spot kuliner ini.

Sambil menunggu atau menikmati seporsi sego godog, kamu bisa mengabadikan momen nostalgia ini bersama OPPO A96. Nggak perlu takut kehabisan baterai, smartphone ini dibekali dengan baterai 5.000 mAh. Teknologi pengisian cepat 33W SUPERVOOC juga bisa mengisi daya baterai hingga 55% dalam waktu 30 menit saja.

OPPO A96 dilengkapi dengan perangkat perlindungan tinggi bersertifikasi IPX4 dan IP5X, prosesor terbaru Snapdragon® 680 dan RAM 8GB dilengkapi teknologi ekspansi RAM. Untuk urusan menikmati konten, smartphone ini dibekali dengan layar 90Hz dengan teknologi flagship adaptive refresh rate. Kamu juga nggak bakal sering kehabisan memori dengan penyimpanan besar 256 GB dan dukungan microSD eksternal hingga 1 TB.

Spot kuliner malam Yogyakarta untuk buka bareng teman © berbagai sumber

foto: OPPO

OPPO A96 hadir dengan dua warna Pearl Pink dan Starry Black dengan desain memukau OPPO Glow, yakni menghadirkan pancaran warna berkilau, sekaligus memberikan perlindungan terhadap goresan, noda, dan sidik jari. Pearl Pink memberikan warna yang cerah dan bersinar seperti mutiara halus di hamparan karang. Sedangkan Starry Black sangat memesona seperti langit malam.

Perangkat terbaru Oppo seri A ini bisa kamu pesan lewat aplikasi Oppo Store atau Oppo Official Store yang terdapat pada jaringan e-commerce.

Ingin tahu lebih lanjut teaser bocoran smartphone unik ini? Klik di sini untuk informasi lebih lengkap.

(brl/lak)

(brl/lak)