×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Destinasi wisata favorit di Indonesia pilihan para digital savvy

View Image

0

BRILIO » Jalan-Jalan

5 Destinasi wisata favorit di Indonesia pilihan para digital savvy

Geopark Rinjani-Lombok, Gili Trawangan (foto-foto: brilio.net/yani andryansjah)

Dari wisata bahari hingga pegunungan, semuanya eksotis

28 / 11 / 2018 10:25

Brilio.net - Baru-baru ini Jenius, layanan perbankan digital Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) melakukan riset terhadap 450 digital savvy untuk mengetahui pengalaman jalan-jalan mereka. Dari hasil riset tersebut ditemukan sebanyak 9 dari 10 digital savvy merasa jalan-jalan merupakan hal penting untuk dilakukan. Mereka memiliki destinasi impian di luar negeri. Dua pilihan teratas adalah Jepang dan Eropa.

Dalam riset tersebut juga ditemukan sebanyak 66% digital savvy mengaku menyiapkan tabungan khusus untuk rencana jalan-jalan. Sementara itu, 74% dari mereka menggunakan Jenius ketika melakukan persiapan finansial hingga selama jalan-jalan ke destinasi wisata di dalam negeri.

"Dari Jumlah itu (74%) sekitar 40% digital savvy mengatakan bisa tarik tunai di ATM apa saja karena kita kerjasama dengan Visa. Sekitar 28% mengatakan mudah diakses kapan dan dimana saja," kata Irwan Sutjipto Tisnabudi, Digital Banking Value Proposition & Product Head BTPN di Yogyakarta saat mengikuti program #jalan2jenius. 

Meskipun destinasi wisata luar negeri masih menjadi impian digital savvy, namun pesona destinasi dalam negeri tak kalah menarik perhatian. Ternyata dalam benak para digital savvy, ada 5 destinasi dalam negeri yang menjadi impian mereka. Apa saja ya? Berikut Top 5 destinasi wisata pilihan digital savvy versi #jalan2jenius.

1. Bali, primadona pariwisata Indonesia dengan sejuta keunikan

Loading...

Jalan-jalan Digital Savvy © 2018 brilio.netWisatawan di Pantai Kuta, Bali

Sudah bukan rahasia lagi jika Bali merupakan destinasi favorit bagi para wisatawan baik domestik maupun asing. Pulau Seribu Pura ini menjadi primadona pariwisata Indonesia. Pulau menawan ini menawarkan beragam wisata mulai pemandangan alam, kuliner, budaya, hingga wisata magis. Keramahan penduduk Bali juga menjadi salah satu faktor yang membuat para wisatawan nyaman menikmati beragam destinasi yang ada. Tak heran jika Bali sudah dikenal sejak lama oleh para pelancong yang ingin menikmati liburan.

Bali terkenal dengan kesenian dan budayanya yang unik dan menarik. Lokasi wisata yang utama adalah Kuta dan sekitarnya seperti Legian dan Seminyak, daerah timur kota seperti Sanur, pusat kota seperti Ubud, dan di daerah selatan seperti Jimbaran, Nusa Dua dan Pecatu.

2. Raja Ampat, punya keindahan bawah laut yang terbaik di dunia

Jalan-jalan Digital Savvy © 2018 brilio.netKampung wisata Pulau Arborek, Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat yang terletak di bagian barat Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua merupakan salah satu destinasi wisata minat khusus (menyelam) di Indonesia. Keindahan pemandangan bawah lautnya disebut-sebut sebagai yang terbaik di dunia, malah diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini.

Sedikitnya di perairan Raja Ampat terdapat lebih dari 540 jenis karang keras (75% dari total jenis di dunia), lebih dari 1.000 jenis ikan karang, 700 jenis moluska, dan catatan tertinggi bagi gonodactyloid stomatopod crustaceans. Ini menjadikan 75% spesies karang dunia berada di Raja Ampat. Tak satupun tempat dengan luas area yang sama memiliki jumlah spesies karang sebanyak ini.

Disebut Raja Ampat karena kepulauan ini memiliki empat pulau terbesar, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta yang menurut sejarah menjadi kekuasaan empat raja asal Maluku, khususnya Kesultanan Tidore.

