Brilio.net - Bandung dan Jogja bisa dikatakan sebagai kota yang memiliki kisah sejarah, budaya dan kepopuleran sepadan. Meski yang satu di Jawa Barat, satunya di Daerah Istimewa Yogyakarta, kedua kota ini seakan menyimpan cita rasa yang nyaris sama.

Dari sisi sejarah, keduanya adalah saksi bisu perjuangan kemerdekaan Indonesia. Budaya juga demikian. Masing-masing memiliki cerita budaya yang kuat. Popularitas? Siapa tak tahu Bandung dan Jogja?

Nah, brilio.net mencoba mengupas empat persamaan Jogja dan Bandung, yang membuat kamu makin cinta mati sama kedua kota ini.

1. Keberadaan universitas ternama.

Jika Bandung memiliki Institut Teknologi Bandung (ITB), Jogja memiliki Universitas Gadjah Mada (UGM). Kedua universitas negeri ini sama-sama memiliki reputasi bagus dan menjadi favorit lulusan SMA untuk meneruskan studi.

Loading...

Tentang ITB

ITB didirikan pada tanggal 2 Maret 1959. Kampus utama ITB saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia.

 Tentang UGM

UGM didirikan pada tanggal 19 Desember 1949. UGM termasuk sebagai universitas yang tertua di Indonesia yang juga berperan sebagai pengemban Pancasila dan sebagai universitas pembina di Indonesia.

Sampai sekarang tercatat lebih dari 56.000 mahasiswa dari dalam dan luar negeri menjalankan studi di Universitas Gadjah Mada pada jenjang pendidikan Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana (S2 dan S3).

2. Jalan populer.

Jika Bandung memiliki Jalan Braga yang terkenal, Jogja juga memiliki Jalan Malioboro. Kedua jalan ini kebetulan menjadi favorit wisatawan.

3. Wisata pegunungan.

 

I think that is "beach at the top of mountain" #kawahputih #bandung #minotecamera

A post shared by Adhitya Darmadi (@adhityadarmadi) on

Bandung memiliki sejumlah wisata pegunungan yang menawarkan keindahan alam, Ciwidey di wilayah selatan dan Lembang di utara. Sama halnya dengan Bandung, Jogja juga memiliki wisatawan alam pegunungan berupa kawasan Gunung Merapi di utara Jogja. Sisa-sisa letusan 2010 bahkan menjadi destinasi wisata baru yang banyak dikunjungi.

4. Kuliner.

Nah, soal ini baik Bandung dan Jogja juga sama-sama menawarkan sensasi luar biasa. Dua kota ini memiliki banyak banget wisata kuliner, baik yang khas: nasi timbel dan mi kocok Bandung atau gudeg Jogja dan mi Jawa, maupun yang hits di kalangan anak muda.

Di dua kota ini juga berdiri jejeran kuliner modern untuk memenuhi selera masyarakat maupun wisatawannya.

Guys, sekarang tentukan pilihanmu. Kira-kira bakal ke mana nih libur weekend besok?