×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Hal yang perlu dipersiapkan saat traveling ke Solo ala backpacker

View Image

0

BRILIO » Jalan-Jalan

5 Hal yang perlu dipersiapkan saat traveling ke Solo ala backpacker

Dok. Surakarta.go.id

Pastikan badan dalam keadaan fit sebelum bepergian

(brl/red)

25 / 08 / 2018

Brilio.net - Jalan-jalan ala backpacker saat ini menjadi pilihan para milenial. Disamping murah, cara ini dinilai lebih fleksibel. Tentu saja dengan backpacker-an budget yang dikeluarkan bisa lebih hemat dong. Tapi bukan berarti dengan begitu liburan kamu nggak berkualitas.

Nah di Indonesia banyak banget lho destinasi wisata yang bisa didatangi dengan cara backpacker. Salah satunya Kota Solo, Jawa Tengah. Maklum, kota ini nggak terlalu jauh dengan Yogyakarta yang punya banyak destinasi wisata menarik. Jadi istilahnya “sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.”

Buat kamu yang ingin backpacker-an ke Solo, sebaiknya sih dipersiapkan beberapa hal agar liburan kamu berkualitas. Berikut lima catatan yang wajib kamu persiapan jika ingin backpacker-an ke Kota Solo.

1. Susun rencana perjalanan dan kenali rutenya

Travel Solo © 2018 brilio.netPixabay

Loading...

Ya namanya juga menggunakan cara backpacker. Hal pertama yang perlu kamu persiapkan adalah rencana perjalanan (itinerary). Tapi buat kamu yang nggak mau dibatasi jadwal tertentu, ini bisa jadi pengecualian. Tapi nggak ada salahnya sih tetap merencanakan daftar tempat yang akan dikunjungi beserta alamat dan rute menuju ke sana.

Nah jika kamu bepergian seorang diri, boleh jadi transportasi menjadi kendala tersendiri, terutama jika akan menuju lokasi yang jauh dari rute transportasi umum. Artinya kamu harus mencari kendaraan khusus untuk mencapai tempat itu. Biayanya tentu lebih mahal karena tidak ada orang lain yang bisa diajak berbagi ongkos sewa transportasi.

2. Jangan lupa benda-benda pendukung

Travel Solo © 2018 brilio.netPixabay

Tentu saja jika kamu bepergian sendiri, butuh kewaspadaan ekstra. Jadi kamu harus siap dengan segala kondisi yang mungkin saja terjadi di lapangan. Jika terjadi masalah, solusinya pun sudah dipersiapkan sejak awal.

Karena itu sebaiknya sih bawa benda-benda pendukung, baik untuk menjaga keamanan selama bepergian, seperti kompas, senter, alat serbaguna untuk bepergian di alam bebas, dan sebagainya. Kamu juga perlu memiliki asuransi perjalanan. Jaminan perlindungan ini akan membuat momen liburan menjadi lebih tenang dan nyaman.

3. Pastikan tubuh dalam keadaan fit dan membawa obat-obatan yang diperlukan

Travel Solo © 2018 brilio.netPixabay

Cuaca di Solo dan Jawa Tengah umumnya biasa saja. Tapi di musim kemarau, udara bisa terasa panas, tetapi masih dalam batas normal. Sementara itu, pada musim hujan, hal yang dikhawatirkan adalah kekebalan tubuh yang menurun. Nah, supaya traveling tetap bisa dinikmati, pastikan badan dalam keadaan fit sebelum bepergian.

Sangat baik jika kamu rajin berolahraga sebelum memulai perjalanan wisata. Hal ini akan membuat badan terbiasa beraktivitas dan tidak mudah lelah. Ingat, saat backpacker-an, kamu harus mandiri dan lebih repot karena fasilitas yang dipilih cenderung lebih minim.

4. Seleksi barang bawaan

Travel Solo © 2018 brilio.netPixabay

Nah ini yang biasanya dialami para traveler. Barang bawaan yang dibawa terlalu banyak. Padahal belum tentu juga digunakan. Namanya juga backpacker, ke mana-mana kan selalu menggendong ransel demi efektivitas perjalanan. Nah supaya hal ini tidak menyita energi, seleksi terlebih dahulu apa saja yang sebaiknya harus dibawa.

Solo adalah kota yang sudah cukup maju. Kamu dapat menemukan berbagai kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, tidak perlu merepotkan diri mengisi ransel dengan barang-barang yang sebenarnya nggak diperlukan.

5. Bawa uang tunai secukupnya saja

Travel Solo © 2018 brilio.netPixabay

Sekarang kan era digital. Rasanya segala transaksi keuangan bisa dilakukan secara online. Karena itu sebaiknya kamu siapkan uang tunai secukupnya saja. Sebab, ada beberapa transaksi yang nggak bisa dilakukan secara online. Jadi, menyiapkan uang tunai di dompet secukupnya adalah tindakan yang bijak.

Nah untuk menuju ke kota Solo, kamu bisa menggunakan moda transportasi pesawat jika berasal dari luar kota. Memilih pesawat nyatanya tidak selalu membuat kantong jebol kok. Meskipun memilih untuk traveling dengan metode backpacking, kamu bisa mendapatkan promo tiket pesawat ke Solo dari online travel agent untuk menghemat bujet Anda. Untuk informasi selanjutnya, klik di sini ya.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more