Brilio.net - Traveling kini sudah menjadi kebutuhan masyarakat, terutama kaum milenial. Umumnya nih para milenial lebih memilih cara backpakcer ketika mengunjungi berbagai tepat yang eksotis.

Selain mudah, tentu saja murah. Nah di Indonesia, hampir semua tempat bisa dijadikan destinasi jalan-jalan ala backpacker. Bukan cuma tempat-tempat yang belum terjamah, tapi sejumlah kota di Indonesia saat ini kerap lho dijadikan tujuan wisata.

Maklum deh, banyak kota di Indonesia yang elok untuk dikunjungi. Salah satunya Makassar. Ibu Kota Sulawesi Selatan ini sudah lama dikenal sebagai salah satu kota yang menawarkan spot asyik dan keren.           

Kota “Anging Mammiri” ini punya bentang alam yang rupawan dan pemandangan modern perkotaan yang cantik. Nggak heran jika banyak orang menjadikan kota ini sebagai salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat liburan, khususnya untuk para backpacker.

Nah buat kamu para backpacker yang ingin mengunjungi Kota Makassar dengan cara hemat, begini caranya:

1. Menggunakan pesawat murah

Makassar Backpacker © 2018 brilio.net Brilio.net/Yani Andryansjah

Makassar merupakan salah satu kota di Sulawesi Selatan yang memiliki bandara internasional. Jadi jika ingin berkunjung ke kota ini, kamu bisa menggunakan maskapai lokal seperti Citilink, Garuda, atau Lion Air. Karena maskapainya beragam, harga tiket pesawat yang ditawarkan pun cukup bervariasi. Nah tiket pesawat Lion Air dan Citilink bisa menjadi pilihan ekonomis untuk perjalananmu. Untuk referensi harga tiket pesawat murah dan pilihan maskapai yang melayani penerbangan ke Makassar lainnya, kamu bisa memanfaatkan website atau aplikasi Airy yang bisa diakses melalui PC dan smartphone.

2. Penginapan murah 

Makassar Backpacker © 2018 brilio.net dok.airyrooms

Nah soal penginapan, sebagai salah satu kota favorit destinasi wisata, beragam penginapan bisa kamu temui di Makassar. Mulai yang paling murah hingga bintang 5. Kamu tinggal sesuaikan saja dengan isi kantong. Tapi buat kamu yang mencari penginapan murah, nggak ada salahnya menggunakan layanan hotel budget dari Airy. Menariknya, meskipun harganya sesuai budget, namun hotel dari Airy selalu dilengkapi jaminan fasilitas kenyamanan di dalamnya sehingga tidak kalah dengan hotel bintang 4 dan 5. Karena meskipun bujet liburan terbatas, kita tetap membutuhkan penginapan yang nyaman agar saat melakukan perjalanan badan bisa tetap sehat dan fit.

3. Tempat wisata yang jadi tujuan

Makassar Backpacker © 2018 brilio.net (sippd.makassar.go.id)

Jika sudah menemukan tempat menginap yang terjangkau dan nyaman, tentu saja merencanakan perjalanan harus kamu pikirkan. Tempat wisata apa saja yang ingin kamu kunjungi. Untuk menghemat biaya, pilihlah tempat wisata yang jarang dikunjungi orang dan memiliki harga tiket masuk yang terjangkau. Sebagai referensi, kunjungi tempat wisata alam seperti pegunungan, air terjun, danau, pantai, atau pulau yang biasanya gratis. Beberapa destinasi yang tidak memungut biaya di Makassar adalah Pantai Losari, Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, Hutan Batu Rammang-Rammang, Pulau Kambing, dan Tanjung Bira. Agar liburan hemat tidak sia-sia, jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen menggunakan kamera atau smartphone.

4. Transportasi umum atau jalan kaki aja

Makassar Backpacker © 2018 brilio.net Brilio.net/Yani Andryansjah

Untuk menghemat pengeluaran selama berwisata ala backpacker, gunakan transportasi umum ketika akan bepergian ke tempat-tempat wisata di sekitar Makassar. Jika kamu hanya ingin menjelajahi daerah kota, ya berjalan kaki mungkin menjadi pilihan cerdas. Selain dapat menghemat biaya, berjalan kaki juga akan memperkaya pengalaman liburan kita dan tentu saja menyehatkan. Bukan tidak mungkin, kita bisa berinteraksi langsung dengan warga lokal dan mendapatkan berbagai macam informasi tentang tempat wisata atau makan murah di Makassar.

5. Makan ditempat warga lokal berkumpul

Makassar Backpacker © 2018 brilio.net Brilio.net/Yani Andryansjah

Untuk berwisata kuliner, kamu nggak perlu mengunjungi tempat wisata atau warung populer yang menjual hidangan dengan harga selangit. Cukup kunjungi warung-warung lokal yang terkenal di kalangan warga setempat. Karena selain murah, warung tersebut biasanya juga menjual hidangan khas dengan harga sangat terjangkau. Sama seperti saat berjalan-jalan menjelajahi kota, manfaatkan waktu makan di warung untuk berinteraksi dengan warga lokal. Karena meskipun saat ini hampir semua informasi bisa didapatkan dengan mudah melalui internet, warga lokal biasanya memiliki banyak informasi tentang liburan murah yang belum tentu bisa didapatkan di tempat lain.

Jadi, tertarik untuk mengunjungi Makassar? Jika mengikuti ulasan di atas, biaya yang harus dikeluarkan untuk berlibur ke kota ini mungkin hanya berkisar sekitar Rp2 hingga 3 juta untuk perjalanan selama 3 hari 2 malam. Untuk biaya yang lebih hemat, pilihlah maskapai dengan harga tiket pesawat terbaik. Semoga informasi di atas bermanfaat, selamat berlibur.