Brilio.net - Sudah mau akhir tahun nih, jatah cuti kamu masih utuh-utuh aja? Wah sayang banget nih kalau nggak dimanfaatin buat refresh pikiran. Biar nggak panik karena kurang piknik, mending liburan ke Yogyakarta. Nggak cuma pantainya doang yang perlu kamu nikmatin di Kota Gudeg, wisata pedesaannya juga nunggu kamu/ lho.

Berikut lima desa wisata di Jogja yang bikin kamu betah sebagaimana dihimpun oleh brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (6/12):

1. Perkampungan Teletubbies, Prambanan, Yogyakarta.

house Jogja © 2016 brilio.net

Foto: Kaskus

Loading...

Ingin piknik manja ala-ala Tinky Winky, Dipsy, Lala dan Po? Kamu harus datang ke Desa Ngelepen, Sumberharjo, Prambanan. Di desa ini kamu bakal merasakan sensasi yang mirip dengan dunia Tubbies karena rumah warga yang desainnya unyuk banget.

Arsitektur rumah setengah lingkaran tersebut dibangung bukan untuk gaya-gayaan. Melainkan, dibangun untuk tempat tinggal warga korban gempa pada 2006 dari donatur asal Dubai, Ali Alabar.

2. Desa Wisata Pentingsari, Sleman, Yogyakarta.

house Jogja © 2016 brilio.net

Foto: Pinterest

Kalau mengunjungi spot ini, kamu akan disambut dengan lingkungan asri serta budaya di lereng Merapi yang masih belum dijamah banyak orang. Di kawasan ini kamu bisa belajar banyak hal seperti menanam tanaman layaknya masyarakat lokal. Desa ini terletak di Pentingsari, Cangkringan. Memang sih, lebih seru jika kamu ke lokasi ini bersama keluarga atau geng kamu.

3. Desa Wisata Gamplong, Sleman, Yogyakarta.

house Jogja © 2016 brilio.net

Foto: kotajogja.com

Suka banget dengan etnik dan craft? Lokasi ini pas banget buat kamu untuk eksplorasi. Desa wisata ini juga mengukuhkan jika Jogja nggak cuma identik dengan batik doang. Di ndesa ini, kamu akan melihat bagaimana warga menenun dengan bahan-bahan yang tidak biasa seperti eceng gondong, serabut kelapa, akar wangi dan mendong.

Tertarik? Langsung saja kamu datang ke Desa Gamplong, Sumber Rahayu, Mouyudan, Sleman. Siapkan memori yang banyak ya, biar nggak kehabisan koleksi foto.

4. Wisata Wayang, Bantul, Yogyakarta.

house Jogja © 2016 brilio.net

Foto: wisatawayang.com

Nggak lengkap kalau berkunjung ke Jogja tanpa mempelajari budayanya. Untuk yang satu ini kamu bisa berguru di desa Pucung, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Seperti namanya, kamu bisa belajar mengenal, membuat, atau memikmati pertunjukan wayang itu sendiri di lokasi tersebut. Ada banyak yang paket wisata yang bisa kamu ambil sesuai dengan kebutuhanmu. Wisata ini juga menyediakan homestay lho.

5. Desa Wisata Batik Kayu.

house Jogja © 2016 brilio.net

Foto: krebet.com

Desa ini berlokasi di Krebet, Sendangsari, Bantul atau tepatnya 15 Km dari Kota Jogja. Memang, di tempat ini kamu akan diarahkan untuk membuat kerajinan batik dari media kayu.

Selain itu, masih di lokasi yang sama kamu bisa melihat acara desa seperti Upacara Adat Merti Dusun atau melihat seni tradisional jathilan dan kethoprak. Banyak paket yang disediakan di Desa Krebet mulai dari memanjakan liburanmu.