3. Labuan Bajo, sejuta pesona habitat komodo

Jalan-jalan Digital Savvy © 2018 brilio.netGili Lawa, Taman Nasional Komodo (instagram @jjs_labuanbajo)

Destinasi wisata Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur memang lagi hits di kalangan wistawan. Mungkin selama ini para wistawan hanya mengenal Taman Nasional Komodo yang popular. Tapi sebenarnya banyak tempat di Labuan Bajo yang juga nggak kalah menarik daya tariknya. Di Labuan Bajo wisatawan bisa menikmati paket komplit mulai dari wisata bahari, sampai menikmati panorama indah dari atas bukit.

Di wilayah ini banyak tempat menarik lho. Misalnya Pink Beach, pantai ini memiliki pasir berwarna merah muda. Nah buat yang suka menyelam di sini juga ada manta point. Lokasi ini menjadi favorit dan incaran para penyelam. Lalu ada juga Pulau Padar, pulau ketiga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Berbeda dengan dua pulau lainnya, Pulau Padar ini tidak dihuni oleh komodo.

Kemudian ada Pulau Bidadari yang dulu bernama Pulau Bidara. Bidara atau widara adalah sejenis pohon kecil penghasil buah yang tumbuh di daerah kering. Selain itu ada Gili Laba, pulau yang berbukit-bukit. Cocok bagi wisatawan yang suka tracking. Dari puncaknya, wisatawan bisa menikmati sunset.

Yang tak kalah menawan adalah Goa Batu Cermin yang jaraknya sekitar 20 menit dari Bandara Komodo. Disebut Goa Batu diberikan karena goa ini memiliki sebuah lubang di bagian atas yang menjadi tempat masuknya sinar matahari. Sinar tersebut kemudian mengenai permukaan air yang memantul di dinding batu dan merefleksikan bayangan air seperti cermin.

4. Pulau Flores, keindahan Tanjung Bunga si Pulau Ular

Jalan-jalan Digital Savvy © 2018 brilio.netTari Caci, Kab Manggarai

Sesuai namanya yang diambil dai bahas Portugis, “cabo de flores” yang berarti Tanjung Bunga, pulau ini menawarkan panorama yang bikin takjub wistawan. Flores yang juga berarti Nusa Nipa (pulau ular) juga memiliki tradisi budaya yang bertahan hingga sekarang, salah satunya Caci, tari perang sekaligus permainan rakyat antara sepasang penari laki-laki yang bertarung dengan cambuk dan perisai.

Selain kawasan Taman Nasional Komodo, Flores juga memiliki satu taman nasional lagi yang terletak di Kabupaten Ende, yakni Taman Nasional Kelimutu yang memiliki danau tiga warna yang memukau.

Di pualu ini juga ada sumber panas bumi yang ada di Mataloko, Kabupaten Ngada. Sedangkan di Soa, sebelah timur Kota Bajawa, ibu kota kabupaten Ngada terdapat tempat pemandian air panas alami. Banyak turis asing yang datang ke sana.

5. Lombok, pesona Negeri Seribu Masjid

Jalan-jalan Digital Savvy © 2018 brilio.netPantai Gili Trawangan

Daerah yang beberapa waktu lalu diguncang gempa dahsyat ini menyimpan beragam keindahan destinasi wisata. Nggak heran jika wilayah berjuluk "Negeri Seribu Masjid" ini disebut disebut-sebut sebagai salah satu “New Bali”. Di Lombok wisatawan bisa menikmati destinasi mulai dari wisata bahari hingga pegunungan.

Di wisata laut ada Pantai Senggigi yang merupakan tempat pariwisata favorit. Wisatawan bisa melakukan selam permukaan (snorkeling) di pantai ini karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah. Tersedia juga hotel-hotel dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai hotel yang berharga ekonomis.

Selain itu Lombok juga dikenal dengan tiga gili yakni Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Ketiga gili ini selalu ramai dikunjungi wisatawan karena keindahannya. Sama seperti dengan Pantai Senggigi, di sini wisatawan bisa menikmati wisata menyelam dan snorkeling. Di Gili Trawangan, bahkan wisatawan bisa menikmati matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset) dalam satu hari.

Nah buat yang suka memacu adrenalin, Lombok juga menawarkan wisata petualangan dengan mendaki Gunung Rinjani, gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl. Rinjani merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya.

Jadi, Sobat Brilio ada rencana ke salah satu tempat ini? Persiapkan dengan matang ya. Jangan lupa, rencanakanlah perjalanan kamu secara jenius.  







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more