Brilio.net - Sudah sering jalan-jalan Sumatera Utara? Pasti sudah kan? Tapi jangan keliru, di Sumut, ada banyak destinasi wisata. Tidak hanya Danau Toba yang sudah banyak dikenal, ada objek wisata yang jarang diketahui para pecinta wisata.

Seperti wisata bahari, Sumut sendiri masih menyimpan sejuta keindahannya melalui pulau-pulau kecilnya. Pulau-pulau itu menghadirkan pesona tersendiri bagi wisatawan saat berkunjung. Berikut pulau-pulau eksotis yang brilio.net himpun dari berbagai sumber:

1. Pulau Pandang

pulau © 2016 brilio.net-foto: @erickprofil.opr

Pulau Pandang merupakan wisata alam yang berada di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Para wisatawan pulau Pandang bisa melihat banyak sekali karang yang menghiasi perairan di sekitar pulau.

Loading...

Saat ini pulau Pandang dijaga oleh satuan angkatan laut. Bila berkunjung ke tempat ini, para wisatawan akan bisa melihat adanya penangkaran penyu. Hal lain yang tak kalah menarik yakni adanya sumur air tawar di pulau ini.

2. Pulau Berhala

Pulau © 2016 brilio.net-foto: @amrigadroen

Pulau Berhala berada di Selat Malaka. Tepatnya, di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Pulau Berhala adalah pulau terluar Indonesia dan memiliki luas sekitar 14,75 hektare. Pulau ini berbatasan dengan negara tetangga, sehingga pulau ini dijaga oleh TNI. Para personel TNI inilah yang menjadi penghuni di pulau Berhala.

Pulau ini menjadi salah satu pulau penangkaran penyu di Indonesia. Akses untuk bisa sampai ke pulau ini, dapat melalui pelabuhan di pantai timur Sumatera Utara, misalnya dari pantai Cermin, Serdang Bedagai dan pelabuhan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara.

Sekitar 2 atau 3 jam perjalanan dari kota Medan ke Pelabuhan Serdang Bedagai, butuh waktu 4 sampai 5 jam lagi menyeberang dengan kapal untuk sampai ke pulau tanpa penghuni tersebut. Tidak ada penginapan khusus di Pulau Berhala ini, jika ingin menginap bisa menyewa mess marinir, atau membawa tenda sendiri.

3. Pulau Badalu

Pulau © 2016 brilio.net-foto: @addie_rumapea

Pulau Badalu berada di kawasan kecamatan Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Keindahan pulau Badalu sendiri terlihat jelas dari hamparan air laut yang bening dan tentunya terumbung karang. Banyaknya terumbu karang yang menghiasi sekitar pulau ini membuat ikan jenis Moorish Idol, Butterfly Fish, Angel Fish, Anthias, bahkan sampai Lion Fish dan Nemo menjadi penghuni utamanya.

Untuk bisa ke pulau ini membutuhkan waktu hingga 10 jam dari Kota Medan. Biasanya, para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini lebih dahulu melihat kondisi cuaca sebelum menyebrang ke pulau Badalu.

4. Pulau Mursala

Pulau © 2016 brilio.net-foto: instagram @arieritonga

Pulau Mursala sempat dijadikan syuting film King Kong dan menjadikannya sebagai destinasi yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Sumatera Utara. Berada di wilayah Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, pulau Mursala menyimpan sejuta pesona yang wajib di eksplorasi.

Tak hanya dengan air lautnya yang biru, para wisatawan juga akan disuguhkan dengan pemandangan unik. Seperti air terjun yang langsung jatuh ke laut dan tak ada salahnya jika tempat ini masuk ke dalam daftar list saat liburan akhir tahun.